Tak Gendong Kemana-mana…

Kata kebanyakan orang, anak pertama itu kadonya berlimpah ruah, gak berhenti2 datang. Kalau kata gue sih iya betul begitu adanya. Hanifah sampai 5 bulan aja masih ada yang ngasih kado. Senangnyaaa… Ibu jadi bisa hemat aka ngirit! 🥰

Di antara sekian kado, ada 1 yang gue sesalkan di kemudian hari. Yakni kado stroller yang dikasih murid-murid. Nggak lama lahiran, ada PJ yang hubungin via WA. “Mba Enje mau dikadoin apa, sebut aja? Box tidur bayi, alat pumping, stroller, atau apa gitu yang kira-kira belum ada dan manfaat?”

Kalo ditanyain gitu, antara bingung sama bahagia banget ya. Wah… ada yang perhatian sama gue. Langsung aja gue jawab: stroller boleh!

Yak… ternyata sampai Hanifah sekarang umur 7 bulan 4 hari, itu stroller baru dipakai 5 kali deh kayaknya. Soalnya kemana-mana lebih sering digendong. Hiks, jadi kepikiran mau dijual aja kan buat beli gendongan impian yang harganya 1/2jutaan 🤣. Ada yang mau beli? Harga teman lho!

Btw… kenapa anaknya si Enje koq sering digendong? Gak takut bau tangan? Emang gak pegel gendong terus? Gak dooonk… gak laaah… gak sihhh!

Untuk pertanyaan pertama, justru anak yg sering digendong katanya lebih bahagia ke depannya dibanding anak yang jarang digendong. Pertanyaan ke-dua, ini yang bakal gue share. Ternyata aktivitas nggendong jadi lebih menyenangkan kalau kita tau ilmunya lho. No pegel-pegel!

Sebelum lahiran mana kepikiran sama urusan gendong. Jangankan ya, bajet buat gendongan pun gue gak punya. Mikirnya, ntar juga dikadoin. Wwkkk.

Dan betul aja… dari sejawat dapat kado 2 gendongan. Dari keponakan yang anaknya sudah balita, dapat lungsuran stretch wrap. Dari keluarga inti dikadoin gendongan SSC Nana. Alhamdulillah yaah, rejeki anak pertama. 😊

Dari sekian gendongan, ternyata yang paling pewe gue pakai justru yang kata kebanyakan orang “ribet banget sih gendng doank pakai dibelit2 gitu. Keburu nangis nanti anaknya!”

Tydac begitu, Fergusooo! “Ribet itu kan bahasa politis. Yang ada itu, mau belajar atau tydac,” kalau kata ketua BEM soleh adek Fathur. Dan betulll banget. Jadi ibu itu kesempatan buat belajar lagi dan terus dan selamanya.

Salah 1 bahan pelajaran ibu milenial ya tentang menggendong ini. Keliatannya mah sepele ya, padahal kalau gak pas cara gendongnya, bisa menyebabkan hyp displasia. Apaan tuh?

Intinya kalau gendong bayi meski cari gendongan yang nggak bikin bayi kena Hyp displasia. Yap, gendogan yang kalau digendong, bentuk kaki bayi membentuk huruf M. Bentuk punggungnya membentuk huruf C.

Gendongan SSC sebetulnya enak, udah sesuai dengan syarat gendongan baik untuk bayi, plus simpel banget tingal klik sana klik sini. Masalahnya… gendongan SSC kado Hanifah baru bisa dipakai nanti pas BB nya sudah 8 kilo. Kalau sekarang dipakainya, kakinya belum cukup panjang dan badannya masih mendelep di dalam gendongan. Tapi alasan yang paling utama gue gak pakai SSC sih pernah ada trauma di pergelangan tangan kiri. Jadi susah buat klik klik nyetting gendongan pas di bagian punggung atas. Biar deh, SSC nya buat si bapak aja pakai gendong nanti.

Nih dia gendongan favorit gue sampai detik ini. Stretch wrap! Kain dari jenis kaos elastis sepanjang 5 meter ini beneran gak pernah bikin gue jadi pegel di pundak. Koq bisa??? Lah iya, soalnya beban bayi dibagi secara merata di 2 pundak. Terus juga sifatnya yang elastis, jadi lebih ndekep bayi tanpa takut jatoh/nyerosot. Hanifah kalau naik motor jarak jauh selalu pakai gendongan ini. Dijamin… dia langsung pules tertidur saking nyamannya.

Yang jadi masalahnya sekarang… BB Hanifah semakin nambah. Kalau pakai gendongan ini lama-lama melorot juga (bahannya kaos melar). Tandanya sebentar lagi si stretch wrap ini sudah gak bisa terpakai lagi deh. Meski ganti model woven wrap yang harganya gue sebutin di atas (1/2 jutaan, Sis! Gak kuaaat kantong kita 😂). Itulah kenapa stroller mau dijual aja bawaannya. Iklan lagi ah, kali aja ada yang minat beli stroller punya Hanifah? Heheee.

Tapi kita gak kalah akal sih. Atas saran dari keponakan gue yang lebih jago urusan gendong, gue beli lah bahan linen burberry sepanjang 6 meter buat dijadiin woven wrap ala-ala macam foto di atas. Enak juga sih… cuman kurang ndekep dan susah rapi karena bahannya kurang mendukng. Kalau yang aslinya, woven wrap Indonesia dibuat dari kain tenun. Jadi lebih gampang diatur dan ndekep banget (kata yang sudah punya). Kan jadi ngileeer 🤤

1 lagi gendongan yang jadi favorit gue terutama buat pergi-pergi jarak dekat sama buat nidurin Hanifah. Yakni gendongan khas tanah air: jarik! Ini juga dikadoin sama saudara yg panjangnya 2.5 meter, sama dikasih mertua jarik yg panjangnya 3 meter. Bener-bener puasss deh pakainya!

