Diantara Ali dan Umar

Wahwahwah…
Hari ini beeran banjir orang nikahan, yeesss… Nggak cuma ustadz dan artis, rakyat biasapun menyengaja memilih hari ini untuk merubah status mereka. Amazing! *Tukul modeOn

Barakallahu lakum buat para manten baru. Mudah-mudahan pemilihan perubaan status di tanggal (yang katanya) cantik 11-11-11 ini jauh dari maksud-maksud menduakan Allah, yeesss… Dan gue berbaik sangka, pemilihan tanggal ini pasti lebih karena harinya yang baik. Yakni hari Jumat. Hari rayanya ummat Islam. Sebaik-baiknya hari yang paling diberkahi. Ya, kan, para manten baru? πŸ˜‰

Yang jodohnya beloman dateng… Nggak perlu mewek, pastikan aja Allah selalu membersamai dalam masa penatian ini (menghibur diri sendiri). Yayaya? πŸ˜‰

Dan satu lagi, biarpun hari ini kesannya cuma milik manten baru, tapi tenang aja. Karena ke-Maha Baik-an Allah, para jomblowan-wati juga pasti kebagian lah nikmat-nikmat-Nya di harii ini. Dari yang sepele sampai yang gede naujubilleee. Percaya deeeh!

Kalau gue sih percaya banget! Karena selain bernafas dan buang angin masih free of charge hingga saat ini, akhirnya gue menemukan Umar kembali dalam kehidupan gue today. Yeeaaah!

(ya Allah, mudah-mudahan teman kost gue waktu kuliah nggak ada yang punya akun MP. Tolong di-amin-in doooonk… Kalau nggak, gajah makan kawat… Gawaaat! Hheee)

Uhuk, uhuk, uhuk… Emang Umar yang mana sih, Nje? Prikitiiiiwww…!

Hheee, ada deh… Cuma becanda πŸ™‚
Kesannya cari sensasi n minta diciyeh-ciyehin banget yeesss, tapi kali ini beneran nggak bermaksud barang secuilpun cari sensasi. Ini emang bener tentang kembalinya Umar di kehidupan gue. Tepatnya karakter keras bak Umar ra yang udah lama sengaja dikubur rapat-rapat dari dalam diri seorang Enje.

Fyi, gue ini banyak nurun karakter Babeh yang lumayan keras. Motto gue dulu: Gue bener lo salah. Tapi setelah kenalan dengan Rohis, gue lebih memilih untuk menampakkan karakter ceria bak Ali ra aja. Mottonya: Kalau bisa dibawa ketawa-ketiwi, kenapa harus bertampang masam ria?

Gue paling suka membuat jejaring pertemanan baru di tempat-tempat umum, macam di bis, halte, sampai musholla. Intinya, gampang deket dengan orang baru. Tapi dipilih-pilih juga orangnya.

Kayak tadi sore ketika di MM 49 yang gue naikin, ujug-ujug dateng orang gila buat ngamen. Awalnya biasa-biasa aja. Tapi ketika tuh orgil berdiri persis di samping gue, bahkan nawarin gue rokok, tarraaa… Saat itu juga gue sukses membangun jejaring pertemanan baru dengan mbak di sebelah gue. Apalagi ketika tuh orgil makin deket dan orang-orang udah banyak yang turun di stasiun Manggarai. Kami berdua sepakat untuk turun juga dan berjalan kaki hinga ke terminal Manggarai. Di sepenjang jalan itulah gue tau kalau mbak yang dipanggil Miss Lov ini berprofesi sebagai guru di MTs Istiqlal…

Dan seperti yang gue bilang, malam tadi di MM69, mendadak si (karakter) bak Umar datang menghampiri. Padahal beberapa menit yang lalu masih ketawa-ketiwi sama beberapa penulis di acara #NBday, lho…

Tepatnya ketika lagi asoy-asoynya tidur-tidur ayam melepas lelah di deret belakang MM 69. Gue mendadak terbangun dengerin percakapan antara dua orang dewasa dan dua anak kecil yang jadi kenek bis kami.
D1: Ni anak pasti abis minum. Mulutnya bau tuwak! Wajar aja galak banget sama penumpang.
D2: Pasti, Bang… Anak Jakarta mah parah-parah!
D1: Lo abis minum, kan?
A1: Nggak, Bang…
D1: Ah, nggak mungkin. Pasti lo dikasih tuwak sama supir. Kalau nggak, nggak mungkin banget lo berani sama orang gede.
D2: Tau lo, jangan galak-galak sama orang tua. Kuwalat!

