Balada Gula Jawa

Berbagi itu kebangetan indah, yeesss??? Kadang gue masih suka bingung sama orang yang nggak suka berbagi aka pelit–bukan cuma perkara uang aja lho, kenapa oh kenapaaa? Belum pernahkah merasakan balasan yang berlimpah ruah dari aktivitas yang satu ini? Rugi deeeh!

Pun misal balasannya nggak langsung terasa, tapi selalu ada rasa gembira yang memenuhi dada setelahnya. Setuju yaaa? *kecuali berbagi suami maybe :p

Barusan banget gue dapati lagi pengalaman akan dahsyatnya berbagi yang membuat perut gue kenyang, lanjut nulis jadi males, update blog malah semangat. Huhahuhah, begini ceritanyah…

Dua hari lalu, jelang zuhur, rada nggak niat gue sambangin tukang sayur yang lagi mangkal depan rumah. Dari sisa-sisa bahan masakan di gerobak Mang Ucil si tukang sayur yang nggak kecil, alhamdulillah masih ada ikan bandeng yang gue putuskan untuk bikin pindang. Semua bumbu nyaris lengkap kecuali satu: gula merah. Emang dasar jodoh *sama pindang maksudnya*, nggak lama bude tetangga sebelah yang dari tadi juga beli sayuran nyodorin gula merah ada kali setengah kilo! “Dari Jawa, nih.Pake aja,” katanya.

Wih, senangnyaaah… butuh cuma seiprit malah dikasih bejibun! Kirfikir, ini gula kalo nggak diolah pasti bakal jadi pajangan yang teronggok begitu aja berbulan-bulan di kulkas. Dengan semangat menggebu pula menggelora, gue niatin jajal bikin kolek besoknya buat dibagi-bagi ke tetangga. Pikir gue, semua tetangga dari ujung ke ujung mesti juga ngerasain gula merah asli dari Jawa ini. Bismillah.

Tapi seperti yang udah-udah, segala sesuatu kalo direncanain seringnya malah gatot alias gagal total. Kemarin, ubi sama santen udah beli, tapi sayang pas ke tukang buah di depan gang, pisang kepoknya belom mateng. “Tapi besok dijamin mateng, Neng!” si abang ngasih jaminan. Oke deh, kayaknya emang belom memungkinkan buat diolah itu gula merah.

Akhirnya… tadi siang, tanpa halangan suatu apa. Alhamdulillah kesampean juga ngolek. Oh, ternyata gini doank toh bikin kolek? Nggak ada yang lebih susah apah?! Hehe. Mengingat pesan Rasulullah buat banyakin kuah kalo masak, gue pake panci paling gede di rumah en banyakin santen encernya. Komprang banget banget, sih, tapi kata emak gue rasanya oke punya. *Yes, nggak malu-maluin!

Nah… inti ceritanya adalah: Sore ba’da Ashar tadi, satu per satu gue bawain ke tetangga itu kolek sarang semangkok. Padahal gue niatnya cuma mau kayak lagu “Kasih Ibu”: hanya memberi tak harap kembali, ndilalaaah beberapa tetangga malah mulangin mangkok disertai isi segala!

Duh, jadi enak. Padahal gue kan cuma jadi perantara, ya? Lah, kenapa jadi dapet yang lain-lain lagiii? Tuhan, haruskah makanan-makanan itu hamba kasih lagi ke bude yang ngasih gula merah, sebagai sumber kebaikan ini? Etapi sebagian sudah habis, deng, akibat nafsu makan yang berlebih! *bilang aja maruk :p

One comment

  1. titintitan · Februari 4, 2015

    eaaa,

    berbagi itu gaya, berbagi itu gampang, berbagi itu gueh bangeeet😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s