Hanifah 10 hari sudah digendong pakai jarik, mau imunisasi di bidan. Tapi yang ini jangan dicontoh ya, secara teori ini kurang baik karena terlalu ke bawah. Maklum, ibu nya masiiih nubie. Hehe.

Ini Hanifah umur 40 hari pas. Saking bosannya gak boleh kemana-mana, langsung cusss ngemol bawa bayi. Sayangnya, agak ngeper juga ke emol pakai gendongan jarik. Secara mamah-mamah milenial gendongannya sudah pada canggih plus mihiiil. Banyak yang ngeliatin dengan tatapan gak percaya kayak mau bilang, “Hari gini pakai jarik?!”

Wes gapapa… yang penting gue nyaman, Hanifah juga. Pewe dia kalau digendong pakai jarik. Ibu pun jadi PD sekarang kemana-mana ngejarik (asal jarak dekat ya! Soalnya pernah nyoba kondangan ke Serang pakai jarik. Ya Allah… pegeeel! Yah maklum, beban bayinya kan cuman kebagi di 1 pundak. Hehe)

Ini plusnya. Waktu BB Hanifah seret pasca kena diare, jarik 3 meter dari Mbah bisa dipakai jadi woven wrap! Sekarang mah sudah gak bisa. Alhamdulillah BB nya sudah berangsur bertambah. 😃

Buat yang bertanya-tanya, itu gendong pakai jarik diapain di bagian dada kanannya? Yup, namanya simpul jangkar. Kalau pakai cara gendog jarik konvensional kan dicantelin di punggung gitu aja ya. Selain kurang savety, pundak jadi pegeeel banget rasanya. Nah, kalau pakai simpul jangkar, selain jadi savety, pundak minim pegal, bisa langsung lep dipakai tinggal ngencengin sama ngendorin aja. Enak deh pokoknya 😊

Oke. Segitu dulu sharing tentang gendongannya ya. Kata orang ribet, tapi kata gue alah bisa karena biasa. Sering praktek lama-lama insya Allah jadi lincah nyettingnya.

Berapa lama sih anak mau digendong? Paling lama 2 tahun ya. Pas sudah jago jalan apalagi lari, makin susah deh. Jadi, manfaatin waktu yang sebentar ini buat bonding yuk! Happy nggendong 😘🤗

Tentang Menjadi Ibu

Miris ih. Setelah menikah, dikaruniai SEORANG anak dengan aktivitas tambahan sebagai pengajar, kemampuan gue dalam membaca dan menulis langsung terjun bebasss! Dari kapan tau sudah niat mau update blog buat stress release. Yahhh gagal terus gimana donk?!

Okesip langsung aja ya. Sejak dulu mau nikah tuh supaya bisa punya anak. Bertahun2 ngurusinnya anak orang (keponakan yang hampir 2.5 lusin), alhamdulillah 7 bulan ini Allah kasih amanah jadi seorang ibu. Ya Allah… my dream comes true finally 🥰

Kalau difikir2 gue bukan tipe perempuan yang penyayang sama anak kecil. Maksudnya suka ngelus2, nge-sun, gendong gitu. Selama ini bentuk sayang gue ke keponakan yang masih pada kecil ya sekadar ngajak bercanda aja. Eeeh ternyata pas punya anak bisa jadi sepenyayang ini sama anak kecil. Naluri seorang ibu kali ya? Takjub!

Apalagi kalau si bayi (namanya Hanifah) abis ditinggal ngajar, gak sampai seharian padahal, rasa kangeeennya sampai ke pucuq pucuq pucuq gitu. Langsung disunin berjuta kali. Lebay emang! 😁

Tapi ya… Gue hanyalah manusia biasa. Kalau lagi capek pulang ngajar, si bayi susah disuapin makannya atau rewel, emosi juga jadinya. Hiks. Mamak2 followers qyu, share donk tips n trik selalu santuy menjalani hari sebagai ibu pekerja?

Dari takdir menjadi seorang ibu, gue jadi belajar. Perempuan yang sering dinggap mahluk lemah, kalau sudah jadi ibu bisa berubah jadi strong abisss. Hamil bawa bayi 40 minggu hayo. Nyusuin di 6 bulan pertama dengan segala problemanya (puting lecet, porsi makan jadi nambah 3x lipat, pumping pumping dan pumping, mood yang meski dijaga supaya tetap lancar produksi ASInya). BB bayi yang kudu dikontrol tiap bulan. Ngurusin pasangan plus kerjaan domestik yang gak ada kata finish nya. Belum lagi yang sambil kerja di luar.

Sampai sini masih ada yang menganggap perempuan sebagai mahluk lemah? Woy, coba kalau laki2 disuruh tukar peran kerjain itu semua. Bisa gak yaaa? 😂

Intinya sih… biar kata capek berkali-kai lipat, jadi ibu ya happyyy! Konteksnya anak masih 1 sih. Gak tau nanti kalau sudah nambah. Semoga rasa syukurnya gak pernah hilang ya. Aamin.

