Nasi Bakar

Hayooo, siapa pernah nyicip nasi bakar–nasi gurih dibungkus daun pisang yang menggoyang lidah?

Ternyata, gampang banget lho buat nasi bakar ini. Yang mau coba, nih gue share resepnya. Fyi, awalnya gue dapat resepnya dari hasil googling, tapi gue pikir kurang variatif gitu. Makanya gue tambah-tambah sendiri beberapa bahan serta bumbunya. Cekicot!

Bumbu:
– Bawang merah 5 siung
– Bawang putih 1 siung
– Gula pasir 1 sdt
– Garam halus 1sdt (sesuai selera sih sebetulnya)
– Daun salam & daun pandan 3lbr
Bahan:
– Beras pulen 1/4 ltr
– Daun pisang buat 4bungkus
– Daun kemangi 3 ikat
-Teri medan (gue beli sebungkus 5rb, terus dipakai cuma 1/2nya)
– Tempe sedikit dipotong kecil-kecil (beli yang 2rb, pakai 1/2 aja)
– Biar lebih enak lagi, pakai jamur merang & ayam disuwir-suwir
– Air 800 cc atau air kaldu rebusan ayam (kalau nggak pake ayam en kalau mau, bisa ditambah kaldu bungkusan aka ro*co)
– Minyak goreng secukupnya

Tambahan
1. Sambal terasi goreng (tambahin kemiri biar makin mantab)
2. Kerupuk

Cara masak:
1. Iris tipis potong manis nggak usah dishikat miring bawang merah en bawang putihnya
2. Panasin minyak, masukin bawang. Setelah 3/4 matang, masukin teri, tempe, daun kemangi, daun salam & pandan
3. Masukkin juga garam en gula. Lanjut masukin air
4. Setelah air mendidih, masukin beras yang sudah dicuci. Dengan api sedang, biarkan selama kurleb 25 menit. Sambil diaduk-aduk juga, supaya yang paling bawah nggak berkerak
5. Kalo sudah kering airnya, cobain berasnya. Sudah mateng atau ternyata masih setengah matang. Kalau sudah mateng, diamkan 20menit. Selanjutnya dibungkus-bungkusin pakai daun pisang.
Nah, kalau ternyata belom begitu matang aka masih aron, setelah dibungkus daun pisang, dikukus dulu sebentar sampai matang.
6. Terakhir, bakar nasi yang sudah dibungkus daun pisang di atas teflon anti lengket. Berhubung nggak punya alatnya, gue relain pakai rangseng (wadah buat ngukus nasi, bulet, bolong-bolong, yang ditaro di tengah-tengah panci) buat bakar di atas kompor.
7. Kalau sudah terbakarsempurna daun pisangnya, angkat. Sajikan hangat-hangat dengan sambal en kerupuk.

Gimana, tertarik mau coba? Alhamdulillah, kata emak gue sih enak banget! Ah, paling buat nyenengin hati anaknya aja, ya? Haha.

Ini penampakannya. Sudah dua kali nyoba buat, masih enak aja B-)

image

Ini yang pertama kali dibuat

image

Ini yang kedua kali

6 comments

  1. liadisini · Februari 26, 2015

    tumben amat posting resep ^^
    kalo diliat sih kayanya enak. anything with teri medan n jamur is enak deh.

    • Enje · Februari 26, 2015

      Demi ini mah…demi menuh2in blog B-)

      • liadisini · Februari 26, 2015

        eciee.. yang blogger… :p

      • Enje · Februari 26, 2015

        Eciyeee yg crafter😛

      • liadisini · Februari 26, 2015

        ahahaha jadi malu..

      • Enje · Februari 26, 2015

        😀 mbak, cek imel dunkz….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s