Al-Muthoffifin

Guys, menurut lo definisi curang, tuh, apa sih? Pedagang yang mengurangi takaran, para penipu dalam berniaga, orang yang selalunya minta dicukupi haknya tapi nggak begitu yang dilakukan terhadap orang lain?

Yap, salah tiganya begitu. Tapi menurut gue turunannya lebiiih banyak lagi, yang makin dipikirin gue jamin makin nggak bisa tidur saking banyaknya. Dan jangan-jangan, kita suka nggak ngeh berbuat curang. Ah, tidaaak!

Apalagi kita hidup mesti bersosial. Kayaknya impossibel deh kita bisa hidup tanpa orang lain, yang otomatis ada hak dan kewajiban kita terhadap mereka yang mesti dipenuhi begitupun sebaliknya.

Misal contoh gampangnya, dalam tempat kita tinggal dibuat satu peraturan begini dan begitu berlaku untuk orang-orang yang tinggal di dalamnya. Eeeh kita nggak ngelaksanain sekali aja, atau ngelaksanain tapi sekadarnya doank hingga merugikan orang lain. Bukannya itu namanya curang?

Atau juga, kita baik di depan teman, tapi di belakangnya ngomongin ini dan itu tentang dia dengan alasan nggak enak negur langsung di depannya. Bukannya ini juga curang?

Atau yang lain lagi, kita baik banget sama orang lain hingga dia merasa ketergantungan dengan kebaikan yang sudah kita kasih selama ini. Di satu titik kita tinggalin dia jauuuh di belakang. Bukannya ini curang juga?

Serem ya kalau ngomongin sifat curang. Kayaknya nggak mungkin deh kita nggak berlaku curang walau sekali dalam hidup. Padahal sudah dibilang oleh-Nya: waylul lilmuthoffifiin. Merugi orang yang berlaku curang! T.T

3 comments

  1. Liberto Amin · Februari 10

    Curang itu saat sahabat nikung si doi :’)

    • Enje · Februari 24

      Hahaaa, sabar🙂

      • Liberto Amin · Februari 24

        :’D udah terbiasa jadinya ahahah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s