IBF 2014… WAH!

Islamic Book Fair aka IBF, selalu punya cerita! Termasuk juga tahun ini🙂

Yak… akhirnya kemarin siang diputuskan, Ahad ini dolanan ke IBF ngajak ponakan. Kalo nggak biar ponakan gue yang masih bocah-bocah pada suka baca–mau banget menularkan minat baca gitu, males amat weekend ke sana. Penuh, bok! Ah, tapi terbalaskan sudah derita kepanasan plus empet-empetan selama 3 jam! 

Pertama, ikut soft launching buku Lapis-lapis Keberkahan Ustadz Salim A Fillah di Selasar. Eh cuma dapat ekornya aja sih, tepatnya di sesi jawaban ustadz atas pertanyaan terakhir salah seorang audience. Doi membeber tentang doa. Terutama buat kita-kita yang gampang mutung kalo doa nggak kunjung dikabulkan oleh Allah ta’ala. “Malu lah sama kesabaran nabi Ibrahim yang doanya baru dikabulkan beribu-ribu tahun kemudian, kalo kita baru berdoa sekali dua tapi belum dikabulin sudah malas berdoa lagi! Lagian, inti berdoa itu bukan kapan dikabulkannya, tapi keberkahan di tiap penantian pengabulannya.” Ah, iya juga😐

Doi juga membeber perkataan Imam Al Bashri tentang dosa yang menghalangi rizki. Nggak ngerti sih nyambungnya apa sama pembahasan sebelumnya tentang berdoa, tapi bahasannya keren! Menurut Imam An Nawawi, makna perkataan tersebut bukan secara eksplisit mengurangi rizki kita. Karena selama seseorang masih hidup, rizkinya akan terus mengalir. Nanti ketika kita mati. itu yang menandakan sudah selesai rizki kita di dunia.  Justru poin perkataan tersebut lebih jleb lagi. Maksud dosa menghalangi rizki adalah diputusnya kemesraan dengan Allah untuk bangun tahajud, melaksanakan shaum sunnah, sholat di masjid, berdakwah, dll yang baik-baik. Walau cuma sepuluh menit di forum tersebut, tapi ngena banget!😐

Kedua, walaupun bukfer kali ini ada embel-embel Islam-nya, tapi dari awal gue cuma ngincer buku-buku mas Tasaro sama mbak Ifa Avianty. Niatnya cari buku teranyar mereka, lah malah dapat buku-buku jadul yang diobral habis-habisan! Di stand Gema Insani nemu “Satire Metropolis Penyemangat Jiwa” mbak Ifa terbitan 2007 seharga 10 ribu *tipis sih, tapi yang penting bukunya mbak Ifa. Yang lebih kece lagi en bikin gue terbelalak kaget hingga terus-terusan mengkonfirmasi ke bapak penjaga stand (bukan stand penerbit, cuma toko buku yang kayaknya kurang terkenal), gue temukan novel fantasi “Nibiru dan Kesatria Atlantis” mas Tasaro GK terbitan 2010 seharga… 25 RIBU! Duh duh… sudahlah hard cover, setebal Harry Potter seri ke-tujuh pula! Terharuuu! T.T

Ketiga, sejujurnya cuma dua buku itu yang gue bakal baca. Tapi ini mata kebangetan jelalatan. Liat yang murah karya penulis atau penerbit ternama, diambil. Ya buat si ini, buat si anu, buat ponakan yang ono. Tekorrr… tapi senang!😀

Keempat, nah ini! Pas lagi macet-macetnya, takdir mempertemukan gue dengan guru ngaji jaman SD di PAYISC Al-Azhar. Kan keren banget! Setelah 18 tahun berlalu, eeeh ketemu lagi. Nggak nyapa sih, cuma saling senyum-senyuman aja. Duh, payah! Nyesel nggak memperkenalkan diri en foto bareng😐

Kelima, masa di sekitaran panggung utama, ada satu stand namanya “Gen AMPM”. Itu standnya salah satu calon presiden 2014 gitu. Gue aja bingung, kok bisa? Kalo penasaran, ke sana aja. Nanti dapat pin sama brosur tentang sepak terjang beliau gitu. Anyway, keren sih! Jadi makin yakin buat dukung. Hehe. 

Keenam, sepanjang perjalanan Blok M-Cipulir, gue buka salah satu buku berjudul Ensiklopedi Pengetahuan edisi Flora & Fauna biar ponakan nggak bete di jalan. Alhamdulillah, satu buku selesai kami lahap bareng. Walaupun agak-agak berisik sendiri jadinya di bis, tapi ponakan excited bangettt! Bahkan pas diceritain lagi ke ortunya di rumah, masih nempel juga apa yang kami baca. Padahal gue sudah lupa-lupa ingat. 

Buat yang punya adik/ponakan, gue saranin di IBF mampir ke stand penerbit Tiga Serangkai. Beneran buku-buku anaknya keren plus murmer jali! Bocah-bocah juga pasti pada senang bacanya.

Maap numpang curcol, sudah lama nggak nyampah di mari. Nggak usah dikomen, geje begini. :p

14 comments

  1. nazhalitsnaen · Maret 2, 2014

    hohoho euforia ibf emang selalu begitu… hampir sama nih kesan yang mengenang tiap dateng ke ibf.. cuman ya udah lama gak ke sono… terakhir 2011 yang lampau hohoho

    • Enje · Maret 3, 2014

      lama juga ya terakhirnyaaa😀

  2. pitaloka89 · Maret 3, 2014

    Belum sempat kesana, semoga sempat besok2…

    • Enje · Maret 3, 2014

      aamiin. asal jgn hari2 akhir deh. pasti penuhnya gak ketulunganO_o

  3. amy syahmid · Maret 3, 2014

    udah lama nggak ke IBF,tutupnya kapan ya? jadi pingin kesana juga,hihi
    ngeliat buku2 diskon begitu bikin lapar mata ya😆

    • Enje · Maret 3, 2014

      terakhir Ahad tanggal 9 Maret 2014. ^_^

  4. titantitin · Maret 3, 2014

    Taun kmrn ke sana hbs nikahan tofan.. Dpt my avila sm rinai.. Lumayan.. Thn ini plg nitip bundel tarbawi klo ada yg ke sana :d

    • Enje · Maret 3, 2014

      si Ai coba. biasanya dia nongkrongin stand Tarbawi🙂

  5. rivenskyatwinda · Maret 3, 2014

    Gak beli kitab mba? Seru jg ya bedah bukunya, sayang ahad full home.

    Teh tin, kmrn baru dr sana. Bundelny amsh banyaaaak

  6. rivenskyatwinda · Maret 3, 2014

    Padahal banjir diskon, kalo di toko biasa lumayan mahal loh.

    • Enje · Maret 3, 2014

      aku boten ngartos, soalnya kitab2 semester ini sdh ada (beli) di idaroh semua😦

  7. Dodo · Maret 7, 2014

    Mba Enjeeee…
    Kereeeeen. *tulisannya biasa aja padahal. Wkwkwk
    yang bikin gw syukur banget itu dua hal… tiap minggu bisa ketemu sama orang yang sering ngerijek cerpen gw n blognya dinanti-nanti buat gw baca *edisiLebay
    hehehe

    • Enje · Maret 7, 2014

      ih lebay deh Dodo *bu Nuri mode ON :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s