Gue sengaja banget curi denger percakapan mereka. Awalnya gue pikir lumayan, kali dapet inspirasi buat nulis tentang anak jalanan. Bahkan ada satu percakapan yang menggelitik gue.

D1: Di Senen tuh parah banget. Anak-anak jalanannya banyak yang ngelem. Abis itu mereka pada nongkrong-nongkrong di halte ngeliatin cewek-cewek. Mereka kan kalau abis ngelem HALuNISASI-nya tinggi banget tuh!

Hwkkk… Dalem hati gue ketawa ngakak. Halusinasi, kaleee! Bukan HALuNISASI!

Sampai di 3/4 percakapan mereka, tiba-tiba si Umar muncul tiba-tiba. Beraksi dengan gaharnya!

D1: Eh, lo mau gue kasi aibon? Gue kasih gratis. Setengah jam lo ngelem dah bareng-bareng…
A1: Saya mah udah nggak ngelem, Bang. Dia tuh…
A2: Emang ngelem apaan?
D1: Ngelem tuh pake aibon. Lo isep-isep dah tuh. Enak, berasa terbang! Mau nggak?

Beneran panas kuping gue dengernya. Sumpe deh nih orang… Sesat sat sat sat! Ngak tau dapet ilham dari mana, gue balik badan.
Gue: Heh, Mas… Anak kecil udah nggak bener malah diajarin nggak bener! Parah lo, Mas!
D2: Tuh dimarahin tuh, Bang..
D1: Heh, dimarahin gue…
Gue: Anak kecil kok diajarin nggak bener!

Nggak sampe di situ, di dalam hati lebih parah lagi. Abis gue maki-maki tuh orang.
Gue: Dasar nggak bener. Ngomong halusinasi aja masih nggak becus, ngerusakin anak orang! Blablabla… (catet: cuma di dalam hati!).

Sampe tuh orang turun, tiba-tiba si D2 ngajak ngobrol gue dari kursi tepat di belakang gue.
D2: Maklum, Mbak… Orang terminal! Nggak ada yang bener! Preman!

Wooot! Gue bentak-bentak preman? Astaghfirullah, untung nggak balik bentak tuh orang… Fyuuuh, thanx, Allah…

Sepanjang sisa perjalanan, gue merenungi semua kejadian di MM69. Kok bisa ya gue seberani itu? Gimana kalau tuh orang balik bentak gue di hadapan para penumpang lain? Bisa berabeee… Bakal menciut pastinya gue.

Then gue banyak bersukur dan berharap, mudah-mudahan tingkah sok keras gue terhadap tuh preman bukan karena emosi belaka, tapi lebih kepada ke-nggak rela-an dengan permasalahan ummat. Seperti Umar yang nggak pernah rela Islam dihina sedikitpun dan nggak pernah rela kezholiman merajalela. Aamiin, ya Allah. Mudah-mudahan, yeesss…

Eheheh… Kali ini beneran nggak nyambung abis antara pembuka dengan cerita yang sesungguhnya. Hheee, tolong jangan dimaki. XD

Iklan

15 comments

  1. Nobi Nobita · November 11, 2011

    ngimpi apa aye semalem..
    *blm ngimpi dink,blm tdr kg* Kasian umarnya nih.. Masa disamainnya sm nurje sih..

