Met Hari Bahasa Arab Sedunia! :)

image

يا صديقي ويا صديقتي… هل تعلمون ان هذا اليوم هو يوم العالي للغة العربية؟

Manteman… pada tau nggak kalo hari ini, tiap tanggal 18 Desember, PBB menetapkan sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia?

Jujur ya, gue juga baru tau. Padahal sudah sejak 1973 ditetapkannya. Heuw!

Nah, sebagai bukti kecintaan terhadap bahasa Arab, mau sedikit posting pake bahasa Arab, ya, khusus hari ini? Tapi ini juga cuma nyalin sih pelajaran di kelas tadi tentang pelengkap hadits nomor 12 di Hadits Arba’in.
ها هو ذا!

في صحيح ابن حبان عن ابي ذر، قال النبي:
“كان في صحف ابراهيم عليه السلام: علي العاقل ما لم يكن مغلوباعلي عقله ان يكون له ساعات:
۱. ساعةيناجي فيها ربه
۲. وساعة يحاسب فيها نفسه
۳. وساعة يتفكر فيها صنع الله
۴وساعة يخلو فيها لحاجته

وعلي عاقل ان لا يكون ظاعنا الا لثلاث:
۱. تزود المعاد
۲. او حرفة المعاش
۳. او لذة في غير محرم (…الخ)

Iya, gue tau banget kalo lo jadi bengong-bengong sendiri liat tulisan Arab gundul di atas, kecuali yang nggak bengong-bengong. Gue juga, kok, kalo nggak nyontek buku nggak bakal bisa baca. Wakakak! :p

Intinya nih ya, di kitab Nabi Ibrahim tertulis begini:

Orang berakal yang nggak terkuasai/tertawan oleh nafsunya, dia menjadikan hidupnya jadi beberapa waktu:
1. Waktu untuk bermunajat kepada Tuhan-nya
2. Waktu untuk bermuhasabah/menghitung dirinya
3. Waktu untuk bertafakur atas ciptaan Tuhan-nya
4. Waktu untuk memenuhi hajat sehari-harinya

Pula, seorang yang berakal nggak bekerja keras kecuali untuk 3 hal:
1. Memperbanyak bekal untuk hari kemudian
2. Meningkatkan potensi diri supaya bisa hidup lebih baik (ex: ilmu)
3. Meraih kenikmatan yang nggak diharamkan (ex: kekayaan)

See… Islam itu agama yang seimbang, yak? RAIH dunia, KEJAR akhirat. Oke!🙂

انا افكر هذا يكفي…
في الا خر: حي حي نحن ندرس لغة العربية! لانها لغة القران و لغة الاهل الجنة!🙂

7 comments

  1. Mario · Desember 18, 2014

    Wah saya juga baru tau nih😀
    Btw, pernah waktu di kampus saya iseng niruin tulisan bahasa Arab punya temen, etapi susah amat. X))

    • Enje · Desember 18, 2014

      *toss🙂

      sejujurnya saya juga msh kurang bagus tulisan arab-nya. tapi gak jele2 amat jg. STD lah, hehe

  2. Eka Novita · Desember 18, 2014

    Baru tau nih saya mbak, aku dulu dapat C waktu pelajaran bahasa Arab, huhuhuuuu. Sampe sekarang ga bisa-bisa😦

    • Enje · Desember 18, 2014

      sami baru tau jugaaa😀 ah, baru C. belom D apalagi E *eh, sesat

      • Eka Novita · Desember 18, 2014

        Ya ampun mbak, dapat nilai C itu aja rasanya udh mental breakdown, apalagi E… nanges kejer lah dirikuuu…

      • Enje · Desember 18, 2014

        pukpuk, tampang kamu enjel banget kayaknya. #mahasiswabaikbaik😀

      • Eka Novita · Desember 18, 2014

        Wakakakka tampang enjel itu pitnah mbakyu😄 *

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s