Memori Anak-Babak

Emang yaaa… buah jatuh gak jauh dari pohonnya. Alhamdulillah, merasakan makna dari peribahasa ini dalam diri dua orang kakak gue, yang mengingatkan lagi memori bersama Babak (bahasa Betawi untuk Bapak).

Dulu sampai sekarang, hampir tiap malam kayaknya gue gak pernah menyengaja pergi tidur. Kalo gak ketiduran pas lagi baca buku, ya pas lagi di depan laptop. Gak ayal, ini kaca mata seringnya masih nangkring kala jiwa udah melanglang buaning *maksa.

Nah… ada satu kebiasaan Babak yang masih berbekas hingga sekarang. Jadi tiap bangun tidur, hal pertama yang gue lakukan adalah… mencari-cari kaca mata. Kalo dulu sih, demi menghindari gagangnya bengkok atau kacanya pecah, Babak suka rajin mindahin kaca mata gue dengan radius yang lumayan jauh, di lemari atau atas meja (iya, segitu cukup jauh buat mereka yang udah ketergantungan sama kaca mata).  Mesti meraba-raba sambil nyipitin mata demi menemui dua mata tambahan itu.

Tapi sejak doi gak ada, kaca mata ini seringnya masih nangkring sampai bangun lagi. Atau kadang udah (gak sadar) kelepas, di daerah yang rawan pecah/bengkok/rusak!

Ceritanya semalem kakak pertama gue nginep. Paginya pas bangun, cukup lama gue meraba mencari kaca mata. Sampai akhirnya doi kasih tau,kalo semalem ngelepasin kaca mata gue en mindahin ke atas tivi di ruang makan. Jauh banget, Malih! Tapi senang… soalnya jadi keingetan sama kebiasaan Babak dulu.😀

Oiya… satu lagi kebiasaan Babak yakni menunjukkan ke-care-annya. Doi itu kalo gue minta sesuatu (konteksnya makanan), pasti bakal memenuhinya lagi dan lagi sampai gue bosen sendiri.

Misalnya aja pas lagi jaman es pisang coklat, yang kebetulan tetangga beberapa rumah ada yang jual. Pernah satu hari gue bilang, ‘makan es pisang coklat enak banget kali nih, Bak…’ (sambil berharap dibeliin en alhamdulillahnya langsung dibeliin). Eeeh… masa ya, seminggu lebih, saban gue pulang kantor, di Freezer udah ada beberapa buah es pisang coklat😄. Begitu terus sampe gue minta STOP saking enegnya. Hehe.

Nah… alhamdulillah tapi innalillah, kebiasaan ini menurun ke salah satu kakak gue yang cowok. Udah berlangsung lama, saban pagi doi bawain nasi uduk buat gue en Mamak. Udah dibilangin betapa bosannya kami makan nasi uduk, kadang masih juga dibawain u.u. Tapi bersyukur banget, ke-care-annya yang tinggi kembali mengingatkan gue ajkan sosok Babak.😀

7 comments

  1. kebomandi · Maret 31, 2013

    baca nya lucu, tapi haru.. semoga babaknya dapet surga-Nya :’)

    • hanajrun · Maret 31, 2013

      aamiiiiinnn. Thx doanya, Bo’!😀

      • kebomandi · Maret 31, 2013

        hihihi iyaaa sama-sama.. :*

  2. amy syahmid · April 1, 2013

    ikut terharu ni,hiks..hiks..sekaligus mengingatkan klo lagi pulkam (pulang kampung),bukan bapak sih yg suka menuhi keinginanku (dlm konteks makan) tp mama, masa hampir 2 minggu aku disuguhi lauk udang, gara2 saking sukanya aku ma udang dan gara2 jg di asrama hampir nggak pernah makan udang,eh pas balik masih mau disanguin lauk udang,oh no…aku pun mnta disanguin yg lain ja akhirnya,hihihihihihi😀
    baru tahu babak ternyata bhs betawi utk ayah🙂

    • hanajrun · April 1, 2013

      woooh…. udang itu enak banget! tapi iya sih, kalo kebanyakan juga eneg jali! :p emang betul yak, kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang jala –‘

      yap, ada yg bilang Babak, ada juga yg bilang Babeh. Kalo keluarga saya pake mazhab Babak, hehe😀

  3. wetwetz · April 2, 2013

    Ribet emang yg buat manusia2 berkacamata kayak kita. Ngeliat jd gak jelas tanpa kacamata. Kelamaan pake kacamata pegel, serbasalah.. :))

    • hanajrun · April 2, 2013

      yoi, apalagi kalo lagi lepas kaca mata sambi mantengin hape layar sentuh. jadi mendelep gitu keliatannya layarnya u,u

      alhamdulillah gak ngerasain pegel, sih. Pake yg plstik baik frame maupun lensanya, Mba🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s