Tampang capek plus deg2an menuju Posyandu. Sambil dalam hati terus doa. Ya Allah, semoga BB bayi naik minimal 300gram. Aamiin 😁

Geopark Ciletuh, Semoga Keindahanmu Selalu Utuh

Alhamdulillah… long weekend gue kemarin diisi dengan berlibur ke tempat baru ( dan bersama teman-teman baru), tepatnya ke Geopark Ciletuh, yang katanya sih sedang dalam proses pengajuan ke UNESCO supaya bisa menjadi salah satu geopark macam Agnes Mo yang go internasional. Le O Le O Le O…

Geopark (taman bumi) sendiri maksudnya adalah konsep pengelolaan kawasan yang memiliki keragaman geologi, hayati, dan budaya yang pengelolaannya dilaksanakan dengan tujuan edukasi, konservasi, dan pembangunan yang berkelanjutan. Bingung, ya? Gue juga, hehe. Tapi intinya sih, yang gue tangkap kenapa disebutnya geopark, karena ia menyajikan destinasi wisata yang beraneka rupa. Mau nyari pantai, sawah, hutan, air terjun, goa dengan bebatuan yang katanya tertua di Jawa Barat, situs peninggalan jaman megalitik, sampai kebudayaan masyarakat setemoat… semua yang kamu mau, ada di sini! *iklan apa ya?

Kali ini gue berlibur bersama teman-teman satu divisi kantor suami yang terdiri dari 7 keluarga. Pukul 7.30 dua mobil memulai perjalanan dari masjid agung Bogor, melewati jalur Cikidang tembus ke perempatan Palabuhanratu. Di alun-alunnya kami berhenti sejenak untuk menemui rombongan di satu mobil lagi plus makan siang yang disiapkan oleh istri pak manajer. Makanannya ala-ala Sunda gitu. Enak deh pokoknya!

Di sini juga gue menemukan kuliner tahu gejrot khas Palabuhanratu yang punya ciri khas tanpa kuah dan ditambah kencur sebagai pelengkap. Lebih segar sih, tapi gue butuh kuah cuko seember biar bisa dikokop. Hehe.

Sekitar pukul 13.30 tiga mobil Xenia putih memulai perjalanan menuju TKP melalui jalur Loji. Kalau googling sih katanya ini jalur yang belum lama diresmikan sama Pak Aher. Kondisi jalannya mulus dan membuat waktu perjalanan semakin efisien ketimbang melewati jalur biasanya. Walaupun kalau curah hujan lagi tinggi, jalur ini nggak rekomen banget. Karena sebelah kirinya tanah dan tebing tinggi, sebelah kanannya berbatasan sama laut. Masih suka terjadi longsor, ceunah.

Alhamdulillah lagi, sepanjang hari Jumat kemarin cuaca mendukung banget. Langit pun membiru sempurna membuat siapapun yang doyan ambil foto girang bukan main!

Pemberhentian pertama kami adalah Pantai Loji. Banyak juga pengunjung yang berhenti di sini sekadar ambil foto di spot Duyung Selfie yang sudah disediakan, yang view-nya adalah Teluk Palabuhanratu dan rumah-rumah nelayan di tengah laut.

Oiya, di papannya tertera biaya dua ribu rupiah per orang bagi yang ingin mengambil foto di sana. Tapi bingung juga mau bayar ke siapa, karena nggak ada penjaganya. Padahal sudah siang menjelang sore, lho. Yaudah bayar pakai doa aja deh. Semoga yang sudah menyediakan spot foto di atas Teluk Palabuhanratu dimudahkan segala urusannya. Kalau belum menikah, segera dipertemukan dengan jodohnya. Kalau sudah menikah, dikaruniai keturunan yang soleh/ah. Aamiin.

Next, kami melanjutkan perjalanan lagi dengan trek yang kian curam. Ada pengunjung yang datang dengan menaiki mobil tua, eh nggak kuat nanjak di salah satu tanjakannya. Ada banyak juga pengunjung yang datang dengan menaiki sepeda gunung, walau kadang harus turun dari sepeda saking curamnya tanjakan, eh sampai juga ke kawasan paling atas. Nah, mobil yang gue naiki ini Xenia paling buntut kata Paksu. Hiks, kasian mesinnya, 1000 cc dengan 9 penumpang di dalamnya. Jadi deh ngeden bin meraung-raung tiap ketemu tanjakan.

Poinnya, kalau ke sini emang bagusnya naik mobil yang kuat nanjak. Mobil 4WD oke banget! Pun buat yang mau touring pakai motor, pakai motor yang cc-nya gede ya. Ada aja sih M*o dan Su*ra yang gue temui, tapi jangan nyesel kalau pulangnya malah turun mesin! :p

Pemberhentian berikutnya di Titik Pandang Puncakdarma. Kalau tadi viewnya lautan, sekarang ditambah sawah dan kebun di bawah kami. Di sini juga berjejer tukang jananan dan minuman yang harganya masih manusiawi. Salah satu yang gue temui adalah rujak buah dikasih buni seharga sepuluh ribu sepiring penuh. Ya Allah nikmat bangeeet. Kalian harus coba!

Di sini juga nggak lama, karena kami mesti menemukan homestay yang sudah dibooking dari jauh hari dan mengejar waktu sholat Ashar.

Alhamdulillah nemu musholla yang kayaknya masih baru dibangun. Karena toiletnya masih bagus. Hehe.
Mendekati pukul 18 kami baru menemukan home stay Pak Fahmi yang posisinya agak masuk ke dalam. Kami menyewa 3 rumah yang harga per rumahnya cukup murah. 500 ribu saja!

Di rumah yang gue tempatin ada 4 kamar, sayang aja kamar mandinya cuma satu dan harus sharing dengan pengunjung dadakan yang isinya cowok semua. Heuw, kan serem! Nggak rekomen deh home staynya. Googling cari yang lain aja.

***

Sabtu paginya kami menyambangi Pantai Palangpang yang jaraknya kurleb 4 kilo dari home stay. Ini sebetulnya agenda utama yang diincar oleh bocah-bocah. Sayang beribu sayang, selain airnya yang coklat (mungkin karena semalaman hujan deras), di bibir pantainya juga banyak sampah. Heuw! Akhirnya setengah mati para mamak membujuk anaknya untuk menangguhkan main ke pantai, dan ketua rombongan membuat agenda baru mampir ke pantai Palabuhanratu pulangnya.

