Bike to Kampung!

Ketika di rumah bingung mau apa…
Ya bersepeda…
[Enje feat to Black]

Agak maksa emang dua bait lagu di atas, tapi beneran itu mewakili aktifitas gue hari ini banget.

Maaf-maaf nih-bukannya sombonh-biasanya nggak ada kata libur dalam kamus hidup gue. Alamdulillah, selalu aja ada aktifias (kebaikan insyaAllah) di luar rumah tiap weekend, baik dengan teman sekolah, kampus, kantor, dll. Sampai-sampai ortu, kakak, dan keponakan hafal banget dengan tingkah sok sibuk gue.

Makanya, pertanyaan mereka tiap Sabtu dan Minggu pagi itu nggak jauh-jauh dari kata-kata “Hari ini pergi ke mana?”. Sebaliknya, kalau siangan sedikit gue masih beredar di rumah atau berlama-lama main sama keponakan, pertanyaan merekapun setipe dengan ekspresi kebingungan yang setipe pula: “Weiiit, tumben di rumah aja, emang nggak kemana-mana hari ini?”. Etapedeee!

Segitunya banget, yeesss… Sesibuk-sibuknya manusia juga kan butuh istirahat dan kumpul-kumpul bareng keluarga, right?

Eniwey… Sebenarnya nggak direncanain juga kalau hari ini bakal berdiam diri di rumah. Udah menggebu-gebu malah pengen ketemu dengan teman-teman sma (percaya ga?). Tapi apa mau dikata, nomor hape baru menghancurkan segalanya! Sms balasan dari salah seorang adik kelas, nggak gue terima sampai tadi pagi. Jadilah gue berfikir mereka pada lagi sibuk sampai nggak sempat buat ketemuan rutinan.

Kata salah satu teman sih, provider baru gue emamg begitu. Banyak sms yang nggak sampai ke tujuan, nyangkut entah di mana. Beneran jadi mau beralih lagi ke A* dah kalau begini keadaannya. Padahal belum sebulan ganti A*is demi internetan murah. Hix!

Sebetulnya badan lagi nggak enak juga (baca: masuk angin) buat diajak jalan. Gue pun mencoba mengikuti kebiasaan sebagian orang menghabisi weekend dengan istirahat full di kama. Tapi ternyata, makin dimanjain dengan istirahat, makin nggak sehat mental gue. Males ngapa-ngapain!

Akhirnya, setelah maksain (saking malesnya) naro cucian kotor di mesin cuci, gue putuskan sore tadi buat sepedaan ke jalan raya sambil nunggu azan maghrib. Sekalian nyicip beberapa jalan yang katanya udah mulus berkat kemurahan salah satu calon gubernur (thanx, Bu. Rajin-rajin aja nyalonin diri jadi pemimpin, biar infrastruktur terkontrol terus. Yayaya… :-))

Jalanlah, eh salah, bersepedalah gue sore tadi dengan rute: rumah-rumah kakak-jalan raya ceger-depan kampus stan-jalan warjeng-rumah kakak-rumah. Pas banget, nyampe rumah pas azan Maghrib.

Actually, bisa juga sampai rumah sebelum maghrib. Tapi sengaja gue lama-lamain dengan mencari jalan alternatf aka jalan tikus.

Usaha pertama sukses! Akhirnya gue tau bahwa ada jalan kampung menuju persis seberang gerbang kampus stan dari rumah gue. Lumayan ancur jalannya, tapi justru mantabs banget sensasinya buat menghempas rasa malas yang bercokol sejak pagi tadi dalam diri. Apalagi baut-baut sepeda mini yang beberapa sudah lepas (maklum, sepeda tua. Lungsuran pula!) bersatu dengan suara klakson (hheee, motor, kalee!) ketika melewati turunan di jalan yang rusak tanpa memegang rem, hmmm… mengasilkan harmoni suara yang dahsyat… Berisiknya! Hheee.

Tapi sayang, usaha ke-dua untuk menemukan jalan pulang dari warjeng menuju ceger, gatot! Padahal, patokan gue adalah rumah gede bak istana satu-satunya di kampung rumah gue. Waktu ngeliat gentengnya yang menjulang dari jalanan warjeng, gue yakin pasti ada jalan tembus menuju rumah itu. Ternyata, nggak selalu begitu ketentuannya. Tiga kali gue coba meraba-raba jalan kecil nan rusak sambil nanya-nanya kepada warga setempat, tettooot… Ternyata buntu, Sodara-i!

Akhirna gue nyerah… Kembali gue telusuri jalan umum menuju rumah. Sediiih, capek, ngos-ngosan, tapiii… Senang! Akhirnya bisa menutup hari dengan spontanitas…😄

6 comments

  1. Heru Nugroho · Oktober 23, 2011

    haddduuuuuhhh..pegimane nih warga Pondok Aren kagak apal jalan..

    bujug dah😀

  2. nurjanah hayati · Oktober 23, 2011

    Maklum, warga pondok aren gadungan! Aktifitas kbanyakan di Jakarta.
    Jarang keliling kampung juga, ga sempet (gaya!).

  3. 1st nas · Oktober 24, 2011

    makasih ilmu spontanitasna…(asik nih)

  4. nurjanah hayati · Oktober 24, 2011

    sami2…

  5. akuAi Semangka · Oktober 26, 2011

    ayo pake A* ajaaah😀

  6. nurjanah hayati · Oktober 26, 2011

    iya, bener2 udah tergoda setengah idup mau balik lagi ke A* n tak mau berpaling ke lain hati lagih😛

Tinggalkan Balasan

