Cinta Binta…

Allah kadang suka ngajak bercanda, iya nggak sih? Duluuu banget ada kali 1.5 tahun yang lalu, pasca selesaiin naskah buku pertama gue kalau nggak salah. Alhamdulillah semangat buat nulis masih sisa remah-remahnya.

Bosan berkutat dengan tulisan non-fiksi, gue iseng-iseng nulis empat cerpen (iseng aja sampai empat?! :p) lanjut dikirim ke beberapa majalah dengan aneka genre. Mulai genre yang nyastra abisss (Horison),  yang anak remaja cowok banget (Hai), yang remaja cewek banget (Kawanku), sampai yang ibu-ibu muda banget (Ummi).

Sebulan dua bulan tiga bulan gue tunggu-tunggu, satupun nggak ada yang kasih kabar perihal nasib cerpen gue. Putus asa, sempat gue tanamkan dalam diri: sudahlah, Enje, bakat lo emang bukan nulis cerpen!

Sampai Agustus kemarin… nggak ada hujan nggak ada angin, dihubungin sekretaris redaksi majalah Ummi, kalau cerpen yang gue kirim ke mereka bakal dimuat September ini. Weeew, beneran gue sudah lupa banget bahkan pernah nulis cerpen dengan judul apa kirim tanggal berapa. Pun sudah dikasih tau judulnya, masih nggak kebayang itu ceritanya tentang apa. Makanya perlu ngubek-ngubek gmail dulu buat kembaliin memori pernah nulis cerpen dengan judul Cinta Binta (CB). Wkwkkk.

Jangan ge-er. Kali ini gue nggak bakal pejeng cerpennya. Biar kalian penasaran, majalah Ummi edisi bulan ini yang covernya Om ganteng Adrian Maulana pun laku keras, besok-besok gue diminta nulis cerpen lagi sama redaksi Ummi. Hehe, mimpi kali yeee???

Gue cuma mau kasih tau, betapa cara paling mudah menulis ya emang dengan banyak baca. Apalagi kalau mau menulis kisah fiksi, ya kudu mau dengan senang hati baca cerita-cerita karya penulis andal.

Gue jujur waktu nulis itu baru aja selesai baca novel-nya Mbak Ifa Avianti yang judul-nya “Home”. Dari situ gue dapet banget gaya nulis yang bikin gue enjoy untuk cerpen CB. Girly-girly gimana gitu. Sayang aja sudah sedikit diedit sama orang redaksi. Hihi.

Kalau untuk ide cerita gue dapat inspirasi dari bukunya Mas Tasaro GK. Di buku yang kalau nggak salah judulnya “Galaksi Kinanthi” itu ada quote bagus yang terngiang-ngiang terus: Suatu hari mencintai adalah memutar hari tanpa orang yang kau cintai. Sebab dengan atau tanpa seseorang yang kau kasihi, hidup harus tetap dijalani.

Ahelah, sedap banget kan qoute-nyaaa?😀

Jadilah gue kepikiran tentang tema tetap bersyukur walau mesti hidup tanpa kehadiran seseorang yang kita cintai (dalam cerpen ini konteksnya ada dua: anak dan suami).

Penuturannya gue buat dari tiap tokohnya. Ada kalanya gue jadi si Binta, suaminya, anaknya, sekretarisnya. Model menclok-menclok ini seriusan ala-ala mba Iva banget. Wkwkkk, nggak papa ya pakai rumus ATM. Amati Tiru Modifikasi. Yang penting bukan plagiat. Hehe.

Dan yang nggak kalah penting juga adalah penamaan tokoh-tokohnya. Nama Binta gue pinjam dari nama teman ngaji. Dari pertama kali kenalan gue sudah sukaaa banget dengan namanya yang unik dan janji bakal gue jadiin nama tokoh kalau gue buat cerpen kelak.

Kenapa nama teman gue itu Binta, bukan Bintang? Dari pertanyaan itu muncullah ide nama-nama tokoh lain yang gue ambil dari nama benda-benda langit. Ini juga sama, dapat inspirasi dari judul tiap bab di buku “Galaksi Kinanthi” punya Mas Tasaro GK, yang dia kasih judul dengan nama-nama rasi bintang.

Btw siapa aja nama-nama tokoh di cerpen Cinta Binta? Cari jawabannya di majalah Ummi edisi September 2016. Tema bulan ini keceh beut lho… Haji dan Umroh di Usia Muda. Wow!😀

image

Ilustrasinya keren!

5 comments

  1. titintitan · September 6

    eh, quote itu kan ada di galaksi kinanthi jugaaak

    • Enje · September 6

      Eh iya deng yaaa. Aq inget itu quotenya pas kinanthi lagi apa… Oke digantiii😀

  2. Icha SF · September 8

    kereeeen mbak ennje! Selamat ya!

    • Enje · September 8

      Biasa aja, Jeung…
      🙂 iya thx…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s