Allah baikkk banget. Semaleman bahkan sampai pukul 8 pagi pun masih hujan, eh seharian kami main-main langit dicerahin lagi. Gerimis sih sedikit saat kami di Titik pandang Panenjoan. Alhamdulillah cuma di detik-detik akhir kami mau jalan pulang.

Ohiya, di Panenjoan ini lebih dahsyat lagi view-nya. Melihat ke bawah, kami nggak nyangka bakal sampai setinggi dan sejauh ini jalan-jalannya. Kami bisa melihat Pantai Palangpang yang berbentuk tapal kuda, dan di belakangnya terhampar sawah dan kebun. La haula wa la quwwata illa billah. Hanya Allah yang sanggup menciptakan pemandangan sebagus ini. Kita mah apa, cuma res-resan chiki di alam semesta ini. Makanya jangan banyak gaya!

Yang gue sayangkan dari perjalanan ini adalah… beberapa kali melewati petunjuk jalan menuju beberapa curug, tapi nggak ada satupun yang disambangi. Hiks, begini kalau jalan ikut rombongan. Apalagi rombongannya banyak bocahnya. Cuma pantai tujuan utamanya. Padahal Curug Awang yang konon mirip air terjun Niagara di Amriki begitu dekat dengan Panenjoan yang kami singgahi. Sudah gue kode-kode ke pemimpin rombongan supaya ke sana, teteup nggak tertangkap hajat gue (kayaknya sih karena airnya yang keruh bekas hujan ya, jadi pada nggak berminat). Wkwkkk. Mesti banget ini ke sini lagi naik motor di musim panas. Biar bisa ke banyak tempat. Aamiin.

Yak, dari Panenjoan kami naik lagi ke atas. Gue sudah ke-PD-an aja kami bakal sampai Pantai Karangbolong yang merupakan ujung selatan dari geopark ini. Ternyata salah, sodarah! Rombongan menuju Pantai Palabuhanratu melalui jalur yang lain. Kayaknya sih karena hujan semalam, jadi nggak mau ambil risiko jalanan longsor kalau balik lewat Loji.

Kurleb 2.5 jam kami pun sampai di Palabuhanratu, siap menyantap ikan segar bakar dan udang asam manis sebelum bersenag-senang dengan pantai yang benerannya. Alhamdulillah…

Oiya, denger-denger pantai ini mulai ditinggalkan orang-orang seiring dengan makin populernya Sawarna, Ujung genteng, dan tentu saja Geopark Ciletuh. Emang sih, pasir di pantai ini hitam, kalah jauh dengan Sawarna dan Ujung genteng. Tapi kalau gue tangkap sih, semakin kotornya pantai ini lah yang membuatnya sepi peminat.

Bayangin ya… selain banyak sampah sulit diurai macam styrofoam dan plastik, masa ada kasur gulung segede gaban di tengah pantai? Belum lagi gue temuin ubi, batok kelapa, ranting-ranting yang keseret-seret ombak. Duh, sedih aing!

Emang betul deh, kerusakan yang terjadi di bumi ini nggak lain karena ulah tangan manusia. Menemukan alam yang bagus, dieksploitasi habis-habisan, cari yang lain yang lebih bagus, yang lama ditinggalin. Begitu aja sampai Nobita lulus S3!

Mungkin ini yang membuat teman gue berujar, “Kalau nemu tempat wisata alam yang bagus, jangan disebar di sosmed, nanti orang-orang nggak bertanggung jawab pada datang ngerusakin!” Hiks.

Plis… kalian jangan begitu ya. Mari kita jaga dan muliakan bumi dengan segala isinya. Jangan sampai kita jadi manusia yang disinggung Al-Qur’an yang menjadi sebab rusaknya bumi. Na’udzubillah.

***
Dan… gue pun sampai di rumah pukul 23 teng! Yang tersisa hingga kini nggak lain capek dan cucian kotornya. Tapi rasa senang mendapat hal baru, pemandangan baru, dan teman-teman baru… insya Allah terus terkenang. Terima kasih Allah. Terima kasih semuaaa 😉

Besok Hari Ibu!

Gue bukan jenis manusia yang suka merayakan momen-momen penting orang lain macam ultah. Pernah sekali-kalinya undang kakak2 dan keponakan2 untuk syukuran ultah Mamak, nggak lama beliau wafat. Emang takdir sih, tapi trauma. Hehe. Nah, apalah lagi momen Hari Ibu. Agak gengsi ngucapin “Selamat Hari Ibu” secara langsung ke beliau!

Tapi bener ya, manusia bisa tumbuh tanpa seorang ayah, tapi jarang manusia yang bisa tumbuh tanpa seorang ibu. Oh, betapa besar pengaruh seorang ibu dalam kehidupan anak manusia. Mungkin itu kali yang membuat momen hari ibu lebih santer terdengar daripada hari ayah. Di samping  hadits tentang keutamaan “ibumu ibumu ibumu baru ayahmu”.

2 tahun 8 bulan pasca Mamak wafat. Dan gue masih aja nangis kalau dalam tidur mimpiin tentang beliau. Apalagi pasca menikah, ada saat-saat gue yang kini berstatus sebagai istri keingetan Mamak sebagai istri Babak dulu. Seinget gue beliau nggak pernah tuh ngeluhin kondisi kehidupan rumah tangganya yang notabene berkurangan secara ekonomi. Alhamdulillah sih dulu belum ada gawai ya. Nggak tau deh ceritanya kalau beliau dulu sudah paham sosmed dkk. Mungkin beda cerita?

