Rock Annette Horschman!

Aaakkk… padahal belom ada 12 jam yang lalu update blog, padahal juga hari ini jadwalnya nulis buat kerjaan, en padahal lagi jam segini mestinya cari-cari ide en bahan buat nulis sungguhan. Tapiii… someone like you telah sukses mengalihkan Selasa pagi guee!!! Yap, si kakak Annette Horschman ini kayak menyedot jari jemari gue buat nulis tentang hidupnya yang keren gile! Kalian yang ngaku pecinta lingkungan pasti bakal berdecak kagum deh sama aksi doi buat Indonesia wa bil khusus sekitaran danau Toba.

Perempuan Hebat ANTeve pagi ini, acara tivi pagi paling favorit setelah ceramah Mamah Dedeh, yang mengangkat kisah kakak Annette. Dia nih cewek Jerman tulen. Katanya sejak pertama kali menginjakkan kaki di tanah Samosir, doi bertekad mau menghabiskan hidup sampai meninggal di tanah itu. Nikah sama orang Batak yang awalnya gak pernah kefikiran kalo suaminya ternyata adalah jodohnya.

“Orang Batak itu macho-macho. Bukan selera saya banget. Tapi ternyata suami saya aslinya berhati lembut. Jago ngerayu! Waktu pacaran sering ajak saya keliling tanah Samosir. Akhirnya kami nikah,” ujarnya dengan bahasa Indonesia yang lumayan faseh.

Β Nah, yang paling penting, doi ini care banget sama lingkungan di sekitar danau Toba. Malu banget gue sebagai orang Indonesia T,T.

Melebihi relawan lingkungan, kalo boleh dibilang doi ini “pemulung” di danau Toba. Padahal doi ini owner sebuah cottages mewah bernama Tabo Cottages en punya banyak staf, lho! Tapi gak sungkan buat terjun langsung mungutin sampah di pinggiran danau Toba, nyabutin tanaman eceng gondok yang kian melimpah jumlahnya, bahkan sampe membuat penyuluhan untuk warga sekitar akan bahaya mencuci pakaian di pinggir danau. Limbah detergennya booo’ yang bakal menstimulus tumbuh suburnya eceng gondok!

Dia bilang, “pernah saya pulang ke Jerman 1 bulan, pas balik lagi eceng gondoknya udah banyak banget! Saya musyawarahkan dengan masyarakat sekitar, gimana cara memberantasnya. Akhirnya diputuskan, yang paling aman untuk danau Toba ya mencabut secara manual eceng gondok yang ada. Dan butuh tenaga ekstra buat mencabutnya!”

Masih tentang eceng gondok, ternyata walaupun membahayakan, Kakak Annette (jadi inget tetangga di warung dekat rumah yang orang Batak, yang suka manggil gue kakak :P) ini sukses merangkul seorang warga asli buat mengelola eceng gondok jadi kerajinan khas tanah Samosir. Setelah dikeringkan, jadi deh eceng gondok dengan berbagai kreasi macam sendal, tas, topi, dllsb! WAAAHHH banget yak!

Beneran keren deh mantan bule yang satu ini. Kecintaannya terhadap Indonesia WAJIB diapresiasi! Pokoknya gue juga bertekad, meski berkunjung ke danau Toba minimal sekali seumur hidup en mampir ke Tabo Cottages nemuin kakak Annette. Moga ada rejeki melimpah. Tunggu gue, ya, Kakaaa’! πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

