Rock, Laksamana Keumalahayati!

Eh, eh… MPmania pernah dengar nggak nama salah satu pahlawan wanita Indonesia dari tanah rencong? Bukan Cut Nyak Dien, Cut Meutia, bukan pula Pocut Baren. Yep, yang gue maksud adalah Laksamana Keumalahayati. Udah lama banget dengar nama beliau, tapi baru searching lagi track recordnya hari ini. Beneran keren, euy!

Yang gue dapat dari Wikipedia, beliau ini nih pahlawan wanita Indonesia yang diakui kehebatannya hingga dunia luar. Soalnya selain gagah, gelar doi itu lho: Laksamana. Jarang banget zaman dulu seorang wanita menjadi Laksamana (panglima angkatan laut). Bahkan konon beliau ini satu-satunya wanita di dunia yang menjadi Laksamana mengomandoi 1000 pasukan yang kesemuanya wanita. Beuwh, metal banget! (maap atas apresiasi lancang daku, Laksamana Keumala :D)

Nah, masih nyambung sama Laksaman Keumala, ini gue temui juga bait puisi mbak Helvi Tiana Rosa yang dibuat jadi sebuah lagu Menghentak. Pertama kali denger nih lagu waktu di loncing buku Mata Ketiga Cinta mbak Helvi. Yang nyanyiin BengSas. Kerreeeeeennn banget!

Judulnya Inong. Dibuat mbak Helvy beberapa hari setelah peristiwa Tsunami Aceh 2004. Kayak gini nih lirik versi bahasa Indo n Aceh:

Hai inong Aceh dipat droe neuh
Peu droe neuh ngop lam ie mata?
Ingat geutanyoe nyoe inong Aceh
Inong nyang beuhe ngon geumaseh
Hantom menyerah
Geutanyoelah inong nyang geumaseh
Ibu pertiwi sipanyang masa
Kheun lom nan awak nyan Keumalahayati, Safiatuddin, Cut Nyak, Gata
Nyoe mandum inong nyang beuhe
Nyang hana habeh dipeulahe di bumoenyoe
Hai inong Aceh dipat droe neuh?

Hai perempuan Aceh, di mana kamu?
Apakah kamu berkubang dalam pedih dan airmata?
Ingat kita adalah perempuan Aceh
Perempuan sejati yang penuh kasih dan pantang menyerah
Kitalah para perempuan pemahat cinta
Ibu tanah ini sepanjang masa
Maka sebut lagi nama mereka: Keumalahayati, Safiatuddin, Para Cut Nyak, kamu
dan semua perempuan sejati yang tak habis dilahirkan tanah ini

Hai perempuan Aceh, di mana kamu?

Buat yang penasaran sama nadanya, bisa Googling pakai keyword Laksamana Keumalahayati, Inong. Nanti ngelink deh ke Youtube ^____^

*tulisan sambil nungguin kereta menuju Tana Abang yang lamaaaaaa banget

Iklan

12 comments

  1. li4h Lia · Juni 12, 2012

    Sip deh, kpn2 search

  2. nurjanah hayati · Juni 12, 2012

    Okeeee…
    Maap penjelasan ttg kekerenan beliau cuma sedikit. Namanya jg tulisan sambil nunggu kereta. Kereta dateng ya udahan nulisnya (: *ngeles

  3. li4h Lia · Juni 12, 2012

    dimaklumi. bagus nunggu bisa sambil nulis. aku ga bisa tuh kaya gitu hehehehe

  4. anas isnaeni · Juni 13, 2012

    menambah perbendaharaan lagu dah jadinya hehehe

  5. nurjanah hayati · Juni 13, 2012

    Pasti bisaaa! (:

  6. nurjanah hayati · Juni 13, 2012

    Mas nanas: iya. Bukan lagu cengeng binti alay (: udah denger belum lagunya?

  7. nurjanah hayati · Juni 13, 2012

    ini dia: video lagu Inong —>

    ^___^ enjoy!

  8. avizena zen · Juni 13, 2012

    laksamanaa raja di laooot

    nyanyi lagu melayu

  9. nurjanah hayati · Juni 13, 2012

    ga pake goyang, yaaa (:

  10. avizena zen · Juni 13, 2012

    hehehehe
    yang goyang dedek dalam perut aja

  11. anas isnaeni · Juni 13, 2012

    hohoho ada ya lagu cengeng binti alay

    lagunya di tautan comment selanjutnya ya? okeh diliat dah

  12. nurjanah hayati · Juni 13, 2012

    Request: goyang gayung, Dek (:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s