Bu Guru

Masih ada 1 jam kurang 10 menit di Hari Guru tahun ini. Mau deh sekali-sekali ikut arus utama, nulis-nulis yang temanya lagi inn *Hehe, songong emang, sok anti-mainstream.  Sebagai murid yang baik, melalui blog ini gue ingin mengucapkan bermilyar-milyar rasa syukur kepada seorang guru yang paling berkesan di sepanjang hidup gue. Hey hey siapa dia?😀

Awalnya mau nulis tentang mantan wali kelas waktu duduk di bangku kelas 6 MI pinggiran Jakarta. Namanya Ustadz Mur*h, guru Aqidah Akhlak. Beliau ini pernah jadi nara sumber di majalah Hidayah, yang berjuang bantuin gue untuk masuk SMP Negeri yang luamayan kece di sekitaran Blok M—bagi madrasah swasta yang muridnya sekelas juga cuma 16, masuk ke SMP kece itu lumayan susyeh. Oiya, kenapa gue sebut SMP kece? Karena salah satu mantan ketua BEM UI juga jebolan sini, en alhamdulillah hingga kini SMP gue masih istiqomah dengan bangunan 2 lantainya, kala dua sekolah di samping kanannya menambah en memperapik bangunannya. Yang penting kualitas, Coy! *walau pada kenyataannya secara kualitas juga masih bagusan dua sekolah di sampingnya. :p

Ah, balik lagi ke Ustadz Mur*h. Setelah melalui perenungan lebih mendalam, segala jasa Ustadz Mur*h emang gak terlupakan. Apalagi selera humornya yang TOP BGT. Tapi kirfikir, masih ada satu orang guru yang lebih lebih berjasa hingga gue bisa juga masuk PTN negeri.

Inisialnya D, biasanya sih sama guru-guru dipanggil Bu Di**t, tapi kalo sama siswa dipanggilnya Bu D**h. Beliau ini wali kelas waktu gue kelas 2 SMA. Menurut rumor yang beredar di kelas, beliau termasuk dalam jajaran guru killer. Apalagi kalo soal nilai. Tapi alhamdulillah, yang ada di benak gue tentang beliau itu: bak malaikat yang diturunkan Allah bagi hambaNya yang kesusahan secara ekonomi macam gue. Gak tau gimana kalo beliau gak bantuin gue dalam melunasi uang pangkal yang berjuta-juta–padahal itu juga sudah dapat keringanan, plus membelikan buku yang setebal-tebal gaban bahkan hingga kelas 3. Hmmm… baik, ya?

Dengan segala kebaikannya itu, wajar kalau beliau jadi sedikit “bawel” dengan nilai-nilai gue. “Nung, kok nilainya turun?” begitu terus saban nilai-nilai ada yang jelek. Ah, tapi Alhamdulillah jadi pengingat en penyemangat tersendiri buat terus maksimal belajar.

Satu lagi, waktu gue pilih jurusan untuk masuk PTN, beliau juga turut kasih pertimbangan. Waktu itu gak tau kenapa gue maunya masuk Jurusan Kehutanan (atas kemauan sendiri) atau Gizi (atas kemauan kakak). Alhamdulillah, beliau kasih pencerahan hingga pilihan en takdir membawa gue di FKM. Dan dia cukup bangga dengan gue! Ciwww!

Sampai kuliah selesai (cukup 4 tahun, gak mau lebih), gue masih bolak-balik ke sekolah nengokin adik-adik Rohis. Salah satu momen yang selalu gue hindari adalah… berpapasan dengan beliau. Bukan apa-apa, masalahnya (bukan masalah juga sih buat gue) kerjaan gue bukan di dunia ke-FKM-an. Pernah ketemu sekali, dia langsung tanya kerjaan gue yang dengan jujur gue jawab, “di web dan majalah X, Bu.” Kentara banget kalo doi cukup terperanjat mendengarnya, en menyarankan untuk bekerja di ranah FKM., yang sampai sekarang belum jua gue penuhi. Hehe, mantan murid yang gak tau diuntung!

Tapi walaupun begitu, pernah juga waktu gue ceritanya jadi third speaker di acara tivi: ngaji.com *iya, kalian pasti baru dengar. Karena emang cuma 4 episode, langsung bubar acaranya. Pas gue lagi main ke sekolah, dipanggil sama beliau dengan muka berseri-seri. “Nung, kemarin ibu kayak liat kamu di T*RI. Ibu bilang ke suami ibu yang lagi nyetir, kalo itu pasti anak murid Ibu. Bener, kan, itu kamu, Nung?” Gue yang girang-girang sedab, cuma bias nyengir-nyengir malu sambil mengiyakan. Akhirnya… gue bias banggain si Ibu!😀

Oke, sebelum tanggal 25 November ini berakhir, mari sudahi dengan: Terima Kasih, Ibu! ^_^

 

11 comments

  1. jaraway · November 25, 2013

    wihii.. ternyata..
    do’ain blio2 nje

    • Enje · November 25, 2013

      wew… cepet amat balasnya😀 terus kaget, kok aq belum follow mbak Jar sih? perasaan kemarin2 suka komen2 en postingannya ada di Reader-ku deh😦

      iya, Mbak, insyaa Allah🙂

      • jaraway · November 25, 2013

        dirimu dah follow koq.. cuma yang blog satunya aja yang belum
        qganti blog utamanya.. ehehehe
        =D

      • Enje · November 25, 2013

        weleh… ganti blog ternyatah. bilang dooonk dari dulu :p *lebay deh

  2. lazione budy · November 25, 2013

    ga usah disensor, 99% bu guru ga baca.
    selamat hari guru!

    • Enje · November 26, 2013

      ya kali ada teman sma yg baca, trus ngunjukin ke bu guru :p

  3. pemikirulung · November 25, 2013

    sebenernya semalam pengen nulis tentang hari guru. tapi tulisan geje. akhirnya gw menyerah dalam serangan ngantuk

    • Enje · November 26, 2013

      ciyeeee yg tulisannya geje :p

  4. pemikirulung · November 25, 2013

    berhubung komen gw barusan ga mutu banget, baiklah gw tambahkan

    cie enje pernah masuk tipiiiii :p

    • Enje · November 26, 2013

      justru gue lebih semangat balas komen yg gak mutu :p

  5. kasamago · November 29, 2013

    belum pernah ikut Rohis.. Hikss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s