Syukur

Kadang malu kalau nggak bersyukur

Punya Babak yang nggak begitu agamis, tapi bangga donk disekolahin di madrasah punya ulama sejuta ummat KH Zainuddin MZ. Saban pagi sebelum berangkat sekolah dulu disetelin radio Asy-Syafi’iyah dengan ceramah-ceramah agamanya.

Kadang malu kalau nggak bersyukur

Punya Babak yang ‘kiblatnya’ NU banget, tapi nggak pernah maksa ke mana ‘kiblat’ anaknya. Tugas beliau sebatas menanamkan kebaikan-kebaikan sejak kecil, pas baligh dan sudah bisa milah-milah  ya terserah gue. Bagi Babak, yang penting kebaikan-kebaikan itu nggak hilang bahkan merembet ke kebaikan lain, yang semoga bisa jadi amalan nggak putus-putus buat beliau sampai akhirat kelak.

Kadang malu kalau nggak bersyukur

Lahir dan besar di lingkungan keluarga Betawi yang gampang nerima nilai-nilai kebaikan dari mana pun itu. Kalau ada kebaikan dari ulama mana juga ya diambil. Ceramah Quraish Shihab, KH Zainuddin MZ, Gus Dur, Hidayat Nurwahid, Aa Gym sering gue tonton bareng Babak. Buya Hamka jadi salah satu tokoh panutan beliau juga.

Kadang malu kalau nggak bersyukur

Saat kami beda pendapat, Babak pasti nanya ke Ustadz/orang yang disegani, kemudian dikomunikasinlah praktek beragama anaknya yang masih bau kencur dalam beragama itu. 

Semoga bisa meneruskan ajaran Babak yang baik-baik. Nggak boleh maksa orang dalam beragama. Diajak bukan diinjak. Sama ulama mesti hormat.

***

Sedih juga sama kasus Ustadz KHB yang didemo oleh segelintir orang itu. Walau sampai sekarang gue juga masih belum sreg dengan beberapa orang Salafi. Tapi menurut gue dari beberapa kali ikut kajian beliau, KHB bukan yang saklek-saklek amat. Cenderung moderat malah. 

Mungkin yang kemarin demo mesti duduk ikut kajian beliau dulu. Jangan cuma dari Youtube atau dengar qila wa qola penghuni dunia maya, apalagi menilai beliau dari kelakuan jama’ahnya dan ke-salafi-annya. Biar bisa kenal beliau lebih dekat dan lebih akurat. Komunikasi langsung itu lebih adem. Ok! 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s