Kata Mamak, Tangan Gue Adem. Uhyeah???

panci

“Hei kawan dengar-dengarlah ceritaku
Kupunya kebun yang indah
Kebun yang tumbuh di halaman rumahku
Kupelihara setiap waktu…

Kuambil penyiram kebun dan bungaku
Kusiram semua kebunku
Merah putih kuning ungu
Indahnya kebunkuuu…”

Anak gaul era 90an pastilah pernah nempel di memorinya lagu di atas (Kebunku) yang dilantunkan oleh penyanyi cilik nan centil; Meissy. Eh tapi alhamdulillah sudah gedenya doi keren banget, ya? Jilbaban rapi, dokter, en segala punya cita-cita bantu berobat orang miskin. You rock, Duuude!

Nah… seperti lagu Meissy, belakangan ceritanya gue lagi keranjingan nanem-nanem. Awalnya padahal cuma iseng nawar tanaman bunga Ajisai (Panca Warna) di pasar Mayestik yg super duper cuwaaantik. Dengan bunganya yang bergerombol warna biru seukuran konde Bude Waljinah, dari harga 60 ribu jadi 25 ribu kan lumayan ya? Gue beli lah.

Sampai rumah mindahin si Ajisai (gue memanggilnya si Panci Warni) ke pot besar sekalian nanem lagi daun pandan punya almarhumah kakak yang sudah nyaris mati gegara dimakanin kambing di pekarangan rumahnya. Seminggu, dua minggu, sebulan, dua bulan, tarraaa… numbuh, booo’! All praises to Allah🙂

Kata mamak, sih, tangan gue adem. Cocok buat nanem-nanem, gitu. Agak kurang yakin, beberapa hari kemarin gue jajal lagi. Cabe rawit yang sudah kering di dapur, gue kumpulin bijinya, coba ditanam satu pot sama si pandan. Juga beli tanaman melati di pinggir jalan seharga 10 ribu aja. Ndilalah juga numbuh buh buh!😀

Apakah ini berarti tangan gue beneran adem? Ah, masih nggak mau percaya sama istilah tangan adem. Yang gue yakini selain posisi tanaman di pojok kanan rumah yang sudah pas *selalu cukup terpapar sinar matahari pagi en terhalang teriknya matahari petang, mungkin juga karena kebiasaan mengajak bicara tanaman-tanaman itu yang coba gue tiru dari kebiasaan ustadzah Yoyoh Yusroh (Allahu Yarham) semasa hidupnya. Jadi saban pagi en sore, intro aktivitas nyiram-menyiram tanaman adalah menyapa mereka dengan sebaik-baik sapaan: salaamu’alaikum. Setelah itu baru deh gue ajak ngomong mereka sambil diguyur air. “Halooo, cantik… numbuh yaaa. Kita hijaukan bumi. Sama beri warna-warnamu yang cantik.” Endingnya baru ngajak zikir bareng sambil dinyanyiin.🙂

Yah… biar bagaimanapun mereka kan juga mahluk hidup ciptaan Allah, ya? Pun kita nggak bisa mengerti segala aktivitas mereka, sejatinya mereka selalu berzikir. Itu pasti.

Sudah beli tanah, nih. Mau nanem jahe, kunyit, tomat, dll. Lagi rajin juga searching bunga-bunga warna lain di sepanjang jalan. Moga nanti tumbuh juga. Aamiin. Masih belajar, Kakaaa. Doain yaaa!🙂

*Pamer yang positif nggak papa kali ya? Nggak ada yang tersinggung juga, kan? Hehe.

13 comments

  1. titintitan · Maret 8, 2014

    no pict hoax ;p

    manaah manaaah, mau liaat. akuh juga punya kaktus di atas tipi😀.

    • Enje · Maret 9, 2014

      ntar tak fotoin yaaa pas nyiram sore🙂 insyaa Allah

    • Enje · Maret 9, 2014

      sudah difotooo🙂

      masih sedikit sih, tapi lumayan biukin seger mata saban pagi buka jendela. heheee

      • titintitan · Maret 10, 2014

        yg jelas jd ada kerjaan baru dan menyenangkan😀

      • Enje · Maret 10, 2014

        yoook. moga gak HHCF :p

      • titintitan · Maret 10, 2014

        opo kuwi?

        hhfc.

        hangathangat…ayam ye? ;p

  2. Enje · Maret 11, 2014

    iyaaa :p

  3. aemvede · Maret 12, 2014

    NJ, itu beneran maissy sudah pake jilbab *brb cari di gugel. haha penting bgt ni komengtar. NJ, aku juga mau diajarin nanem cabe, biar kalo mau nyambel atau makan gorengan atau makan mi rebus tinggal petik.😀

    • Enje · Maret 12, 2014

      udah, Am. masa blm denger beritanya? rame bgt waktu itu.🙂

      gampang, Am. sebar aja di atas tanah, katanya sih bisa lgsg tumbuh. gue jg asal doank masukin dlm tanah. 1 pot sama daun pandan. lah numbuh🙂

  4. Chrismana"bee" · Maret 13, 2014

    Waaaa…. beruntung ya, jadi petani sukses tuh kyknya, hehheee
    ayah saya juga katanya tangannya adem, nanem apaaaa aja numbuh, nah klo itu taneman udah ganti aku yang pegang eh langsung mati😥
    salam kenal yaaa😀

    • Enje · Maret 13, 2014

      coba diajak ngobrol tanemannya. diajak zikir bareng pas nyiram😀

      salam kenal juga. thx sdh berkenan mampir…

      • Chrismana"bee" · Maret 13, 2014

        Iya kali ya, nanti saya coba deh pas pulang kampung😀

      • Enje · Maret 13, 2014

        siiip deh🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s