Sebelum bed rest karena serangan stroke sampai akhir hayatnya, Mamak turut serta dalam menyokong perekonomian keluarga kami. Mengurus 9 anak dengan suami hanya sebagai sekuriti, membuatnya mau nggak mau melakukan apapun biar dapur tetap ngepul. 

Waktu gue kecil pernah beliau jualan nasi ulam di depan rumah. Gue gedean pernah juga jualan beras di rumah sambil jahit2 celana  kolor. 

Ada satu yang paling berkesan waktu gue SMP. Gue diajak ke Muara Angke, naik Patas dari Blok M, buat beli sekarung aneka jenis ikan asin. 

Can you imagine… dari turun bis ke pusat pengasinan lumayan jauh. Jalanan di TKP yang becek plus bau pesing. Di sana pun nggak sebentar karena mesti cari berbagai jenis ikan asin. Pulangnya mesti geret-geret sekarung beras isi ikan asin naik turun bus. 

Nggak sampai di situ. Sampai rumah beliau mesti mlastiki ikan2 itu, buat dijual door to door ke rumah tetangga. Ya Allah, Emak gue setrong banget ya? 

Beliau begitu bersahaja menjalani kesehariannya sebagai seorang istri dan ibu. Rajin bangun malam dan Dhuha. Setia mencukupi kebutuhan perut semua anggota keluarga walau dengan lauk yang ala kadarnya. 

Satu lagi yang paling berkesan. Beliau ini bisa jahit baju lho! Saking nggak memungkinkan untuk sering bela beli baju baru, hampir semua pakaiannya made in tangan beliau sendiri. Gue pun juga sama, beberapa kali dijahitin gamis yang selalu berwarna hijau–warna favorit beliau. Ini nih yang memotivasi gue untuk kursus jahit. Biar kelak bisa jahitin baju juga buat anak. Hehe.

Yaudah. Segitu aja tahadduts bi ni’mat nya punya Emak yang setrong. Doain ya biar gue teruuus jadi anak solehah, biar segala doa yang gue panjatkan untuk beliau diijabah oleh Allah. 

Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fu’anha. Aamiin.

Met Hari Ibu ya! 😃 

Mamak yang selalu Cans bahkan sampai akhir hayatnya 😍

Tentang Menikah

Wah gimana gitu ya, di FB gue sering muncul berita kurang sedap dari kehidupan pasangan hafizh muda dan anaknya pengacara kondang itu. Gatel banget buat komentar, tapi mesti ditahan… tahan… tahan. Jadi deh memutuskan koar-koarnya di blog tercinta ini. 

Tapi sungguh, yang gue tulis di bawah ini bukan tentang mereka berdua, koq. Ben ae. Itu kan urusan rumah tangga mereka. 

Gue cuma mau bilang, betapa bersyukurnya gue ditakdirkan menikah di usia yang nggak lagi muda dan dikelilingi oleh para wanita dengan aneka macam permasalahan rumah tangganya. 

Untuk yang pertama, gue masih berkeyakinan kalau pernikahan di usia muda di zaman sekarang agak kurang tepat. That’s why gue kurang sreg sama akun-akun dan para tokoh yang gembor-gemborin nikah muda. Ya emang sih, yang nikah di usia gak muda pun ada aja yang pisah. Tapi seenggaknya sudah pada dewasa dan bisa lebih bijak menghadapi ujian yang ada. Mau koar-koar masalah dengan pasangan di sosmed juga kayaknya malu deh sama umur. Hehe.

Pun kalau emang para pemuda (nggak enak pakai kata remaja untuk tema pernikahan, terlalu kinyiskinyis!) mesti nikah di usia muda, ortu merekalah yang mestinya mendorong-dorong. Karena mereka yang lebih tau kemampuan dan kesiapan si anak. Lah kalau orang lain yang gemborin (apalagi yang gemborin juga baru hitungan jari usia pernikahannya), terus kita kena pancing padahal kita mah urus diri sendiri belum becus, ya babak belur nanti setelah nikah. Gampang minta cerai, gampang ucap talak. Duh!

Nah… untuk yang kedua, dari awal-awal pernikahan gue sudah diwanti-wanti oleh beberapa teman: jangan terlalu mencintai pasangan. Hati manusia gampang berbolak-balik. Cintai sekadarnya.

Bisa kebayang nggak, pengantin baru sudah didoktrin dengan kata-kata itu? Susyeeeh! 😂

Tapi gue senenggg banget. Emang betul ya. Kalau mau belajar balet, bergurunya ya sama yang ngerti balet. Lebih baik lagi kalau dianya sudah teruji dengan memenangkan berbagai penghargaan di kompetisi balet. 

Dari mereka gue belajar, niat menikah itu ya lillahi ta’ala, jalanin sunnah Rosul. Jangan sampai niat  menikah kita supaya bisa segera keluar dari rumah ortu yang penuh dengan masalah (ini namanya lari dari kandang macan ke kandang buaya). Jangan sampai juga niat menikah kita supaya ada yang bimbing (Wah, ini rentan cepat selesai kalau yang kita dapati ternyata sang imam nggak bisa bimbing bahkan prilakunya jauuuh dari yang diharapkan *serius ini nggak nyindir anaknya pengacara, cuma barangkali ada kesamaan kisah 😅). 

Jadi niat yang konon katanya klise itu emang mesti dilurusin selurus-lurusnya. Jangan sampai ada pengharapan yang berlebihan ke pasangan supaya kita begini dan begitu. Balik lagi: lillahi ta’ala, ngikut sunnah Rosul.

Baik buruknya pasangan ya terima aja dah. Kalau dia baik, banyak-banyak bersyukur. Kalau dia kurang baik, jangan diumbar-umbar ke sosmed. 

