Ya Lathif

Pasti pernah ya dalam hidup kita, berdoa sama Allah dengan memelas-melas sambil rutinin ibadah wajib en sunnah sebagai penukar dengan pengabulan hajat yang kita pengenin banget itu. Eh… nahasnya nggak kunjung dikabulin! Pernah ya?

Terus, apa yang lo lakukan atas ketetapan-Nya yang menurut lo nggak adil tersebut? Jawaban anak soleh pasti: yah, mungkin ini yang terbaik dari-Nya. Insya Allah akan dikabulin di waktu yang pas mantab.

Berbanding terbalik sama anak yang nggak soleh, kurang soleh, en yang galau (kadang soleh kadang nggak): Tuhan, kenapa doa hamba tak kunjung Kau kabulkan? Apa salahku, apa salah ibuku, hatiku dirundung pilu! *doa apa nyanyi*

Gue jujur kadang masuk dalam kategori galau yang kadang soleh kadang nggak. Kalo lagi soleh ya bisa nerima, tapi kalo lagi nggak soleh ya mencak-mencak sendiri jadinya. Hah!

Tapi alhamdulillah kadang sih dikasih petunjuk gitu setelahnya. Ini loh alasan-Ku kenapa nggak/belom terkabul doa-doamu. Aku Maha Tau, kamu nggak!

Kayak belom lama dalam waktu yang bersamaan, orang-orang terdekat dirundung satu masalah, yang kalo pas lagi waras gue suka kepikiran, lah ini kok kayak nyambung sama apa yang gue pinta, sih? Alhamdulillah, nggak kejadian sama gue!

Bukan gue bahagia dengan masalah yang menimpa orang lain, lho. Cuma sebagai manusia kan kita wajib memetik pelajaran dari kejadian di sekitar, ya? Biar jangan sampe jatoh di lobang yang sama, gituh.

Menurut gue, itu cara Allah paling keren dalam mentarbiyah hamba-Nya. Sebetulnya Dia perhatiaaan banget sama doa-doa kita, en kalo menurut-Nya saat pengabulan yang tepat nggak sekarang, Dia tunjukin kenapa-kenapanya pake cara yang ajib. Tapi syaratnya: dimaksimalin fungsi akal yang sudah dikasih, sama disediain hati yang lapang buat terima kebenaran. Maka betullah asma al-Lathif yang disematkan pada-Nya.

Oh, andai gue bukan anak kadang soleh, pasti lebih sering dikasih petunjuk kenapa-kenapanya dari Zat yang Maha Lembut. Yosh, mangattt!

*di atas kerasnya bangku tronton, en bisingnya sirine*

12 comments

  1. Haya Najma · Desember 19, 2014

    mau jadi anak solehah ah.. *impian masih di awang2

    • Enje · Desember 19, 2014

      Ikuuuttt😀

  2. titintitan · Desember 19, 2014

    lg nulis hal serupa.

    • Enje · Desember 19, 2014

      Ditungguuu🙂 *lagi kadang soleh nih. Heheee

      • titintitan · Desember 19, 2014

        aku shalehah aja ah, maunya sm shaleh #eh

      • Enje · Desember 19, 2014

        Cariin dooonk ;p

      • titintitan · Desember 19, 2014

        biisa nyari sendirii kaaan? ;p

      • Enje · Desember 19, 2014

        Yaaah –“

  3. Hikari Azzahirah · Desember 19, 2014

    aku juga sedang berusaha utk menjadi anak sholihah

    • Enje · Desember 19, 2014

      Istri solehah kali ncus :p

  4. Mario · Desember 20, 2014

    Kalau kata quote-quote keren tuh gini..
    Tuhan akan jawab doa dengan 3 cara:
    Iya.
    Tidak sekarang.
    Aku punya yang lebih baik.

    Gitu😀

    • Enje · Desember 20, 2014

      Setujuh deh sama Mario Tegar! :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s