Utang Nggak Pakai H

Pals… ada yang pernah mengalami pahit getirnya penolakan? Ya lamaran kerja ditolak, pengajuan beasiswa ditolak, naskah tulisan ditolak, sampai cinta ditolak *pukpuk, yang ini pedih banget. Pernah? Gue sih pernah beberapa kali. Hiks.

Tapi sungguh, percayalah, penolakan paling pedih gue rasakan pas lagi susah-susahnya, mau pinjam uang ke teman dekat yang notabene hidupnya lebih dari cukup, eh, nggak dikasih. Oke fine, sejak itu gue bertekad nggak bakal pinjam uang lagi ke teman, sesusah apapun kondisinya!

Mungkin awalnya dongkol setengah hidup. Tapi saat ini kayaknya gue mesti berucap terima kasih bertubi-tubi sama si doi, yang telah menjadi perantara Tuhan dalam mendidik en mengasihi hambaNya yang lemah ini untuk jauh-jauh sama yang namanya utang nggak pakai h.

Jadi ceritanya semalam seorang teman bertutur tentang kerabatnya yang terlilit utang nggak pakai h. Antara gregetan sama kasian dengarnya. Ibarat lingkaran mainan di kandang marmut, betapa susahnya keluar/berhenti kalau sudah sekali mencicipi nikmat sesaat ngutang. Sekali ngutang, bawaannya momogi alias mau mau lagi. Hiii!

Sebetulnya sudah beberapa kali sih mendengar kisah tentang mereka yang terkena penyakit suka ngutang ini, pula menjadi korban para pengutang yang kalau ditagih pasti mengucap mantra ntarsok-ntarsok. Tapi cerita yang gue dengar semalam sungguh bikin merinding yang intinya, jauh -jauh deh sm si utang nggak pakai h. Sama minta terus juga ke Allah supaya dijauhin darinya.

Selain utang bisa merusak tauhid-mendahulukan minta kepada manusia sebelum kepada Allah, penyakit ini juga nggak pandang bulu. Bukan cuma orang berkekurangan yang bisa terjangkit, tapi juga si kaya raya en mereka yang secara fisik tampak soleh/ah!

Pun gue yang sudah berazam nggak mau dekat-dekat sama si utang nggak pakai h, nyatanya masih juga kemarin sekali tergoda. Alhamdulillaaah banget, langsung ditegur lagi sama si Dia. Nggak jadi deh!😀

Allahumma inni a’udzubika min gholabati daini wa qohri rijal. Aamiin.

23 comments

  1. Bapak'e Salma · September 12, 2014

    kalau pakai K lain lagi nanti ceritanya

    • Enje · September 12, 2014

      yaelah cepet amat nyambungnya kalo itu –“

  2. titintitan · September 12, 2014

    dr tadi tuh mau tanya, utang pake k apaan siy?

    • Enje · September 12, 2014

      tau. aneh :p

      • titintitan · September 15, 2014

        lagiii nape pake ditegasiin.

        kalo gda komen atas titin tadi titin gak akan ngeh :))

  3. Rahmat_98 · September 12, 2014

    Klo pakai K mah lelaki paling cepet nyambernya😀
    berdo’a semoga saya terlepas dari hutang

    • Enje · September 12, 2014

      saya ganti deh judulnya, biar gak ada yg macem2. mohon maap🙂

  4. darsonogentawangi · September 12, 2014

    utanK…..
    UtangK…
    U-T-A-N-G-K
    T-A-N-G-U-K

    • Enje · September 12, 2014

      saya ganti deh judullnya, biar gak ada komen aneh2 lagi. mohon maap🙂

      • darsonogentawangi · September 13, 2014

        wahahaha….
        jangan diganti….

        ntar bingung manggilnya…
        weh😉

  5. Eka Novita · September 13, 2014

    jadi ingat kata-kata emakku, “utang tu bisa jd kebiasaan”. Sebaiknya emg dihindari ya kan mbak Enje😀

    • Enje · September 14, 2014

      iya betul, Ka. Ya Allah… jangan cemplungin hamba ke utang lagi dooonk🙂

  6. kebomandi · September 13, 2014

    jangan dekati apapun jenis utang hehe. karena dulu keluarga ku pernah bermasalah dengan credit card, jadi mau utang ke temen atau apapun itu pokoknya jangan deh ya..
    thank you mbak enje buat share nya😀

    • Enje · September 13, 2014

      Siiip. sepakat deh🙂

  7. indri · September 13, 2014

    Mksd g ke h itu apa ya. Bl. Mudeng hehe… Btw mb dl mpers jg g?

    • Enje · September 13, 2014

      Indri: klw yg baku itu utang,bkn hutang. mmsh banyak ygsalah kaprah🙂

      iya, aku mantan MPers. kamu jg ya?

      • indri · September 13, 2014

        oh iya ya bener g pke h
        iya sy mpers jg

  8. indri · September 13, 2014

    Oh ya. Sy pny 2 pengalaman getir soal kasi utang. Susah ditagih dan tdk kmbali. Diikhlasun akhirnya. Dan akhirnya klo tiap kali kepepetnya kluarin duit buat ngutangin sllu dlm hati mrngingatkan “jgn tllu brhrap akan kmbali n smg klak saat sy susah ada yg nolong balik”

    • faziazen · Oktober 2, 2014

      senasib ama mbak Indri
      ada yg pinjam sejuta, ditagih ampe bertahun tahun, gak dibalikin
      paling nyesek waktu nagih eh dia lagi perawatan rambut
      tapi ya..diingetin mama, kalo ngutangin anggap aja sedekah

      • Enje · Oktober 3, 2014

        maqomnya udah keren banget itu mamakny mbak😀

      • indri · Oktober 4, 2014

        hu um mak

  9. dewa putu am · September 15, 2014

    ku kalo dalam masalah kritis akhirnya utang ketemen tapi sehari kemudian lgsung di bayar

    kalo gitu gmana T_T,

    • Enje · September 15, 2014

      yagapapa klw genting bgt. yg penting jelas bayarnya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s