Oiya, dari salah satu teman yang sudah beranak empat dan dengan posisi dia yang jadi tulang punggung keluarga, gue dibuat takjub dengan statement beliau, “Ya mau gimana lagi, mungkin emang rejeki pernikahanku Allah kasihnya melalui aku, bukan melalui Darling (panggilang beliau ke suaminya 😍). Dia juga sudah berusaha koq buat usaha, walau gagal terus. Masa’ mau dibubarin gitu aja pernikahannya cuma gara-gara itu?”

Wooooooooow! Itu hatinya terbuat dari apa ya bisa selegowo itu menerima kekurangan pasangan yang padahal kewajiban utamanya kaum Adam ya menafkahi keluarga? 😕

Ilmu Itu Seperti Jodoh

Alhamdulillah hujaaannn! Pas banget gue lagi keingetan momen-momen perjuangan menimba ilmu 8 hari yang lalu. 

Tepatnya hari Kamis. Kami berempat sudah membuat janji akan menyambangi daerah Kramat Jati untuk menimba ilmu dari seorang guru. Waktu itu seharian hujannya macam lagu BBB: putus nyambung putus nyambung putus nyambung. Gak kelar-kelar!

Tekad gue dari yang membara buat berangkat ke sana, jadi menciut seciut-ciutnya tiap mendongak ke langit. Pikir gue, kayaknya dipending aja deh belajarnya jadi bulan depan. Cuaca nggak memungkinkan,  Cyn!

Lain kepala, lain pemikiran. Kalau menurut gue begitu, ketua kelompok kami pantang berpikir begitu! Dengan semangat yang nggak kunjung surut, doi berangkat dari kosannya dengan memakai jas hujan warna ungu polkadot lucu membelah hujan pakai ojek online. Satu lagi, dengan kondisi flu berat. Ya Salaam!

Sumveh, bahkan sampai besoknya gue masih bete mamvus gitu sama dia. Wkwkkk!

Tapi gue akuin, gue belajar banyak hal dari dia tentang yang paling penting dari proses menuntut ilmu, yang dengannya kini dia sukses menjadi petarung thifan andal, pemanah andal, penyiar radio andal, kuliah S1 & S2 di waktu yang bersamaan, dan memiliki hapalan Qur’an yang ampunampyuuun. Kalau kalian laki, dan minat sama teman gue yang high quality ini… boleh japri ke gue. Kali aja dia mau. Hehee.

Oke lanjut. Yang pertama dan paling utama adalah mencari keridhoan guru. Jadi guru kami ini spesial ilmunya. Nggak heran, nggak semua orang bisa berguru sama beliau. Nah, menurut ketua kelompok kami, dengan bersedianya beliau menerima kami sebagai murid, itu sudah jadi kehormatan buat kami para muridnya. Makanya, pantang bikin guru macam ini kecewa. 

Termasuk, apapun yang terjadi, mau hujan badai kek, kalau sudah buat janji ketemuan untuk belajar sama beliau ya harus wajib ‘ain ditepatin! 

Heuw… dengan berat hati, menerobos hujan juga lah gue pakai ojek online dari Mampang-Kramat Jati. Pun sudah pakai ponco, tetap aja bagian bawah terutama sepatu jadi kuyup bukan kepalang. Mamaaakkk!

Gue pikir ini kelebayan ketua kelompok kami aja yang memaksakan diri nerobos hujan untuk proses belajar yang nggak sampai 1 jam itu. Tapi nyatanya… 

“Ya memang begitu. Bagi para pencari ilmu sejati, ilmu itu harus diperjuangkan. Nggak bisa santai-santai. Harus ada pengorbanan.” petuah pak guru saat kami sampai juga di sana dengan kondisi kehujanan kedinginan.

Mungkin kita sudah terbiasa hidup enak. Pun dalam urusan menimba ilmu. Guru bisa dipanggil buat belajar privat di rumah. Mau cari bahan bisa langsung ke mesin pencari Google. Bahkan belajar bisa melalui online di Whatsapp. 

Bagus sih. Tapi keberkahannya jadi berkurang. Ilmu yang kita dapatin gampang didapat, gampang juga hilangnya. Kadang perlu juga sih punya kelompok belajar yang seperti ini. Biar makin semangat terus nimba ilmunya. Sepokat gak nich? 😃

Terus… maksud ilmu seperti jodoh apa donk? Ya harus dijemput, diikhtiarkan! Hehe
#latepost

Adab Pencari Ilmu

Gatel ih buat nulis tentang tema ini. Pasalnya di sebuah grup belajar bahasa di WA, salah seorang peserta menawarkan guru kami untuk bertandang ke rumahnya tanpa difasilitasi kendaraan untuk ke sana. Duh!

Kali aja dia cuma basa-basi ke gurunya, Nje? 

Menurut gue basa-basi sama guru juga ada adabnya. Hehe.

Oke. Melakoni diri sebagai guru sekaligus murid, gue jadi banyak belajar tentang adab. Sebagai murid gue sedikit2 mulai paham pentingnya adab yang baik terhadap guru. Sebagai guru gue mengambil banyak pelajaran dari murid2 gue tentang bagaimana mereka memuliakan gue sebagai gurunya. Alhamdulillah… murid2 gue baik-baikkk, kecuali yang nggak baik. Hehew!

Bicara tentang adab kali ini, tentu gue memposisikan diri sebagai murid ya. Bukan sebagai guru. Disayangkan aja kalau masih ada teman-teman yang kurang baik adabnya terhadap gurunya. 

Emang Enje sudah baik adabnya sama guru? 

