Si Pembela Paling Setia

Gue bisa nulis sembarangan macam ini, boleh jadi karena belum ngerasain punya anak (tapi udah punya berlusin-lusin ponakan, bok!). Jadi, kalo kalian para ibu mau nyinyir, monggooo. Diterima dengan sangat lapang jidad.

Ini ibu ke-dua kalo gak salah yang gue perhatiin. Saban anaknya melakukan hal yang menurut gue “kok begitu sih tingkahnya?”, bak seorang cenayang yang bisa membaca fikiran, mereka melakukan pembelaan tanpa gue minta. “Maklum, dia bla bla bla” atau “Gapapa, nanti juga nanti” atau “Namanya juga namaya”.

Kadang gue jadi sebal. Selain faktor umur si anak yang gak sesuai dengan tingkahnya, pula si Ibu yang suka ngajakin gue membeber tingkah anak orang lain. Jadi pas tingkah anaknya seperti tingkah anak si Ibu X (yang pernah kami gunjing dulu) en malah dibela, kan jadi blunder!  Lupa kah kamu???

Bukan mau sok atau membuat beda dengan anaknya para ibu berada itu. Kadang gue berterima kasih sama takdir, atas masa anak-anak en remaja yang sulit dulu. Tinggal pisah sama orang tua en gak kenal kata gratis buat makan siang. Selama mau lanjut sekolah, ya gak bisa leyeh-leyeh. Tinggal sama orang (meski judulnya saudara sendiri), kudu rajin bantu-bantu. Gak usah diperjelas, ngerti, kan, maksud gue? 

Normalnya, gue jauh lah ya dari gunjingan ibu-ibu itu. Tapi yakin, namanya manusia ada aja pengawal keburukannya. Pernah gue tanya ke Mamak, apa anaknya pernah jadi penyebab orang lain makan bangkai? “Pernah, tapi gak usah didengerin.”

Tuh kan, bahkan Mamak gue juga sama. Anaknya yang rajin ngebantah ini tetap aja dibela. Emang gitu kali ya tugas sampingan para ibu: menjadi pembela paling setia anak-anaknya, sekurang ajar apa pun si anak. Kayaknya sih begitu.

Mari nanti nulis lagi dengan judul yang sama, dari sudut pandang yang beda kalo udah jadi Ibu. Ciiiw!😀

 

4 comments

  1. Rani Zaoldyeck · Agustus 13, 2013

    okeh sip.. membela & meluruskan kelakuan anaknya ..

  2. pemikirulung · Agustus 27, 2013

    istilah jawanya “wingko kencono”

    • Enje · Agustus 27, 2013

      opo is thaaat?😀

Tinggalkan Balasan

