Ditampar Itu Sakit, Jendral!

Hai hai hai, MPman MPwati…
Lama nggak ‘ketemu’ di MPland, mumpung lagi di hari Jumat, gue ingin menyapa kalian dengan sapaan ukhrowi:

Apa kabar iman?
Sudah baca surat al-Kahfi, kah?
Yang belum… Ayo baca, mumpung maghrib masih beberapa jam lagi. ^__^

Mong-ngomong… Kalian pernah nggak ngerasain ditampar oleh orang yang lebih muda usianya dari kita? Bukan ditampar dalam arti yang sebenarnya, lho… Tapi ditampar dalam artian mendapat pelajaran dari tingkah mereka. Pernah, pernah, pernah?

Pasti pernah deh gue yakin seyakin yakinnya. Alhamdulillah, di Jumat pagi ini, gue pun ditampar oleh 2 anak SMP di atas kereta. Sakit! Malluuu! ):

Melihat polah mereka yang ketakutan karena nggak beli karcis, memori gue melayang ke awal-awal masa kuliah dulu. Tepatnya waktu lagi sengamaaat banget jadi pengajar di salah satu rumah singgah di bilangan stasiun Depok Baru.

Dua anak SMP ini ketakutannya setengah mati. Sampai mereka hampir memutuskan buat turun di tengah perjalanan ketika kereta lagi melaju lumayan kencang. Untung ada seorang bapak yang menarik-narik tangan mereka untuk mencegah aksi nekat itu.

‘Bahaya, kereta belom berhenti!’ kata si Bapak.
‘Lepasin! Ntar kita ditangkep, Pak!’ balas salah satu dari mereka.
‘JANGAN! Tunggu kereta berhenti, baru turun!’

Beda sama gue dulu. Kalau mereka ketakutan banget naik kereta tanpa karcis, gue sama teman-teman malah cekikikan waktu lari-lari ke gerbong paling belakang demi mnghindari petugas. Bahkan gue mikirnya itu adalah uji nyali yqng lumayan seru! Huh, payah, yeesss!

Yah, bukannya kami pelit, lho… Masalahnya, untuk mencapai rumah singgah tersebut, cuma ngelewatin satu stasiun (Pondok China-Depok Baru). Kan deket banget. Sayang aja gituh, 1500 rupiah begitu berarti buat anak kost macam kami. Hhiii.

Alhamdulillahnya, ketidakjujuran kami cuma berlangsung beberapa kali aja, kok. Selanjutnya kami sadar, niat baik (ngajar di rumah singgah) kudu ditempuh dengan cara yang baik pula. Kalau di-matematika-kan, naik kereta nggak beli karcis sama dengan -1, ngajar di rumah singgah sama dengan +1, berarti 0 besar donk yang kami lakukan kemarin-kemarin. Eh minus tenaga juga dink -,-

Nah, the big problem yang membuat gue merasa tertampar bolak-balik kiri-kanan adalah… Kok bisa ya, gue yang udah kuliah (di negeri dengan jalan yang mulus pula) telat kesadaran untuk jujur. Sementara mereka yang masih SMP, takut banget dengan ketidakjujuran. Padahal juga, karcis KRL jaman sekarang lebih mahal walaupun cuma beda 500rupiah ^__^v.

Hheee… Tapi sekarang insyaAllah udah nggak, kok. Selalu bayar kalau naik kereta. (:

Wokeh, sekian dulu pelajaran ttg kejujuran pagi ini. Hikmah itu emang nggak selalu berasal dari orang tua atau buku yang tebalnya naujubileee. Hikmah itu terseak buat orang beriman, rait?

Sebagai penutup… Izinkan gue menyapa kalian dengan sapaan duniawi penuh kesolidaritasan:

‘Yang single mana suaranyaaaaaaaaa?’
‘La tahzan wa la takhof, bergembiralah lah lah lah…!’

*ending yang merusak😄

16 comments

  1. Ina Chan · Maret 16, 2012

    ahahaha, suka sama penutupnya..😀

  2. nurjanah hayati · Maret 16, 2012

    hhaaa… ina gitu lho😛

  3. li4h Lia · Maret 16, 2012

    Haadiir!
    Ckckck.. Trnyt suka ga bayar karcis dulunya.. Tp dulu mah emang gampang banget klo mau gak bayar *lho*

  4. Mudhalifana "pia" Haruddin · Maret 16, 2012

    wah, saat masih sekolah dulu, ga berani bayar pake ongkos kurang, seringnya siy jalan kaki..hhihihi..

    Ah, nurje, diakhiri dengan balada single..yang laen dong…ganda campuran, kan habis menang tuh di All england ;P

  5. Afifah Thahirah · Maret 16, 2012

    hihi xD
    jfs ya telah menghibur d hr jumat.

  6. nurjanah hayati · Maret 16, 2012

    mbak liah: selalu hadir kalau ditanya dengan pertanyaan terakhir… gut gut gut ^__^
    mba pia: wah, jujur bener. manteb!🙂
    okd… 'yang suka sama Butet mana suaranyaaaaa?'
    'guuueeeee!' #jawabsendiri😛

    afifah: hooo… single juga tho?😛

  7. Heru Nugroho · Maret 16, 2012

    Ah, mpok enje nongol lagi…

  8. nurjanah hayati · Maret 16, 2012

    eh Tsaqqif komen lagi (:

  9. li4h Lia · Maret 16, 2012

    Hehe..pdhl pengennya sih diem aja Nje😀

  10. Mudhalifana "pia" Haruddin · Maret 16, 2012

    gimana yah nurje, soalnya waktu sekolah dulu, di kampung. Ga banyak angkutan, bisanya jalan kaki..hehehe

  11. nurjanah hayati · Maret 16, 2012

    Jiiaaahhh… Capede -,- dicabut statement awal aye deh. Hheee

  12. nurjanah hayati · Maret 16, 2012

    Mba liah: tapi apa daya, ya, Mbak… Selal kepancing. Ckikikik😄

  13. li4h Lia · Maret 16, 2012

    Tp apa daya begitulah kenyataannya hahaha😀

  14. nurjanah hayati · Maret 16, 2012

    Tapi apa daya ternyata kita senasib *toosss (:

  15. Rin Sakura · Maret 21, 2012

    tumben kali ini curcolnya singkat, biasanya sampe bikin mata puyeng😛
    pengalaman g bayar kykna blm pernah deh, jarang naek kereta😀
    iye, aye single ngacung😛

  16. nurjanah hayati · Maret 21, 2012

    singkat: soale ditulis di atas kereta n bis. sebentar lagi sampe kantor, jadi disudahin aja #halasan🙂

    biasa naik pesawat sih yeeesss…😛

    duh, kalimat terakhir kok gak semangat banget seeeh? SEMANGAT donk, SPIRIT… SPIRIT… SPIRIT! Wong single nggak dosa kok ^__^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s