Sadar gue bukan murid yang baik-baik banget. Kelas 3 SD pernah dengan kurang ajarnya bolak-balik nanya jam istirahat ke seorang guru saking bosannya belajar. Jaman SMA pernah ngambek sama guru.  Jaman kuliah sering telat masuk kelas padahal kosan dekat dari kampus, juga suka tidur di kelas yang muridnya sedikit. Hiks!

Tapi itu kan dulu. Alhamdulillah sekarang sudah belajar baik secara langsung (dapet materi tentang penting adab dalam menuntut ilmu), maupun secara nggak langsung (memperhatikan polah murid2 gue). 

Jan pernah dilupain ya Brader & Sister. Kepada siapapun dan di manapun kalian menimba ilmu, adab itu nomor wahid! Mau gurunya enak atau nggak enak, jagalah adab kita terhadap mereka para guru. 

Karena apa???

Dari guru lah kan kita dapati ilmu. Bukan dari buku atau dari mana pun. Kalau kita jaga adab kita terhadap mereka, mereka jadi ridho karenanya. Insya Allah kan kita dapati berkahnya ilmu. 

Sebaliknya, kalau adab kita buruk terhadap mereka, mereka nggak ridho. Terus dari siapa lagi kan kita dapati ilmu? 

Mungkin begini ya negatifnya sosial media. Pun difungsikan untuk yang positif-positif macam media menimba ilmu. Tapi jauuuh terasa keberkahannya dari kita menimba ilmu langsung tatap muka bertemu guru. Melalui pertemuan itu kita belajar adab dan etika. Setujuuu? 😊

Dijaga Ilmu

Sok iye itu ketika pernikahan membuat lo kisut dalam dunia tulis menulis. Hiks!

Bukan. Ini bukan salah pernikahannya, cuma pribadinya aja yang belum bisa ngatur waktu. Kapan harus mengabdi pada suami, kapan mesti manjain diri salah satunya dengan menulis di sini. Oke, poinnya manajemen waktu gue masih buruk. Wkwk!

Tanpa berpanjang kalam gue mau nulis tentang betapa pentingnya ilmu dalam hidup kita. Ready?

Semalam. Waktu Indonesia bagian Depok. Gak ada angin gak ada hujan, sekonyong-konyong seorang teman di Bangka sana nyamperin via WA. Katanya, kangennn mau belajar lagi bareng gue. Wow, ampas masker kefir macam gue dikangeninnn! 

Sedikit menguji kebenaran ucapannya, gue suruhlah doi buat grup WA yang mengkoordinir teman-teman untuk belajar. Gak nyangka, dalam kedipan mata (kalah dah jin ifrit!) gue sudah tergabung dalam satu grup. Sebut saja namanya “Manis Manja Grup”.

Siapa anggotanya? Beberapa teman lama waktu gue tinggal di Bangka, yang sempat beberapa bulan gue kumpulin untuk jadi korban kesotoyan gue. 

Maksudnya… gue transfer ilmu yang insya Allah manfaat baik teori maupun praktek, yang gue dapat dari proses belajar selama dua bulan tahun kemarin dengan keringat, air mata dan darah! (ini apaan???)

Salah satu fase yang agak nyebelin bagi jomblo mungkin ketika orang dekat kita menikah. Bukan iri. Melainkan ada semacam perasaan teman kita diambil orang yang gak dikenal, hingga membuat kita jadi susah berhubungan lagi dengan teman kita itu. 

Begitupun. Gue nikah. Byarrr! Kelompok belajar kami bubar. Pun dengan secuil ilmu yang Allah amanahin ke gue, ikutan bubar. Huwaaa!

Alhamdulillah… WA yang gue terima semalam menjadi semacam pertanda gue dijagain kembali sama ilmu. 

Masa?

Iya! Dari kapan tau mau ngulang-ngulang apa yang sudah Allah amanahi, apa daya adaaa aja yang bikin gak mulai-mulai. Ya ini belum kelar. Ya itu mesti segera diselesaiin. Dllsb. 

Tiba-tiba aja ada yang minta diajarin, kan, rejeki syekaliii! 

Gue selalu yakin. Gak akan habis ilmu dibagi. Justru, yang ada malah makin dia memperbanyak diri. Mangkanya gue selalu menekankan ke orang-orang yang gue ajarin: cara paling jitu supaya ilmu kita nempel terus adalah dengan  ngajarin ilmu tersebut ke orang lain. Insya Allah… nempel!

Alaysa kadzaalik? Ye, kan? Setuju kan? Kalau punya ilmu jangan pelit yak! Biar ilmu jagain kita! Ihiyyy! ☺

Hari Gini Masih Malu Bertanya? 

Gue masih inget, dari kecil sampai setengah perjalanan menjadi mahasiswi gue termasuk tipe yang malu kalau mau nanya, apalagi disuruh nanya. Langsung nunduk! Hehe. Perasaan takut salah, takut diketawain, takut dibilang b*go, selalu menghantui. 

Alhamdulillah seiring waktu gue jadi belajar: gak selamanya yang nanya itu yang salah, yang culun, yang paling b*go. Kalau emang ada satu hal yang kita butuh jawabannya ya nanya aja. Kenapa takut dibilang ini dan itu? 

Sampai saat ini gue pun memutuskan untuk keluar dari menjadi orang yang malu bertanya terhadap apa-apa yang nggak gue tau. Bahkan di beberapa sesi diskusi gue suka bertanya demi mendapat hadiah, eh, demi ngomporin yang lain supaya nggak jadi orang yang pemalu buat nanya. 

Nggak tau salahnya di mana. Di kalangan akhowat yang gue suka main dengan mereka itu masih ada penyakit malu bertanya ini. Kalo ada sesi tanya jawab malah mengheningkan cipta semua. Kan ini gawat. Malu bukan pada tempatnya!

