Buat yang Terus "Dibalap"

Bagi sebagian wanita, kehidupan pasca SMA atau kampus boleh dibilang menjadi ajang balapan termasyhur laiknya MotoGP. Seperti si bau kencur The Doctor waktu kali pertama bertengger di podium teratas ngalahin seniornya sekelas Max Biagi dan Gerry Mc Coy. Beuwh…

Bagi seniornya, kehadiran bocah ajaib itu so pasti membawa petaka. Posisi mereka bakal terancam! Tapi dalam pertandingan manapun, faktor U nggak selamanya menjamin kemenangan. Yang mampu menuju level puncak lebih dulu, pasti doi yang bakal jadi pemenangnya. Meskipun anak ingusan sekalipun.

Sama… Dalam dunia wanita juga begitu. Siapa yang jodohnya dateng duluan, meskipun secara persiapan masih pas-pasan, ya harus menyambut jodohnya. Mau dia umurnya masih 19 tahun atau baru lulus bangku SMA, hajar, bleh! Sebaliknya, mau udah siap kayak apapun, kalau jodohnya beloman dateng, apa mau dikata? Dikata mau apa? Mau apa dikata? Hheee…

Mungkin bedanya sama MotoGP, dalak hal ini yang duluan beloman tentu dialah pemenangnya. Yang duluan, nggak selamanya yang terbaik. Bisa jadi Allah ngasih jalan Si A buat nikah muda biar jadi pelajaran bagi teman-teman di sekelilingnya. Bahwa nikah bukan perkara sudah berapa buku tentang pernikahan yang sudah habis ilahap. Bahwa nikah nggak melulu soal suka cita, tapijuga duka lara. Bahwa nikah bukan perkara dua manusia, tapi juga dua keluarga. Intinya, nikah itu seperti permen yang rasanya manis asam asin. So, nggak perlu ngiri atau apalah namanya sama mereka yang ngebalap. Justru bersyukur karena ada satu lagi objek observasi kecil-kecilan kita buat bekal berkeluarga nanti. Hheee…

Persis kayak yang terjadi sama Markonah beberapa minggu kemarin. Sebagai seorang wanita biasa seperti kita-kita, doi juga ngalamin giimana rasanya dibalap sama teman-teman yang usianya di bawah doi. Padahal kalau dipikir-pikir, doi hampir nggak ada beda dengan mereka. Eh, kecuali satu ding: rupa Markonah yang pas-pasan! (Mudah-mudaan orangnya nggak baca ini, ya Allah…) Maklum, kata salah satu teman Markonah, cowok waras bin soleh jaman sekarang, tetep aja numero uno-nya ya rupa. Noted: ini yang ngomong cowok waras, lho!

Waktu si Markon curhat ke gue, doi bilang, “Gimana ya, Nje, kiri kanan udah pada nikah. Adek kelas udah pada maju satu demi satu. Lah gue? Wajar donk kalo gue juga pengen mempersegerekan?! Secara umur juga udah waktunya!”

O ow, sebagai teman sebayanya, gue mengerti sangad lah gimana perasaan doi. Karena gue juga hampir mengalami hal serupa. Tapi untungnya, sesuatu deh! Sebelum masa itu tiba, Allah mempertemukan gue dengan temen yang sudah berkeluarga dan mewasiatkani ini, “Gue juga melakukan proses lebih dari lima kali dalam kurun waktu tiga tahun. Waktu itu temen kampus udah pada nikah semua. Keluarga juga udah bantu ikhtiar. Tapi mau gimana lagi Kalau belom ada yang jodoh?! Prinsip gue waktu itu cuma satu: gue ga bakalan mempercepat nikah cuma gegara teman-teman sudah banyak yang nikah! Yang penting gue deketin Allah terus biar Doi selalu menyertai masa penantian ini.”

Beuwh… Mantagff kan temen gue? Emang bener yak! Sering kita ngelakuin sesuatu diniatinnya demi orang lain. Mau lanjut study ke luar negeri karena yang lain udah pada duluan ke sana. Atau nggak, lulus kuliah harus langsung kerja di kantoran sesuai bidangnya. Dan yang paling parah ya itu tadi: harus cepet-cepet nikah karena kiri kanan depan belakang udah pada nikah. Ckckck… Fatal banget! Bisa-bisa nekad lewat jalur belakang itu!

Nah, mulai sekarang…
Buat Markonah Rangers yang enantiasa “dibalap”, mari rapatkan barisan dan senandungkan, “buat apa susah, buat apa susah, susah itu tak ada gunanya…”. Isi hari-hari dengan segala sesuatu yang terus meningkatkan kapasitas diri. Sepakat?!😉

*maaf ya, Markon… Ssekali lagi maafknlah… InsyAllah identitasmu nggak kan terbongkar🙂
*Tulisan yang kelupaan diposting😄

32 comments

  1. li4h Lia · Desember 7, 2011

    Markonah ato Nurjanah? Eh, kayanya sih Awaliah (gw maksudnya) hakahakahak *ketawagaringmerasatersindir*

