Ngilmu Sama Mbakyu

Har-hari terasa hampa ya kalau gak bisa update blog dari hape? Alhamdulillah, per hari ini aplikasi wordpress gue sudah aktif lagi. Yeay!

Beneran rejeki anak solehah ini namanya. Soalnya dari kapan tau login, selaluuu gagal. Nah, setelah berpusing-pusing ria dengan naskah orang lain, kayak emang disuruh bersenang-senang dengan tulisan sendiri deh, walau seringan randomnya. Makasih, ya Allaaah. πŸ™‚

Beberapa hari yang lalu, kesampaian juga gue ngobrol syantik sama seorang Mbakyu yang di lingkungan kami terkenal dengan ilmu Qur’an-nya yang okeh banget. Sudah lama gue pengin ngobrol sama beliau sebetulnya. Sayang aja banyak qiila wa qoola tentang pribadi beliau yang super tegas kalau nggak boleh dibilang galak.

Dan, itulah tantangannya. Makin dibilang begini dan begitu, gue makin ngeyel. Gimana caranya gue jabanin deh supaya bisa ngobrol dan ‘nyuri’ ilmu dari beliau. 
Awal mulanya gue ngenalin diri pas papasan di lift sebuah perkantoran di bilangan Gatsu beberapa bulan lalu. Nggak nyangka, sampai searang ternyata beliau masih inget nama gue. Buktinya, pas ada kesempatan ngobrol kemarin dia selalu mengakhiri wejangannya dengan kata “…, Nje.” Yesss!

Obrolan berdurasi satu jam itu rasanya berbobot banget. Bukan cuma ngobrol, tapi gue minta doi buat praktekin baca Qur’an. Fyi, beliau ini haus banget sama ilmu. Sudah melanglang buana cari guru bertahun-tahun, terakhir beliau habiskan waktu satu bulan selama Ramadhan kemarin buat ngilmu di Madinah. 

Gimana suka dukanya ngilmu ke sana kemari, doi beberin buat gue. Alhamdulillah, jadi makin semangat belajar dan lanjut kuliah, Ceuw! πŸ˜€

Dari sekian obrolan kami, satu yang paling berkesan waktu gue tanya: sebetulnya yang bener bacaan Qur’an yang mana, Zah?

Katanya, “Ya gak bisa gitu, Nje. Dia gurunya pake mazhab Suriah, guru kamu pake mazhab Sudan, guru saya pake mazhab Madinah. Ya gak nyambung kalau mau dicari yang paling benar. Walaupun saya lebih memilih yang paling dekat dengan tempat Qur’an turun. Sudah, kamu belajar aja yang bener sama guru kamu ya, Nje.”

Emang beda deh kalau orang berilmu. Lebih bijak, gak main menghakimi dan merasa paling benar. Istimewa!

8 comments

  1. elam · Januari 25, 2017

    Selain gak asal menghakimi, juga gak asal share… πŸ˜€

    • Enje · Januari 25, 2017

      Setujaaaah! Mantab soul

  2. rivenskyatwinda · Januari 25, 2017

    aku tauuuuu. pernah berguru sama beliau. semoga Allah menjaga beliau. kak Nje, wa aku dong, nomer kakak hilang mau nanya LTQ hehe

    • Enje · Januari 25, 2017

      Aamiin…iya sdh ya…

  3. Sekar · Januari 27, 2017

    siapa eh siapa? aku mau juga dong kenal

    • Enje · Januari 27, 2017

      Sini lah main ke mampang hehe

      • Sekar · Januari 27, 2017

        lah deket amat sama kosanku mbak

  4. satriadika22 · Maret 10, 2017

    Menarik artikelnya 😁
    Curhatan πŸ˜‚
    Kunbal doong kak πŸ˜†

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s