Cadasss… Ciledug Meledug!

Setelah Mesir, Libya dan beberapa negara Timur Tengah, kini giliran Ciledug yang meledug, eh bergejolak. Yeah, Rock Ciledugers!

Malam ini (14/12/11) akan menjadi saksi sejarah bagaimana keberanian rakyat Ciledug melawan kesewenang-wenangan pihak Metro Mini 69 terhadap para penumpangnya.

Bayangin… Setelah mereka capek-capek berjibaku seharian dengan aktivitas Jakarta dan berharap dapat menyandarkan tubuh barang sejenak dalam besi orange (MM69), di setengah perjalanan (Cipulir sampai Kreo) dengan semena-mena ey ey, para supir dan kenek MM69 zolim itu menyuruh para penumpangnya turun dan pindah ke angkutan lain.

Mending kalau angkutan lainnya itu kosong, lah kalau penuh… Mereka pun harus berdiri mau nggak mau. Belum lagi kalau macet tak kunjung usai, semakin berlipatlipatlah kecapekan mereka. And you know… Kejadian ini berlangsung hampir tiap hari!

Ini pastinya akumulasi kekecewaan mereka terhadap super duper buruknya pelayanan yang diberikan. Setelah selama ini mereka hanya dapat ngedumel baik secara munfarid maupun berjamaah, dumelan itupun akhirnya meledug juga.

Antara sedih dan bahagia gue melihat kenyataan ini. Bahagia karena akhirnya kesewenangan MM69 dapat terkalahkan. Sedih karena saat kejadian gue hanya berada di posisi penonton. Aaargh!

Padahal, pernah satu dua kali gue memimpin pergerakan ini. Waktu itu gue jadi korban penurunan secara paksa bersama belasan penumpang lain. Sebelum semua penumpang menurut turun dengan setengah hati, gue berdiri mendahului sambil (sok) berkoar memprovokasi di depan pintu depan, ngajak penumpang lain untuk nggak menuruti pekataan si kenek.

“Jangan mau pindah, Bapak-bapak Ibu-ibu. Tadi bilangnya sampe Ciledug, sekarang malah kita disuruh turun di tengah jalan. Seenaknya aja mereka!”

Alamdulillah waktu itu ada satu dua yang dukung aksi (sok) jagoan gue, sebenarnya.

“Iya, jangan mau, Pak Bu!”

“Tau nih, kebiasaan. Kurang ajar mereka! Duduk lagi aja, jangan mau turun!”

Tapi apa lacur, biar kata pada nggak suka dengan penindasan dan kesewenang-wenanan ini, kebanyakan penumpang masih juga nurut (apa takut?) dengan gertakan khas supir dan kenek MM69.

“Kosong itu, Pak Bu, bis yang belakang. Ayo cepat turun! Kita mau muter balik kejar setoran!”

“Bah, nyebelin! Liat aja pembalasan gue!” dumel gue dalam hati, kala itu.

Dan tarraaa…
Kini kedongkolan gue terbayarkan sudah. Di depan mata kepala gue, belasan penumpang yang terdiri dari beberapa elemen (ibu-ibu, bapak-bapak, om-om, anak muda) bersatu padu melawan kesongongan kenek bis yang mereka naikin (bis di depan bis gue).

Tiga kata buat mereka: Amazing! Great! Cool!
Di tengah jalan, tanpa dikomandoi mereka membagi tugas perlawanan malam tadi. Beberapa Bapak meladeni adu mulut dengan sang kenek songong hingga nyaris terjadi adu fisik. Beberapa Bapak dan ibu ada yang membuat panas suasana hingga menyulut emosi penumpang di dalam bis yang gue naikin. Beberapa ibu lagi teriak-teriak heroik memarahi supir bis yang gue naikin agar nggak ngangkut mereka.

Dan sukses ses ses! Bis yang sudah muter balik ke arah blok M, itu muter kembali ke arah Ciledug. Yeaaahhh! Prok prok prok!

