Misteri 2 Qul

Hooaaammm… Kemana-mana dengan bangga ngakunya blogger, di bio sosmed nyantumin status blogger, lah tapi ada kali 2 bulan nggak nengok rumah maya gue sendiri, dengan alasan lupa password. Hiks, paraparacubet! –a

Okey, buat menebus kesalahan dan nyemangatin diri lagi di Hari Blogger Nasional 2 hari lalu, gue mau kembali cuap-cuap mulai sekarang, minimal seminggu sekali. Yosh doakan aku yaaa, aku pasti bisaaahhh!

Kemarin gue dan teman-teman sekontrakan bertandang ke rumah ustadzah di sebelah rumah buat ngemis minta motivasi blablabla yang kian hari kian kendur aja rasanya, berjamaah pula. Nah, di bagian penutupan pertemuan itu beliau sedikit memaparkan tentang perbedaan 2 Qul.

Iya, 2 Qul. Nggak salah baca. Salah dua dari tiga surat pendek yang sejuta umat di seluruh dunia seriiing banget mengulang-ulangnya saat sholat. Guess What? Yomaaa, Qul a’udzu bi Rabbilfalaq sama Qul a’udzu bi Rabbinnaas aka al-Falaq & an-Naas.

Buat yang lagi ngerasa nggak bergairah menjalani hidup, pengen banget dikasih siraman rohalus rohani dari Oom Mario Te*uh, perlu banget kita belajar dari 2 surat di atas. Yuuuk!

Coba perhatiin deh terjemahan surat al-Falaq. Di surat itu berapa kali hayooo kita disuruh minta perlindungan pula berapa macam perlindungan yang kita disuruh berlindung PadaNya. Sudah dicek?

Kalau sudah, sekarang bandingin sama surat an-Naas. Di surat itu berapa kali kita disuruh minta perlindungan pula berapa macam perlindungan yang kita disuruh berlindung PadaNya. Ayo, ayooo, ayooo dicek!

Buat yang belom sempat ngecek saking seriusnya baca tulisan ini *yakali ada yang begitu*, gue kasih tau deh yak?!😀

Jadiii, jawabannya adalah… di surat al-Falaq, Allah perintahkan kita SATU kali berlindung (Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai Subuh) dari EMPAT macam hal yang amat perlu kita berlindung dari padanya (1. dari kejahatan mahluk yang Allah ciptakan, 2. dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, 3. dari kejahatan para perempuan penyihir, 4. dari kejahatan orang yang dengki)

Sebaliknya, di surat an-Naas, Allah perintahkan kita TIGA kali berlindung (Aku berlindung kepada: 1. Tuhan manusia 2. Raja manusia 3. Sembahan manusia) dari… cuma SATU hal yang perlu kita berlindung padanya (dari kejahatan bisikan setan yang tersembunyi).

Got the point, Buddy? Berhubung gue jomblo baik hati, gue kasih tau lagi nih…

Untuk segala kendala yang bersumber dari dalam diri, banyak-banyak-banyak-banyak deh minta bantuan sama Allah. Sekaligus juga introspeksi diri. Niat, tekad, rasa malas, sombong, dlldlldll.

Buat siapapun yang selalu bilang ‘kalo tempatnya kayak gini pasti lebih enak’ ‘kalo suasananya begini gue pasti bisa’ ‘kalo nikah sama dia gue pasti bakal bahagia’ dllsb yang serupa, kamu salah besaaarrr! APAPUN, yang perlu diperbaikin adanya di sini (nunjuk dada), bukan si dia di sana atau kondisi kayak begini.

Kalau lagi malas mewujudkan apa yang kita cita-citakan, bukan karena siapa-siapa atau apa-apanya yang salah, tapi coba liat diri kita, dalam hati kita. Mungkin niat juga tekad yang belom kuat? Kalau lagi ngerasa kita orang paling malang sedunia, mungkin syukurnya melebihi kufur? Kalau lagi cinta mati sama seseorang, mungkin ilmu Move on-nya masih kurang jago, haha. Dan seterusnya…

Oke ya Yooot… Segitu dulu ya sharing tentang 2 Qul-nya. Moga manfaat!🙂

4 comments

  1. Sekar · Oktober 30, 2015

    aih beneeeer! jarang nengok blog, sekalinya nengok, postingannya jleb banget! T,T kecelah mbak enje ini

    • Enje · Oktober 30, 2015

      Aq jg beribu-ribu baca surat ini tapi baru ngeh stlh ‘ditampar’ sm ustadzah😉

      • Sekar · Oktober 30, 2015

        adakalanya kita perlu diingatkan pada saat jatuh, daripada dinasihati disaat baik-baik saja

      • Enje · Oktober 30, 2015

        Ya betul. Nasihat penting bgt.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s