Veer

Cerita cinta dalam balutan bela negara emang nggak ada matinya, ya?! Bukan melulu ngedepankan sisi romantikanya, lebih dari itu sisi kepahlawanannya. Itu yang gue dapat dari film India jadul berdurasi 2jam-an: VEER!

Tentang seorang pahlawan India (Namanya Veer, artinya pemberani, diperankan oleh Salman Khan) dari suku Pandari yang oleh ayahnya sudah disiapkan sejak kecil untuk membunuh pengkhianat nomor wahid India kala itu (Gyanandra Singh) yang bersekutu dengan penjajah membunuhi warga India, terutama para Pandaris yang dilabeli suku paling barbar.

Konflik mulai muncul saat Veer sukses membajak kereta yang ditumpangi penjajah Inggris dan di dalamnya dia bertemu seorang gadis cantik cinta pertamanya. Ndilalah, saat Veer diberi titah oleh sang ayah untuk menuntut ilmu di Inggris demi mempelajari kelicikan kaum penjajah, dia malah kembali bertemu dengan perempuan tersebut (Yashodara), yang semakin mereka berdua saling mencintai, jadi taulah Veer kalau gadis pujaannya ternyata anak dari pengkhianat yang akan dibunuhnya. 

Antara wanita atau negara. Veer bersumpah akan menikahi anak si pengkhianat sekaligus membunuh si pengkhianat negara. Nah lho, kok bisa? Itulah kerennya. Kalau bisa dapat dua, kenapa harus pilih salah 1?😀

Berbekal wawasan yang didapat selama belajar di Inggris, ditambah kemampuan fisik yang mumpuni, Veer pada akhirnya mampu membuat taktik untuk lebih dekat & menjadi orang kepercayaan si pengkhianat. Saat persatuan antara suku Pandari dan Madhavgarh hampir mencapai titik temu, pengkhianat tetaplah pengkhianat. Lagi-lagi dia malah bersekutu dengan penjajah untuk menghabisi Veer, Ayahnya, dan suku Pindari. Fyuh!

Tapi itu dia yang sudah diancang-ancang Veer. Saat si pengkhianat berulah lagi, suku Madhavgarh mulai membelot dari rajanya dan berbalik memerangi pasukan Inggris yang ada di istana. Daaan, dari situlah muncul rasa nasionalisme dalam diri mereka, yang selama ini justru saling memerangi antar suku.

Dalam perjalanan melaksanakan visi besarnya, seperti kebanyakan kisah pahlawan, Veer mengalami rupa-rupa kesulitan. Dari mulai cintanya dipersulit oleh kakak Yasho yang juga menuruni darah pengkhianat ayahnya, sampai harus berduel dengan ayahnya sendiri yang nggak mau menarik sumpahnya dulu untuk meraih kemenangan dengan memenggal kepala si pengkhianat bukan dengan jalur damai yang diajukan Veer.

Ah, ini film kebangetan deh kerennya. Dari skenario yang katanya ditulis sendiri sama Salman Khan, banyak pelajaran yang bisa dipetik darinya. Tentang keberanian, menepati janji/sumpah, berbakti pada orang tua, cinta tanah air dan menyiapkan generasi/keturunan yang berdaya.

5 bintang!

P.S: kali kedua nonton film yang diperanin Salman Khan (yang sebelumnya tentang konflik India-Pakistan), makin malu karena dulu pernah underestimate-in film India yang cuma bisa nyanyi, joget, temanya nggak jauh-jauh dari cinta-cintaan. Setelah Amir Khan, Salman Khan jadi aktor India kedua yang gue gandrungi. Ayeeee! :p

6 comments

  1. Sekar · Februari 24

    ternyata aku punyanya yg judulnya Ek Tha Tiger. Yg main juga salman khan. Itu udah pernah nonton mbak? aku belum nonton, soalnya di menit-menit awal kok ngantuk ya.

    • Enje · Februari 24

      Belom kayaknya… Hehe. Yg ttg birul walidain jg bagus. Main sama amitab bachan, lupa judulnya😀

  2. Sekar · Februari 24

    eh, aku udah googling mbak. Ceritanya yang mirip-mirip veer juga, bajrangi juga. Konflik negara gitu. Direktur film itu sempat menolak usulan shah rukh khan yg jadi tokoh utamanya. Pokoknya yg pantas menurut dia adalah salman khan. ckck.. emejing

    • Enje · Februari 24

      Film Yg mana nih? Yg sekar punya? Emang keren sih doi. Kayak multitalented yaaa😀

      • Sekar · Februari 24

        yang Ek Tha Tiger, mbak. Keluaran 2012. Konfliknya pakistan-india juga. Itu emang dua negara beneran punya konflik ya? kayaknya nggak seheboh palestina-israel. Kok ya sering banget topik pertikaian dua negara itu dijadiin film

      • Enje · Februari 24

        Iya kar. Itu selain konflik perbatasan, jg konflik agama Yg sering diangkat. Hindu vs Islam. Di film Amir Khan Yg PK jg disinggung ttg konflik Itu.

        Yg aq tangkep, artis2 boli Yg muslim kayak mencoba ambil peran perdamaian mll film deh. Two thumbs up😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s