Yang Tak Kan Terlupa

Edhan! Benar-benar uwedhan!

5 Agstus 2011 nggak bakal gue lupain deh. Akan gue kenang terus sebagai salah satu hari paling bersejarah dalam hidup seteah hari kelahiran gue di bulan Januari. Tahu kenapa? Ini dia ceritanya…

 

Kemarin, almamater SMA gue (sekolahnya para artis yang terletak di bilangan Jakarta Selatan. Guess what, hayooo?) akhirnya ngadain pesantren ramadhan lagi! Setelah vakum selama tiga tahun, finally sang kepala sekolah mau mengabulkan pengajuan proposal yang kami–para alumni Rohis–ajukan. Yah, walaupun banyak keringat dan darah tercucur demi diadakannya acara ini (huwalah, lebay!). Intinya,  butuh beberapa kali pertemuan dengan pihak sekolah dan beberapa kali dilakukan perombakan acara disesuaikan dengan kemauan si Kepsek.

 

Eniwey, gimana sih maunya si Kepsek?

 

Jadi, konsep acara pesantren ramadhan kali ini beda jauuh banged dengan yang sebelum-sebelumnya. Kalau biasanya dilakukan di luar kota (berkisar di bilangan Bogor dan Cipanas) selama 3 hari 2 malam, sekarang hanya dilakukan di sekolah selama 1 hari dari jam 7 sampai  16 teng! Awalnya agak kecewa shi, tapi daripada enggak sama sekali, ya kita ambil aja proyek peradaban ini. *Ihiy, bahasanya!

 

Selain diisi dengan tabligh, training motivasi, dan pemutaran film, adik-adik kelas X dikenalkan juga dengan yang namanya mentoring Rohis. Selama seharian itu, mereka mengikuti dua kali mentoring yang diisi oleh para alumni Rohis yang caem-caem aja. Termasuk diataranya gue. *Hheee, ngaku-ngaku.

 

Nggak tahu udah yang keberapa kali sejak dititah menjadi mentor pesantren ramadhan  (kalau nggak salah sih, sejak kelas 3 SMA gue udah jadi mentor), gue selalu kedapetan menghandle kelas X1 atau X5. Dan sekarang, lagi gue harus menghandle adik-adik kelas X1. *Hhheee, gaya tulisan boleh begajulan, tapi di kehidupan nyata, kudu jadi manusia bermanfaat, dooonk… Tarik, Maaan!

 

Dan akhirnya gue sepaham dengan statement: sejarah bakal berulang terus. Terbukti, adik-adik di kelas X1 ini hamper sama dengan adk-adik kelas X1 di tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, dari segi jumlah. Ketika kelas lain banyak siswa/i-nya yang nggak hadir di sanlat, kelas X1 hanya tiga orang yang nggak hadir. Boleh dibilang dua kali lipat dibanding kalas lain. Tipe anak-anaknya pun sama, banyak anak gahol yang merupakan bagian dari satu orgnisasi geje di sekolah (Gor*ngel).

 

Eiya, ada cerita seru juga yang sudah beberapa kali berulang dari kelas X1. Jadi biarpun mereka rada susah diatur, tap gue yakin seyakin yakinnya, mereka itu anak yang haus akan ilmu agama. Kondisi pergaulan sekolah gue aja yang membuat mereka seolah-olah cuek dan minta diperhatikan lebih dengan hobi membuat “keonaran”.

 

Seperti siang itu. Ketika masuk waktu zuhur, berhubung tempat wudhu masjid sekolah nggak gede-gede amat, wudhu pun dilakukan secara bergiliran. Setelah memastikan semua siswi sudah berwudhu, gue pun ambil wudhu.

 

Baru beberapa langkah kai ini memasuki masjid, cerita seru pun dimulai. Jadi di mentoring pagi gue memberikan berita gembira kepada mereka bahwa disediakan pahala berlipat-lipat untuk siapa aja yang melakukan ibadah di bulan ramadhan. Baik itu yang sifatnya berhubungan langsung dengan Allah, maupun ibadah yang bersifat sosial antar manusia.

