Ummatan Wasathon

“Eh gak boleh lari, kan ada adabnya!”

Tebak-tebak… siapa yang ngucap kalimat di atas? Bukan, jelas bukan gue banget. Yang betul, seorang anak TK saat sedang jalan santai di komplek dekat rumah gue. 

Ceritanya pagi itu gue lagi sepedaan ke komplek dekat rumah buat cari salah satu sayur paling enak yg ngIndonesia banget: buntililililil. Pas pulang, gue melewati kira-kira 20 murid TK perempuan lagi jalan santai, diapit dua ibu guru yang jilbabnya panjaaang banget! Di barisan depan, salah satu anak perempuannya mengucap kalimat di atas kala ada temannya yang baru mau berlari kecil. 

Gak jauh dari mereka, di lapangan basket komplek, ada juga sekira 20 murid TK laki-laki yang lagi olah fisik ditemani seorang guru laki-laki dengan celana cungkrang en jenggotnya panjang!

Tau betul gue, berasal dari TK mana anak-anak ini. Soalnya tetangga beberapa rumah dari rumah mamak gue juga anaknya pernah menimba ilmu di sana. Kata beliau, gara-gara anaknya masuk TK itu, suaminya gak mau lagi nyekolahin anaknya di sekolah Islam. Padahal setau gue, pendidikan suaminya lumayan tinggi. Abdi negara pula.  

“Kalo di TK anak saya, dadagh-dadagh gak boleh, Mbak,” kata si ibu kala gue ngelambain tangan ke anaknya pas lewatin rumahnya.

“Nyayi-nyanyi juga gak boleh. Cuma doa aja yang diajarin di sana,” tambahnya lagi pas gue lagi main-main ke rumahnya. 

“Gak tau tuh Abi-nya, saya saranin masuk SDIT deket sini gak mau. Abisan TK-nya dulu kayak begitu,” cerita doi kala gue tanya perihal sekolah anaknya yang di SD swasta non-agama.

“Ini keren banget! Anak kecil udah diajarin syariat! Malu malu maluuu,” batinan positif gue waktu bertemu anak-anak TK yang lagi olah raga tapi dipisah itu, tiba-tiba lenyap pas ingat lagi pembicaraan dengan tetangga.

Dan saat itu juga gue teringat akan suami istri tukang sayur di RW gue. Secara penampilan, gak jauh deh sama guru-guru murid TK X di atas. Jilbabnya masih kurang lebar, sih. Jenggotnya juga gak lebat-lebat amat. Tapi mereka punya kesamaan misi di masyarakat: menegakkan syariat Islam. Cuma caranya aja yang beda.

Kalo tukang sayur itu mencoba menjadi khodimat bagi tetangga-tetangganya bukan cuma dengan berpakaian santun, tapi juga melayani dengan senyuman full, menghargai tiap sayuran dengan menimbangnya terlebih dulu, juga menyisip-nyisipkan nilai Islam di sela perbincangan di warung. Gak heran sih kalo warungnya selalu ramai, bahkan ketika mereka pulang kampung masih ada beberapa yang kelupaan melangkahkan kakinya ke sana saking udah dipercaya. 

Bagus emang upaya TK X itu mendidik anak muridnya dengan ajaran Islam yang murni. Tapi sebagai masyarakat awam, gue lebih memilih gaya si suami-istri tukang sayur. Lebih bisa gue terjemahin sebagai sesuatu yang baik 😀 *imo aja sih

 

 

Iklan

10 comments

  1. titintitan · April 10, 2013

    wah, keren ajah tuh tk ;d

    • hanajrun · April 10, 2013

      errr… iya sih, Mbak, tapiii –‘

  2. RY · April 10, 2013

    Padahal masih TK ya ….hmmmmm
    Mending TK yg umum aja deh. Hehehhhe

    • hanajrun · April 10, 2013

      gak kok, Mba… gak semua TK Islam kek gitu 😀

      kalo saya sih masih yakin dgn TK Islam yg lain 🙂

      • RY · April 10, 2013

        TK Islam yang umum kayaknya ya, hehehhe

      • hanajrun · April 10, 2013

        TK Islam yg pertengahan, kayak judul tulisan ini: Ummatan Wasathon (Ummat Pertengahan/Moderat) 🙂

      • RY · April 10, 2013

        Hahahha iyaaa bener banget :))

      • hanajrun · April 10, 2013

        yap! 🙂

  3. hananikaru · April 11, 2013

    Heu. Makin pusing milih sekolah buat Nidal.. *berasa mau selolah besok 😀

    • hanajrun · April 11, 2013

      SDIT juga gak menjamin, ya, Han 😀
      Home schooling aja apa? Temen ada yg udah gak percaya sm sekolah2 yg ada. Anaknya udah 7thn tapi blm sekolahin. Diajarin sendiri di rumah 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s