Hilang dan Pulang

Kadang gue mikir, kata ‘kehilangan’ nggak selamanya menjadi perkara buruk. Soalnya Allah kasih kita pelajaran tentang kehilangan, supaya kita pulang pada-Nya.

Saat kehilangan seseorang/sesuatu, sebagian kita ada yang makin rajin berdekat-dekat pada Tuhan-nya. Dengan pulang menuju-Nya kita jadi sadar, semua yang di dunia ini cuma titipan. Nggak ada yang kekal.

Masih tentang hilang dan pulang. Waktu awal-awal kehilangan Mamak dua tahun lalu, gue sempat merasa nggak kuat berlama-lama tinggal di rumah beliau yang beberapa tahun belakangan hanya kami berdua yang menempati.

Tiap sudutnya punya cerita. Tiap pirantinya punya makna. Makanya, dua minggu setelah hari kehilangan gue putuskan untuk keluar dari sana dan hijrah mencari kost di selatan Jakarta. Seminggu sekali aja pulangnya.

Betul aja. Perlahan, rasa kehilangan itu tergantikan dengan aktivitas dan orang-orang baru. Juga, kepulangan yang cuma sekali seminggu membuat gue menikmati makna kata pulang. Pulang membuat gue senang.

Kalau dulu, pulang berarti disambut penuh suka cita oleh Mamak walau cuma dari atas kasur. Kini, pulang berarti mengenang kembali momen-momen hidup berdua Mamak. Nggak bikin sedih, melainkan ngangenin. Justru, seminggu nggak pulang malah suka bikin uring-uringan. 

Nah, ke depan kayaknya gue bakal kehilangan makna kata pulang karena satu dan lain hal, untuk kepentingan orang banyak. Walau masih ada rumah kakak-kakak yang ditawarkan untuk tempat pulang, tetap aja bukan itu makna kata pulang.

Baiklah. Kayaknya kehilangan kali ini mesti belajar untuk mengembakikan makna kata ‘pulang’ hanya pada-Nya. 

Dunia cuma persinggahan. Suka nggak suka kita mesti pulang ke kampung halaman yang sesungguhnya. Sukur-sukur dibangunin rumah kayak Asiyah istri Fir’aun di surga.
Rabbi ibni li ‘indaka baitan fi jannah. Aamiin. 

  

Iklan

2 comments

  1. titintitan · Februari 27

    Aamiin 😍

    Titin krna gak tgl di rumah jd gak kerasa kehilangan bgt, Hanya kalo pulang brasa kosong dan enggan, krna sedih dan bhkn suka Gakbisa tgl sendiri di kamar bapak..

    • Enje · Februari 27

      Perempuan yaaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s