UK

Yeaaay! Alhamdulillah, dipertemukan lagi dengan orang baik di dunia ini. Nggak tau, ya, bawaannya gatel kalo ketemu orang baik, terus nggak ditulis. Bak ketombe yang walau ditahan-tahan nggak digaruk di hadapan khalayak ramai demi jaga gensi, tapi minta digaruk juga pas ketemu tempat sepi. Hehe.

Oke langsung aja. UK ini singkatan doank, kok. Bukan United Kingdom, Utan Kayu, apalagi Upload Kompakan yang belakangan rame beredar di Instagram. Karena UK yang ini adalaaah… Ustadz Kholdun!

Jadi beliau dosen pengganti untuk dosen mata kuliah Shorof kami yang hari ini berhalangan hadir. Nyaris aja gue merutuki takdir karena sudahlah nggak ikut kelas jam pertama, jam kedua jadwalnya cuma belajar mandiri di maktabah, eh jam ketiga dosennya nggak ada?! Hffttt –”

Sampai kabar burung itu datang, kelas jam terakhir diisi sama UK. Wohooo… maa ajmala hadzal yaum!😀

Kalau kalian tau, beliau ini istimewa pake banget, baik sebagai pengajar maupun sebagai seorang muslim. Menurut kabar yang beredar, beliau asli Yordania. Nikah sama perempuan Indonesia en jadi pengajar di beberapa kampus plus sudah berkeliling ke daerah-daerah Indonesia ngisi ceramah. Walau pengantar di kelas berbahasa Arab FULL, jangan ditanya kefasihannya berbahasa Indonesia. Jago!

Sebagai seorang pengajar, beliau termasuk dosen yang inget-able. Berkesan. Memukau! Gimana enggak, lah di awal pelajaran bagi-bagi permen, di tengah pelajaran ngasih reward buat yang berani nanya/bisa jawab. Bahkan menurut seorang teman di kampus lain, beliau suka bagi-bagi oleh-oleh kalo habis bepergian jauh baik dalam maupun luar negeri. Dermawan!!!

Pula, sebagai seorang pengajar, beliau pandai bercerita soal apa aja. Apalagi soal sejarah Indonesia, kayaknya jagoan UK dah daripada kami yang asli pribumi. –”

Gue terkesan banget sama pemaparan beliau tentang permisalan Fir’aun en para penyihirnya di jaman sekarang. Ibarat penyihir jaman Fir’aun, media Indonesia kini sakses menyihir kita para penontonnya! Seseorang yang tadinya bukan siapa-siapa, diangkat-angkat oleh media mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga negara! Macam penyihir yang membutakan pandangan penduduk Mesir waktu itu. Tali temali dibilang ular. Nothing dikata something! #IYKWIM

Beliau juga acungkan jempol terhadap Indonesia, yang geliat Islamnya tersebar di banyak daerah walau caranya masih banyak yang salah *ex: ziarah kubur sambil minta doa dari si mayit yang notabene para wali. Katanya juga, banyak kebaikan di Indonesia yang sayangnya sama media nggak pernah diangkat. Ya itu tadi, media cuma jadi penyihir. Mengangkat yang kurang baik supaya dibilang baik.

Sebagai penutup di kelas tadi, UK menukil sedikit ayat yang pertama kali turun: iqro’ bismi Rabb. Iqro’ bismillah. Belajarlah ilmu apa saja, mulai dengan basmallah. Soalnya, semua ilmu adalah milik Allah. Bismillah sebagai kunci ita terhubung dengan ilmunya Allah. Kalo kita nggak minta izin sama Dia supaya dapat ilmu yang manfaat en yang benar, ya nggak bakal dapat ilmu tersebut.

Sebagai seorang muslim, pernah gue liat beliau menyapa satu-satu para tukang yang lagi kerja, nggak sekadar sapaan. Melainkan bincang cukup lama. Daaan, tadi gue mengalami sendiri pas di luar kelas menjelang pulang nebeng motor teman. Tiba-tiba dari arah idaroh, beliau keluar menyambangi kami.

UK: Hal anti ta’rifin ustadz kholdun?
Gue en teman: (bengong, bingung, cengo) anta?
UK: Shodaqti! Hadza, ana uridu an utiya al-hadaya(nyodorin 2 kue pisang)

Ampuuun, istimewa buwanget nggak sih ini dosen???😀

6 comments

  1. Iwan Yuliyanto · Desember 2, 2014

    Keren banget UK bisa tahu soal penjual lemari kayu kecil hingga jadi pedagang lemari besar karena media🙂

    Top!

    • Enje · Desember 2, 2014

      iya, malu. bisa jadi UK lebih tau ttg Indonesia daripada kami muridnya😦

      emag TOP gak pake KOPI si UK.🙂

  2. nanay · Desember 3, 2014

    Enak bgd c nje bsa belajar agama kayak gini.. ketemu org2 keren yg menginspirasi *envy >_<

    • Enje · Desember 3, 2014

      yah, namanya hidup, Nay. aku iri sama kamu, kamu iri sama aku. rumput tetangga🙂

  3. WebAriYS · Desember 3, 2014

    salam ya buat uk😀

    • Enje · Desember 3, 2014

      yah, gak tau kapan lagi dia dtg jadi dosen pengganti :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s