Karena Tuhan Tau

Kemarin gue iseng ngestalk akun seorang teman yang cuma kenal di dunia maya, itupun karena kesamaan dalam satu hal: sama-sama fandom Sherlock versi BBC, hah! Di salah satu foto poster lawas yang dia bagikan, ada tulisan yang kurleb bunyinya begini: “istiqomah menyebar segala hal yang manfaat minimal 3x per hari”. Terus dia kasih caption “Semangaaat!”. Hmmm… wooow!

Kirfikir, pantes aja nih orang eksis banget di FB. Segala hal yang menurut gue keren en manfaat juga selalunya di-share sama dia. Jadi ini toh yang melatarbelakangi ke-eksisan-nya?

Satu lagi tentang seorang Ustazah yang Ahad kemarin kami dipertemukan dalam acara santunan anak yatim. Di sela-sela tausiyah yang beliau sampaikan, meluncur dari bibirnya kata-kata ini: “saya mungkin belum bisa bantu secara materi untuk yayasan ini, tapi insya Allah sudah saya share plang yayasan di depan. Mudah-mudahan ada kerabat di dunia maya yang bersedia bantu pembangunan yayasan ini ke depannya. Aamiin.” Hmmm… oke juga usahanya!

Menurut gue, ada satu kesamaan antara teman dunia maya gue en si ustazah. Mereka sama-sama sekuat tenaga untuk nggak menjadi bagian dari orang-orang yang kelak catatan amal perbuatannya diberikan di tangan kirinya. Kok?

Iya, gue juga baru ngeh dari seseorang bahwa salah satu hal yang membuat kita nanti di akhirat menerima catatan amal perbuatan dari tangan kiri adalah “Dan juga dia tidak mendorong (orang lain) untuk memberi makan orang miskin” Al-haqqoh:34.

Look look look… kata apa yang Allah pakai di ayat tentang sedekah ke orang nggak mampu ini? Yap, ternyata bukan “mereka yang nggak memberi makan orang miskin”. Tapi jauuuh lebih maju dari itu: mereka yang nggak mendorong orang lain memberi makan orang miskin!

Allah tau banget, kita dengan harta yang kita miliki selalunya merasa nggak cukup. Selalunya ada rasa was-was takut berkekurangan kalo sedekah banyak-banyak. Selalunya ada aja alasan buat nggak bersedekah kala uang pas-pasan. Maka dari itu, dia gunakan kata “mendorong orang lain”.

Allah pengen bilang, banyak jalan menuju Roma. Dimana ada kemauan di situ ada jalan. Lo nggak punya duit buat sedekah, ajak aja orang lain buat bersedekah!

Dua orang di tulisan ini, mungkin mereka sudah sadar dari kapan tau tentang ayat “من اوتي كتابه بشماله” makanya mereka optimal dalam penggunaan sosmed, salah satunya mengajak orang lain (dalam hal kebaikan).

Sedang gue… masih gini-gini aja. Sosmed buat ngegalau, ngomongin orang, ketawa ketiwi nyebar hal kurang faedah. Tuhan… beri hamba hidayah, ya ya yaaa? 

6 comments

  1. titintitan · Desember 16, 2014

    wah wah, akuuh tau org nya sapa yah?

    • Enje · Desember 16, 2014

      Stooop jgn kasih tau orangnya, ntar dia geEr lagih. Haha. Biarlah dia tau tulisan ini scr alami :p

      • titintitan · Desember 16, 2014

        eaaaa ;p

      • Enje · Desember 16, 2014

        Maaciiih😀

      • titintitan · Desember 16, 2014

        eaaa gakjanji mangsutnye #eh :))

      • Enje · Desember 16, 2014

        jitak! :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s