Steik Daging Cincang

Salah satu yang mesti disyukuri dengan adanya momen idul adha yakni… gue jadi betah di dapur! Ini bukan pencitraan, soalnya ke dapur yang betul-betul ngolah bumbu ya cuma setahun sekali. Di hari biasa… lagi-lagi tumis, tumis lagi tumis lagi. *Arafah SUCA mode ON.

Idul adha tahun ini gue coba bereksprimen ngolah daging sapi dari resep Dapur Ummi di majalah Ummi yang ada cerpen gue-nya. Wkwkkk, maksudnya edisi September 2016. Judulnya: Steik Daging Cincang Karamel Barbeku.

Pada kenyataannya banyak bumbu yang disesuaikan. Mungkin judul tepatnya: Steik Daging Iris Tipis Saus Pedas Manis Gula Jawa. Hehe, nggak kenapa namanya ndeso, yang penting kata kakak gue: ENAKKK!

Kali aja ada yang mau coba di rumahnya. Ini gue cantumin resepnya yaaa…

Steik
-250 gr daging sapi (gue potong kecil2, rebus sebentar)
-1 lembar roti tawar (nggak punya, gue pakainya roti yang untuk bikin hot dog)
-30 ml susu cair
-50 gr bawang bombay, cincang
-1 butir telur ayam
-1 sdt kaldu bubuk (nggak usah)
-1/2 sdt garam
-1/2 sdt lada (gue pakai yang bubuk 1 sachet)
-1/4 sdt pala bubuk (gue pakai pala bulat, tumbuk 1/8nya)
-3 sdm margarin

Saus:
-3 sdm margarin
-2 sdm gula palem (gue pakai gula Jawa 1/2 lingkaran, iris)
-50 gr bawang bombay, cincang
-6 sdm saus barbeku (nggak nemu, gue pakai saus pedas manis)
-2 sdm kecap manis (gue cuma 1 sdm)
-250 ml air (gue pakai air kaldu dari rebusan daging)
-2 sdm tepung maizena (gue cuma 1 sdm)
-1/2 sdt lada bubuk
-1/2 sdt lada hitam (nggak nemu, gue nggak pakai)

Pelengkap:
-Rebusan wortel, buncis, brokoli (gue nggak pakai brokoli)
-Kentang panggang (gue cuma digoreng pakai mentega)

Cara membuat:
1. Campur rata semua bahan steik. Bagi adonan menjadi 3 bagian, bentuk bulat pipih setebal 1 cm (ini mah suka2, kalau gue sih dibagi 6 bagian biar jadinya banyak :p)
2. Panaskan margarin di atas teflon, panggang daging satu persatu, tutup. Masak hingga kedua sisi daging matang dengan rata. Angkat. Sisihkan.
3. Saus: panaskan margarin dan gula palem (gula Jawa) hingga larut. Tambahkan bawang bombay, tumis hingga harum. Masukkan saus barbeku (saus pedas manis), tambahkan air (air kaldu), kecap manis, garam, lada. Masak hingga mendidih. Sebelum diangkat, kentalkan dengan larutan maizena.
4. Sajikan steik dengan saus dan pelengkap.

Sudah begitu aja. Gampang banget, kan? Ayooo coba dibuat!🙂

image

Nggak kalah kok sama steik di WS😀

14 comments

  1. titantitin · September 14

    pengen bikiiin

    • Enje · September 14

      Ayo buat mbaaak. Gampang bgt🙂

      • titantitin · September 14

        nunggu di dapuur. di reskuker kayanya bakal syusyah.😀

        gak mateng2 kayanya.

        eiya tin lgsung gugling ‘steik atau steak’😀

      • Enje · September 14

        Wahiya susah heehe

        Di majalahnya tulisannya steik. Aq ikutin😀

      • titantitin · September 14

        😀

  2. liadisini · September 14

    di resep asli dagingnya juga direbus dulu?

    • Enje · September 14

      Gaaak. Gue takut ga bisa digigit wkwkkk

      • liadisini · September 14

        hahaha.
        bisa digigit kali, kan dagingnya dicincang. ayo, bikin lagi! wkwkwk

      • Enje · September 14

        Sudah buat dua kali eyke. Direbus dua2nya. Cari aman aja dah biar gigi ga bermasalah :p

      • liadisini · September 14

        oke deh. direbus dulu jadi dapet kaldu juga ye. bisa buat sayur😀

      • Enje · September 14

        Kaldunya buat saus steik-nya, mbaaa. Jd lbh gurih sausnya. Yummy deh hehee

      • liadisini · September 14

        hoo ya ya ya.

  3. Jauharry · September 22

    Obsesi saya ya Tester makanan jadi tunggu matangnya saja :-p

  4. harrieeeruslianto · 29 Days Ago

    Oh, jadi saus barbeku itu saus pedas manis? hehe :v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s