Baru kali ini gue ngeliat lunturnya kepongahan supir n bis MM69. Kalau biasa mereka membentak dan memperlakukan penumpang layaknya anak-anak yang bisa dimarahi seenak udelnya, kini mereka diam seribu bahasa dengan tampang kalahnya.

Bukan hanya supir n kenek bis di depan gue, tapi juga supir n kenek di bis yang gue taiki. Sepanjang Cipulir-Kreo, tak henti-hentinya kami mengomentari peristiwa pemberontakan itu.

“Rasain! Emang harus digituin sekali kali. Biar nggak nurunin penumpang lagi seenaknya!”

“Haha… Emang enak! Pelajaran buat supir-supir yang lain. Jangan semena-mena sama penumpang! Dikira kita nggak bisa ngelawan?!”

Dll koor makian dari bibir penumpang MM69 yang gue naikin. Dan supirnya… Manyun, Sodara-sodara!”

*curcolan malam pengguna MM69 yang sering dizolimi😄

15 comments

  1. Heru Nugroho · Desember 14, 2011

    besok2 bawa pasukan lah mpok, ente masuk nyang mane? FBR? Forkabi? Kembang Latar?😀

  2. Yandri Mahaldy Z · Desember 14, 2011

    jangan2 emang dapet supir yg baik mbak e :p

  3. nurjanah hayati · Desember 14, 2011

    Tsaqqif: heuw… Sori ya! Keliarga gue ga ada yg ikut gitu2an gitu loh! Apaan tuh? Organisasi geje!
    Forum Begaj*lan R*seh!
    Forum Ka*ak Bi*d*b!
    Hheee… Sori kasar. Kesel smp keubun-ubun klw denger 2 nama itu.😛

    Yandri: maksud?🙂

  4. Mudhalifana "pia" Haruddin · Desember 14, 2011

    Wah, nurje menggila, atuuut:-P

  5. Mudhalifana "pia" Haruddin · Desember 14, 2011

    Wah, nurje meledug, atuuut:-P

  6. Mudhalifana "pia" Haruddin · Desember 14, 2011

    Maaf ye, 3x.

  7. nurjanah hayati · Desember 15, 2011

    never mind, Mbak Pia…
    kalau di Jakarta ga meledug (liat kondisi), diinjek0injek sama orang🙂

    Jakarta adalah rimba! *halah, lebay tuenan😛

  8. Mudhalifana "pia" Haruddin · Desember 15, 2011

    pengumuman lomba xl,
    http://xl.co.id/InfoXL/PemenangMenulisBlogXL
    numpang OOT^^

  9. nurjanah hayati · Desember 15, 2011

    sip dah… xiexie pengumumannya. Hhee, udah liat. Belom menang, euy! Entar kali kalau hadiahnya Honda CR-V *pede lu, Nje!😛

  10. Mudhalifana "pia" Haruddin · Desember 15, 2011

    Tu ada kontes blog lg, yg voa.
    Sapatw kali ini menang,
    Semangka!

  11. nurjanah hayati · Desember 15, 2011

    sip dah…
    ada link-nya ga, Mbak?🙂

  12. Mudhalifana "pia" Haruddin · Desember 15, 2011

    @voaindonesia liat webnya disitu

  13. nurjanah hayati · Desember 15, 2011

    sip sip. thanx bertubi-tubi, Mbak Pia🙂

  14. Yandri Mahaldy Z · Desember 15, 2011

    iya, maksudnya, mungkin aja lagi pas dapet supir yg agak baik, makanya dia mau aja di “demo”. Kalo supir dan keneknya yang keras pula, ga tau deh gimana hasilnya😀
    hehe
    eh, tapi saya ga dukung supirnya ya… *takut didemo :p

  15. nurjanah hayati · Desember 15, 2011

    ga… keneknya udah ngotot sampe urat lehernya keliatan *pitnah!😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s