  2. mashita patriotika · Desember 7, 2011

    saya juga sedang dalam masa2 kaya gitu… senengnya ada yg senasib… hehe…

  3. Rin Sakura · Desember 7, 2011

    lama2 gw hafal juga ama tabiatnya enje, baru baca judulnya gw dah bisa nebak isi ni artikel. btw kykna salah satu penggemar Rossi ni😛
    Sebagai markonah rangers aq faham bagaimana rasanya, setuju sama nasehat temennya ijah itu walaupun masih terus berusaha🙂
    and you know what jah? while i'm reading your article, there's a lyric of a song written like this “who says you're not pretty, who says you're not beautiful. you've got every right to a beautiful life”😀

  4. cool izmi · Desember 7, 2011

    numpang share ya mbak🙂
    keren

  5. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    mbak Liah: TOlong jangan buat gosip di lapak ini, pliiiiss😛
    ga maksud nyindir, lho! Ini menuliskan curhatan Markonah ajah (n gue juga sedikit). Ixixixix…😛

    Patriotika: jadi… Markonah Rangers juga nih yeesss?🙂

    Mbak Rin: tabiat apa dah? Yang udah tau tolong diem2 aja, yeesss😛
    Eniwey, Ijah itu siapa pula…? Dari awal sampe akhir ga ada nama Ijah, perasaano_O
    “you've got every right to a beautiful life” ini spekota sekali duakali tigakali empatkali, dst…! hhee

    anakmarkaz: sila, sila dishare😀

  6. Rin Sakura · Desember 7, 2011

    diem mode on😛
    ijah a.k.a enje, abisan gw lupa aliasnya penulis siapa, seringnya si markonah tetangga sebelah mulu yg di sebut😛

  7. Mudhalifana "pia" Haruddin · Desember 7, 2011

    the doctor udah lewattt…sekarang jamannya stoner ;-p

  8. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    mbak Rin: sip deh… diem2 aja yeesss😛
    owenje, nama bagus2 Enje, malah diganti Ijah… Ckckck… Kejahatan menjelang akhir tahuno_O
    Akan tiba masanya, Markonah menjadi sosok berjaya dan mendunia! Hheee…

    Mba Phia: Itu dia bedanya, Mbak… Klw sekarang yang rajin naik podium kan yang muda2. Kalau ROssi dulu menggebrak yang tua2. Bener2 mantafff!😀

  9. susie ncuss · Desember 7, 2011

    ngakak gue Nje,
    markonah rangers..
    =))

  10. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    Plis, Ncus… Jangan gede2 donk… Ujan lokal, nih😄

  11. susie ncuss · Desember 7, 2011

    -_____-“

  12. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    ayolah Ncus… buat apa susah? susah itu tak ada gunanya… *eh?!😛

  13. Rin Sakura · Desember 7, 2011

    markonah tidak akan berjaya tanpa jasa ijah di belakangnya #eh

  14. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    plis, Mbak RIn, pliiiisss…
    dont call me Ijah…o_O

  15. Rin Sakura · Desember 7, 2011

    baiklah kalau begitu munaroh saja y😀

  16. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    eeaaa… Katie Holmes aja deh… Kali jodohnya ntar mirip2 kek Om Tom versi muslim. Hheee, ngareb!😛

  17. Rin Sakura · Desember 7, 2011

    yakin mo kayak katie holmes yg kemana2 selalu di incer mamarazi and punya suami yg di 'demenin' sama hampir semua kaum hawa di se antero TV, klo gw sih ogah😀 mendingan yg biasa2 aja, biasa gantengnya, biasa kayanya hehe

  18. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    eheheh, iya juga…
    ga jadi deh, yang soleh n tanggung jawab aja. hhee…😛

  19. Rin Sakura · Desember 7, 2011

    serambutan (musim rambutan g musim alpokat :P)

  20. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    Ixixix… doi ngelawak menjelang Isya😛

  21. li4h Lia · Desember 7, 2011

    Baiklah Adik Enje, saya tak akan membuat fitnah ;p Btw, masih ada gak ya orang yg namain anaknya Markonah, Sarinah, perasaan nama itu langka amat. Jgn2 tar Markonah cm bisa ditemui di ceritanya Enje.

  22. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    siiip… dunia aman dan damai tanpa pitnah. Hhee…

    Nah, itu dia uniknya! membumikan nama jadul di tengah nama anak2 yang makin kebarat-baratan😛

  23. li4h Lia · Desember 7, 2011

    Okeh deh, jadi anak Enje nanti namanya Markonah ya? Sip..sip :p

  24. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    Kir pikir dulu lah. Rembukan sama babehnya tuh anak. Ixixixix…😄

  25. li4h Lia · Desember 7, 2011

    😀

  26. nurjanah hayati · Desember 7, 2011

    Jago ngeles ya gue😛

  27. li4h Lia · Desember 7, 2011

    Insyaallah nanti anaknya lebih pinter lagi, Nje :p

  28. 4gnez' Bike · Desember 7, 2011

    mbak nur, saya jg ijin share ya, bagus banget nih tulisannya
    n salam kenal🙂

  29. nurjanah hayati · Desember 8, 2011

    yep yep, Mbak Agnes. Sila dishare🙂

    Salam kenal juga… thanx udah sudi mampir😛

  30. nurjanah hayati · Desember 8, 2011

    Mbak liah: maksud, lebih pinter ngeles?! -,-“

  31. li4h Lia · Desember 8, 2011

    Wkwkwk.. semoga sih pinter ngeles/menghindar dari kebatilan ya Nje. Amin🙂

  32. nurjanah hayati · Desember 8, 2011

    Yg jelas kudu lebih soleh n solehah dr emak babehnye😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s