2 Kesalahan Dalam Membaca

In my opinion, baca buku seenggaknya ada dua adab yang perlu sekali dua kali berkali-kali diperhatikan. Biar, semangat bacanya terjaga.

I.
Masih nyambung sama postingan sebelumnya, di samping gue lagi menikmati banget bacaan yang mengkayakan hati dan imaji, kok gue juga ngerasain ya… betapa nggak nyamannya saat-saat nggak bisa mengamalkan apa yang dibaca. Uh!

Kaburo maqtan ‘indaLlahi an taqrauu wa laa ta’maluu. Kalau habis baca terus nggak segera amalin tiap nasihat dari si penulis, rasanya dosa besar banget. Amat besar kemurkaan Allah! *ini lebay emang.

Biar lebay tapi kan benar ya? Ilmu (termasuk yang bersumber dari buku) belum disebut ilmu kalau belum diamalkan. Huwoh, berat berat beraaat!

II.
Dalam baca buku juga mesti adil. In case lo punya daftar bacaan berderet-deret, jangan sekali-kali baca buku dengan urutan penulis paling kece-kece-belom beken-nubie. Ini nggak adil!

Lo pasti jadi banding-bandingin buku tersebut. Kan, kasian yang belum beken dan nubie. Ini yang gue rasain belakangan.

Sejak dikirimin beberapa buku sama penerbit untuk dibaca dan dipelajari, gue jadi menggila menggili! Kurang dari dua bulan, nyaris sepuluh buku gue baca. Ini, rekor terrajin gue dalam baca buku. Ayey!

Sayangnya, mendekati finish gue malah salah langkah. Gegaranya tergoda banget baca buku penulis beken yang sudah terbukti kualitas pula kuantitas karyanya,  buku-buku berikutnya jadi kebagian sial.

Habis-habisan gue keluhkan kok begini kok begitu dua buku terakhir😐

Paling buruknya, semangat baca gue kembali ke kecepatan semula alias M.E.L.A.M.B.A.T! Wkwkkkk :v

3 comments

  1. Sekar · Mei 25

    dalam rangka apa mbak dikirimin buku sama penerbit? mau juga dong! tapi anw, makin banyak bacaan kita, biasanya kita makin bisa mengkritik satu buku, tanpa bermaksud membandingkan sih. Cuma kayak udah otomatis aja gitu mulut pengen komen ^^”

    coba challenge di goodreads mbak. yang pertahun target baca berapa buku. sapa tauk bisa bantu mempercepat kebiasaan baca

    • Enje · Mei 25

      Nyahahaaa… Baca banyak buku kmrn dlm rangka diajak kerjasama nulis satu buku. Eh tp ga jd nulisnya. Yaudin rejeki jomblo solehah dpt buku. Wkwkkkk. :p

    • Enje · Mei 25

      Iya bener bgt. Gatel ga komen. Hehe…

Tinggalkan Balasan

