RIP: Nyak Haji (Hajjah) Sopiah

Woooh… sebetulnya belakangan lagi males update blog. Plisss jangan husnuzhon dulu, bukan karena mau fokus ramadhan, kok, tapi ya lagi males aja. Alhamdulillah tapi innalillah… meninggalnya Nyak Haji Sopiah bikin tangan gatel buat nulis lagi. Mudah-mudahan yang baik-baik ya nulisnya…😀

Bukan siapa-siapa gue, sih. Cuma tetangga di depan gang yang udah renta, tapi semangat nuntut ilmunya WAH! Beliau juga mandiri banget. Beberapa kali pas mau berangkat ngantor, gue berpapasan dengan beliau yang lagi jalan jauh nyari obat en sarapan, dengan cara jalannya yang udah sedikit bongkok en goyang kiri kanan. Rajin nyapa orang duluan pula!

 

Pertemuan terakhir kami cukup berkesan. Makanya waktu Bang Udin si tukang sayur nyebarin berita kematian Nyak Haji, gue yang lagi tidur-tidur ayam langsung kayak kesetrum dari ujung jempol sampe ubun-ubun! Ceritanya waktu itu ada penutupan majelis taklim dekat rumah. Ustadzah Husna minta gue buat tilawah. Nah, pas ke luar rumah, Nyak Haji Sopiah lewat dengan cara jalannya yang khas sambil nanya. ”Neng, musholla-nya Husna di mana? Anterin Enyak yak. Tadi Nyak diundang buat penutupan majelis taklim.”

 

Salut sekaligus gak tega, udah setua itu tapi masih memenuhi undangan. Mau gak mau gue berangkat bareng Nyak Haji. Nuntun beliau ke arah musholla yang jalanannya agak turunan. Di perjalanan yang pelaaan banget kecepatannya, si Nyak lumayan banyak cerita yang gue jawab dengan sepatah dua kata singkat. “Iya, Nyak” “Owh…” “Nggak sih Nyak”. Satu pembicaraan yang gue ingat, beliau mulai ngeluhin kondisi fisiknya yang katanya sering sakit. Jalan jauh udah gak kuat.

 

Gak sampai di situ, di sesi taushiah penutupan MT At Ta’awun, eeeh beliau tiba-tiba ngajuin petanyaan ke Ustadzah. Lebih tepatnya curcol sih. Hehe. Tapi kudu diacungin jempol atas keberaniannya. Sementara yang lebih muda gak ada yang tanya. Heuw!

 

Kejutannn… gue baru tau pas ngelayat kemarin, ternyata ibu-ibu cantik yang mimpin baca sholawat en rawi di penutupan MT waktu itu adalah anaknya Nyak Haji! Suaranyaaa… gak kalah melengking dari Mariah Carey! Beneran!😀

 

Hebat ini Nyak Haji, meninggalkan keturunan yang baik. Pula, meninggalnya di bulan Ramadhan di hari Jumat! Gue yakin, Cuma orang pilihan yang Allah cabut nyawanya di waktu-waktu ini. 

Kematian Nyak Haji memberi pelajaran ke gue, kalo gak selamanya apa yang kita ingini dikabulkan oleh Allah. Makanya kalo berdoa mesti punya alternatif. Kemarin dhuha gue minta sama Allah supaya bisa menikmati hidangan Ramadhan, tapi dari kematian Nyak Haji gue sadar kalo seandainya Allah gak ngizinin permintaan gue, mestinya ada doa lain seperti meminta kematian yang baik en hari yang baik kayak Nyak Haji. Met jalan, Nyak. Moga dapat tempat yang terbaik di sisi Allah. :))

7 comments

  1. kebomandi · Juli 13, 2013

    di bulan ramadhan dan hari jumat itu :’)

    • Enje · Juli 13, 2013

      iyaaa… bikin mupeng :))

  2. niprita · Juli 13, 2013

    Aamiin, semoga Nyak Haji dihapuskan siksa kubur dan dosa-dosanya.. :”)

  3. pianochenk · Juli 26, 2013

    Hai, Nurje.

    ( sekedar bagi info, sebisa mungkin hindari menulis RIP, deh😦

    RIP itu ternyata berasal dari ibadahnya orang katolik (dari kultwitnya Muh. Fauzil Adhim))

    Semoga Nyak Haji diberi tempat yang terbaik oleh Allah, aamiin🙂

    • Enje · Juli 27, 2013

      owh iya ya? duh, baru tau, Mbaaa -,- tfs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s