Aji Mumpung

“Ah, aji mumpung banget tuh Rapih Amat dkk di BBB. Artis mah artis aja, pake merambah dunia tairik tambang, eh tarik suara segala! Beruntung aja mereka punya tampang kece. Padahal mah suara pas-pasan! Masih mending suara gue deeeh!”

“Itu liat tuh si Ogah Saputra… Semua stasiun teve dibabat sama doi. Ngelawak, nge-mc, eh nyanyi juga!”

“Si Markonah Guratno juga sama. Main film sih pinter, eh sok-sokan nulis buku pula. Mending kalo ditulis sendiri. Lah ini pake ghost writer! Jual nama doank…”

Pernah ngeluarin statement dengan nada sejenis?
Gue sih yakin sangat MPman MPwati yang baik hati nggak pernah lah yeesss… Ini mungkin statement orang-orang di pedalaman Zimbabwe sono yang gue pernah mendengarnya. Mungkin.

Beberapa dari mereka mencibir orang-orang sukses di bidang tertentu (biasanya sih artis) yang mencoba bidang lain yang bukan bidangnya. Segala cercaan sinis terlempar dari mulut mereka. Dan yang paling diuntungkan dalam kasus ini adalah si Aji! Inget: bukan Aji Massaid, karena harom ngomongin orang yang udah meninggal. Ini Aji Mumpung, yang disebut-sebuuut terus namanya. Eh tapi doi dirugikan juga dink. Nama baiknya tercoreng gegara diidentikkan dengan hal-hal yang keduniawian terus. Kalau doi bisa ngomong, mungkin bakal berujar: Wooot wrong meee (baca: apa salah gueee)? *Cup cup, sabar ya, Aji…

Padahal juga, kalau dipikir-pikir, so lo gitu what? Hidup juga hidup mereka. Sukses nggaknya nggak ada urusan juga sama yang ngomongin. Yang ada kebagian makan bangkai mereka, kaleee! (You know what I mean?). Lagian, gue piki-pikir, si Aji mumpung nggak selamanya salah deh…

Bikooos… Kadang bahkan sering kita juga kudu meniru rumus jitu Aji Mumpung ala artis Indonesia. Tapi eh tapi, noted: bukan yang sifatnya duniawi, lho…! Biar ada bedanya dengan mereka, mending kita pake rumus Aji Pangestu, eh Aji Mumpung buat hal-hal yang sifatnya investasi menuju Jannah-Nya yang pasti. Yeeaaah! *uhuk3, bahasanya berat beudh!

Kamsudnyah, pernah nggak berada di masa-masa iman lagi turun? Ibadah berat banget. Boro-boro yang sunnah, yang wajib aja keteteran! Pernah, pernah, pernah?

Kalau pernah, alhamdulillah lo beneran manusia. Kalau nggak, alias imannya senantiasa bertengger di poool position, gue jadi bingung… Itu orang apa mahluk ghoib, sih? *malaikat ya maksudnya…

Oiya, yang ngaku manusia sejati, pernah juga pastinya merasakan betapa enyaknya kala iman membuncah di dada. Ibadah berasa enteng bin lezat. Tiap zikir bada sholat, bawaannya mau muhasabah terus. Dhuha delapan rokaat mah gampil! Sholat wajib juga jangan tanya deh. Kalau shubuh boleh 8 rakaat, dijabanin dah… *eh?!* Dll yang mengindikasi iman lagi oke punya.

Nah nah nah, gimana rasanya? Enak buanget, yeesss… Sesuatu, berasa sorga di depan mata!

Di sini nih rumus Aji Mumpung kudu kita pakai. Mumpung lagi semangat holat dhuha, semangat nambah kuantitasnya aaah. Mumpung lagi semangat baca Qur’an, kenapa nggak sekalian ngafalin juga? Mumpung lagi rajin puasa Senin-Kamis, minggu depan belajar puasa Dawud, aaaah. Mumpung lagi semangat nge-blog, kenapa engak nyelipin kebaikan di dalamnya walau cuma stu kata? Tujuannya jelas, biar iman nggak cepet-cepet balik ke posisi buncit, gituuuh!

Dan dahsyatnya, kalau pake rumus Aji Mumpung buat hal-hal kayak beginian, selain tiket ke surga makin nyata di depan mata, biasanya kita jadi muslim punya selera, lho! Misal, kalau keimanan Markonah dan Munaroh lagi meluncur ke bawah, cuma kuat beribadah yang wajib-wajib aja. Sunnah mah nyerah dah! Sedang kita yang biasa ber-Aji Mumpung ria ketika iman lgi naik-naiknya, giliran keimanan turun, ibadah sunnah mah no problem, tuh! Palingan kuantitasnya aja yang sedikit meluncur.

So, masih mau mencibir si Aji Mumpung?

Ya enggak lah yeesss…
Buat yang Imannya lagi poool, cobain dh pake rumus Aji Mumpung… Dijamin yahud! Dan buat yan imannya lagi ngerangkak-rangkak, buruan bangun n cicipi sedikit aja rumus ini. Nggak sesulit fisika, kok… Percaya deh!😉

15 comments

  1. Heru Nugroho · November 18, 2011

    Si mpok bisa aje!

    Jadi calon'y namanya Aji?

    *eh?

  2. nurjanah hayati · November 18, 2011

    Mo tawuuuuuuu ajeh!😉

  3. li4h Lia · November 19, 2011

    *manggut-manggut*

  4. nurjanah hayati · November 19, 2011

    Manggut-manggut tanda…
    a. Tak tahu
    b. Ngantuk😛

  5. li4h Lia · November 19, 2011

    hehehe.. ini terpesona sm kebisaan Enje, smp ga bs komen jadi manggut2 aje.

  6. Ina Chan · November 19, 2011

    gosip atau fakta nih, ka nj??😀

    salam buat si bang Aji ya, ka.. semoga selalu setia menemani.. *ihiy😀

  7. nurjanah hayati · November 19, 2011

    Mbak liah: hmmm… Manggut-manggut juga.

    Ina: emang si Tsaqqif kek gitu, Na… Ngiri kayaknya belom dpt calon😉

  8. Heru Nugroho · November 20, 2011

    beuh! *ngajaktawuran

  9. nurjanah hayati · November 21, 2011

    eh, dia berani sama anak 6? Wartawan aja dibantai! Gahar!😛

  10. Heru Nugroho · November 21, 2011

    😀

    :ngakak

  11. nurjanah hayati · November 21, 2011

    Geje!
    *cemberut

  12. Prita Permatadinata · Desember 24, 2011

    Aji mumpung itu baik… memanfaatkan kesempatan ;p hehe… Kalo dipikir-pikir, sayang juga sih kalo ada kesempatan duren jatoh kayak gitu diabaikan aja? Mubazir..

  13. nurjanah hayati · Desember 24, 2011

    yep, sepokat… asal buat yg baik2, bukan begetoh, Miss Prita?😛

  14. Prita Permatadinata · Desember 26, 2011

    Tentu (y) aji mumpung itu pintu rejeki banget

  15. nurjanah hayati · Desember 26, 2011

    ^___^b

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s