 

Terlihat jelas mimik-mimik antusias di hadapan gue ketika menjelaskan itu semua. Apalagi ketika gue menyampaikan keutamaan membaca Al-Quran di bulan ramadhan yang dicontohkan para sahabat dan ulama terdahulu. Pahalanya bukan per ayat, atau per kalimat, atau per kata, tapi per huruf, Man! Hmmm, kelihatan banget makin bertambah lagi gairah mereka dalam mengikuti mentoring pagi itu. *Wah-wah, senangnya bisa menjadi pembawa kabar gembira bagi orang-orang sekitar!

 

Balik lagi ke masjid.

 

Apalagi ketika gue baru aja mau sholat zuhur. Harusnya kan dilakukan secara berjamah, tapi ternyata para siswi sudah curi start duluan kecuali salah satu adik mentoring gue di kelas X1, sebut aja namanya Karina. Fyi: waktu sesi nonton bareng khusus muslimah di ruang Audio Visual, gue jadi nambah yakin kalau doi ini salah satu dari anggota gor*ngel yang doyannya duduk paling belakang, suka bikin keributan sendiri untuk merusuhkan acarai, kumpulan anak cewek yang jago nyeletuk, dan berfoto-foto ria selama acara berlangsung. *Sekali lagi, gue yakin banget deh kalau mereka ini aslinya anak-anak baik!

 

Tapi sungguh kaget bin senang hati ini waktu di nyamperin gue dan berkata, “Ka, aku belum sholat, bareng yuk.. kan lagi bulan ramadhan, ka, biar pahalanya berlipat-lipat.”

 

“Owh, ayuk…,” duuuuh, senangnya! Sepertinya apa yang gue omongin tadi pagi ada yang nyangkut juga di hatinya si Karina.

 

Tuh kan, terbukti kan kepercayaan gue terhadap anak-anak macam Karina… Sepertinya nggak sia-sia gue izin cuti ngantor demi bantu-bantu jadi mentor di sanlat SMA tercinta… 😀

 

 

 

 

 

Iklan

14 comments

  1. we&t3a ^_^ · Agustus 7, 2011

    Wuih murobbi gaaooolll.. Guwe..eloh..getoh! 😀

  2. Heru Nugroho · Agustus 7, 2011

    SMA mana?
    28? 70? 6? 8?

    :'( :sedih
    gak pernah dipanggil atau diajak buat ikt sanlat SMA

  3. li4h Lia · Agustus 7, 2011

    Yeah, murobbi gaol untuk mentee gaol! 😀

  4. nurjanah hayati · Agustus 8, 2011

    hheee, abu jahal aje ngomong ane ente, ka phi 😛

  5. nurjanah hayati · Agustus 8, 2011

    yah, masa ga tahu sekolah artis di mana sih, Tsaqqif? 😛
    ayo tebak2..
    sekolah keren banget, tuh.. keren b-g-t..! hheee.

    sma mana emang, Tsaqqif?

  6. nurjanah hayati · Agustus 8, 2011

    huwahaha.. nggak lah, saya bukan murabbi gaol, cuma keren aja! 😛

  7. Heru Nugroho · Agustus 8, 2011

    Ya itu saya dah nebak, ada yg bener gak?

    Gak mw ksh tw ah, nti ternyata satu SMA lg :p

  8. nurjanah hayati · Agustus 8, 2011

    salah satunya… ayo tebak tg mana yg benar!

  9. Heru Nugroho · Agustus 8, 2011

    8?

  10. nurjanah hayati · Agustus 8, 2011

    yah, beneran deh.. ni orang ga tau sekolah artis di bilangan jaksel? ckckck.. 😦

    coba tanya anak2 gaul di jakarta, di manakah sekolah artis di jaksel? 😛

  11. Heru Nugroho · Agustus 8, 2011

    28?

  12. nurjanah hayati · Agustus 8, 2011

    wa wa waduuuh.. bener2 ga gahol! salah besar!
    sudah ah, saya ga mau jawab lagi. sila cari sendiri. hhee

  13. Heru Nugroho · Agustus 8, 2011

    -.-'

    bUKan 4n4k 94oL kaK4k. . .

    Gakz ngerti beudh..

  14. nurjanah hayati · Agustus 8, 2011

    wah, itu sih anak 4L@Y.. hheee.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s