  2. nurjanah hayati · November 11, 2011

    Lag lah lah… Siapa yg nyamain? Kan dibilang, karakter keras bak Umar… *ngeles

  3. Aditya Nugroho · November 11, 2011

    seru banget ya! πŸ˜€ numpang komen ah…

    Di antara tanda cinta kepada Allah. Satu pelajaran dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah tentang masalah iman mengenai tanda cinta pada Allah. Beliau, Abul β€˜Abbas Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan, “Cinta pada Allah dan Rasul-Nya telah ada dalam hati setiap orang beriman. Tidak mungkin seseorang menghilangkan rasa cinta tersebut jika memang ia adalah orang yang beriman. Tanda cinta pada Allah dan Rasul-Nya begitu nampak jika ada seseorang yang mencela Rasul dan menjelek-jelekkannya, atau ada orang yang mencaci maki Allah atau menyebut tentang Allah dengan sesuatu yang tidak pantas. Maka orang beriman akan benci dengan hal-hal tadi. Kebenciannya tersebut lebih besar dari kebenciannya ketika ayah atau ibunya dicaci maki.” (Majmu’ Al Fatawa, Ibnu Taimiyah, Darul Wafa’, 16/343)

  4. nurjanah hayati · November 11, 2011

    Thanx komennya…

    Klw aye konteksny kan ga ada yg caci maki Allah n rasul-Nya. Gmn tuh? Keimanan bkn? πŸ˜›

  5. Aditya Nugroho · November 12, 2011

    seluruh landasan amal perbuatan kita harus dirujukan kepada kalimat tauhid bukan? πŸ™‚

  6. nurjanah hayati · November 12, 2011

    Oh, yayaya…
    Walopun agak krg mudeng. Bahasanya langitan o_O

  7. Rin Sakura · November 12, 2011

    kali ini angguk2 aja deh lg g punya kripik πŸ™‚

  8. nurjanah hayati · November 12, 2011

    Masa ga punya kripik? Bukan Mbak Rin banget πŸ˜‰

    Ayo donk, ditunggu kripiknya. Titik. *maksa

  9. Rin Sakura · November 12, 2011

    lg g pengen kasih kripik malah maksa, yo wes klo hasilnya jelek salahkan yg nulis ya jgn salahin yg punya muka (mksdnya???) πŸ˜›

    sperti yg tertulis “Kali ini beneran nggak nyambung abis antara pembuka dengan cerita yang sesungguhnya. Hheee, tolong jangan dimaki ” sang penulis sendiri sadar klo kali ini buat tulisan yg nyambung, so sebagai one of your medium fans yg beberapa kali nongkrongin 'supermarket' ini said 'iya niy tumben enje buat tulisan gejenya g kayak biasanya, yg meskipun geje tp tetap mengalir (aer kale) dari ke-gejeannya hingga masuk ke inti cerita, tp kali ini sisi serius dari sesosok enje yg ingin di tampilkan spertinya (sotoy mode On).
    and gw br ngeh klo D itu mksdnya Dewasa dan A itu mksdnya Anak maklum faktor usia kali y πŸ˜€
    eniwey gw masih tetep jadi medium fansnya supermarket giant yg geje ini koq πŸ™‚

  10. nurjanah hayati · November 12, 2011

    Mantafff… Ini baru temen…
    Xiexie…

    Iya nih, nulisnya masih dlm rangka esmosi atas insiden di atas bis πŸ™‚

  11. Rin Sakura · November 12, 2011

    dou itashimashite πŸ˜€

  12. nurjanah hayati · November 12, 2011

    Jangan pake bahasa planet, pliiis 😦
    Artinya artinya artinya… πŸ™‚

  13. nurjanah hayati · November 12, 2011

    Jangan pake bahasa planet, pliiis 😦
    Artinya artinya artinya… πŸ™‚

  14. Rin Sakura · November 12, 2011

    ini bkn bhs planet, tp bhs zimbabwe ;D
    you're welcome πŸ™‚

  15. nurjanah hayati · November 12, 2011

    Oiya, lupa… Mbak rin kan orang zimbabwe πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s