Mungkin, ya… Mungkin… sistem di masyarakat kita ada yang salah. Malu itu emas. Yang blak-blakan itu lumpur. Wkwkkk. Hellooo plis deh!

Beberapa kali juga gue berurusan dengan mereka yang secara penampakan ngerti agama. Tapi ketika gue dengan gaya blak-blakan bertanya sesuatu yang menurut mereka itu nggak pantas ditanyain, risih, gue dicap ini itu lah. Padahal yang gue tanyain nggak melanggar syariat. Heuw payah kan!

Jadi ingat perkataan seorang kenalan, “Orang yang ngerti agama mestinya nggak menghalangi syariat cuma karena menurut dia kurang etikanya di kalangan masyarakat.” Ah setuju bangettt! 

Udah nggak zaman ya, Bapak/Ibu, mengecap orang yang suka bertanya dengan “kurang etika” dan whatever lah. Yang rajin bertanya emang kadang ngeselin, cuma kami nggak mau ada zhon-zhonan di antara kita. Ntar malah dosa! 😛

5 Keuntungan Terlahir Sebagai Anak Dari Keluarga Besar

Wahhh… long time no write nich! Nulis lagi ah! Ya kali aja corat-coret di sini bisa mengatasi penyakit hati tanpa perlu obat-obatan kimia yang pasti ada efek samping buat tubuh. Ya kan??? 😅 

Oke. Ceritanya mau nulis ala-ala tulisan di web hipwee.com dan sejenisnya. Betapa menjadi manusia yang terlahir dari keluarga dengan penghuninya yang kalau kumpul lebaran bisa sampai tumpeh tumpeeeh itu punya keuntungannya sendiri.

Apa aja? Ini dia…

1. Insya Allah kamu subur! 

Iya nggak sich… kesuburan itu  salah satunya dipengaruhi oleh faktor genetik juga? Menurut gue sih iya. Soalnya abang-abang dan mpok-mpok gue 80% cepat hamilnya (setelah nikah lhooo!) dan punya anak banyak!

Begitu juga dengan keluarga besar dari pihak Babak dan Mamak gue. Anaknya pada punya banyak anak. Anaknya lagi cepat punya anak. *pusing nggak tuh bacanya? 😂 

Yah kecuali Allah berkehendak lain, segala sesuatunya bisa dan sah aja terjadi. Misal, kakak-kakak pada cepat punya anak dan punya banyak anak. Terus Allah mau nguji lo dengan yang beda dari yang lain. 

Tapi nggak usah syediiih, kan sudah punya banyak keponakan dan cucu yang lucu bin menggemaskan bin ngangenin (yang masih pada bayi sih, hehe!).

2. Mangan ora mangan sing penting kumpooolll!

Punya keluarga besar insya Allah kita nggak akan ngerasa kesepian, Dude! Beberapa momen bisa jadi ajang kumpul demi merekatkan kemesraan ini supaya janganlah cepat berlalu~~~

Bisa jadi tempat minjam duit juga sih saat kantong lagi jebol, hehe. Yang penting ada niat dan itikad buat ganti ya! Soalnya sodara adalah sodara, tapi utang tetaplah utang. Nggak kenal sodara! *lho 😛

3. Caring is something!

Punya saudara dengan ekonomi yang pas-pasan ngajarin kita supaya jadi lebih peduli. Saat ada yang butuh kita bantu, saat kita lagi butuh insya Allah ada yang bantu. Asal jangan jadi manusia gadir aja ya. Dibantu mulu tapi nggak pernah ngulurin tangan buat bantu. Hehe.

Kemarin pas gue menggelar resepsi pernikahan, berasa banget betapa saudara-saudara dari yang inti ke yang besar pada turun memberi bantuan moril materil tenaga waktu pikiran dan maaih banyak lagi. Dari jauh-jauh hari, pas hari H, sampai setelahnya pun masih bantu-bantu  

Ah… moga Allah kasih kemampuan gue buat bantuin balik saat mereka ada hajatan kelak. Aamiin.

4. Belajar fleksibel dari banyak karakter saudara

Ini berasaaa banget. Banyak saudara means banyak kepala. Banyak kepala means banyak karakter orang yang mesti lo hadapi. Nggak perlu kuliah bidang Psikologi buat ngadepin saudara yang beda-beda karakternya. Wkwkkk ya kali!

Intinya perlakukanlah orang lain sesuai karakternya. Jangan minta dimengerti molooo. Gadir wooo! 😛

5. Jadi jomblo pun nggak masalah saat ada keluarga yang mensupport!

Iya sih jomblo, tapi ada wadah dan orang-orang yang bisa lo cintai dan lo pun dicintai. Enak kan?

Jadi inget, gue punya satu keponakan yang biasa setia anterin kemana-mana, yang suka gue traktir dan gantian nraktir saat doi lagi ada rejeki. Pokoknya kami sering bareng deh. Padahal usia kami terpaut hampir 15 tahun lebih banyak. Means doi baru aja lulus SD! 😅

Waktu kemarin gue anter doi masuk pondok di Timur Jawa sana sekalian jenguk keponakan lain yang tinggal di Jawa dan masuk pondok juga. Terbagilah perhatian gue ke mereka berdua. Tiba-tiba doi nyeletuk begini saat gue lebih banyak ngobrol sama keponakan yang lain:

“Situ waktu jomblo sama siapa?” 

Wkwkkk. Iyain beee! 😛

Terserah orang mau bilang apa dengan kondisi keluarga lo yang super duper gede. Mau dibilang jadul kek, berisik kek, rempong kek… biarin aja. Hidup lo kan lo yang jalanin! ☺

We are big family~~~