Hari Gini Masih Malu Bertanya? 

Gue masih inget, dari kecil sampai setengah perjalanan menjadi mahasiswi gue termasuk tipe yang malu kalau mau nanya, apalagi disuruh nanya. Langsung nunduk! Hehe. Perasaan takut salah, takut diketawain, takut dibilang b*go, selalu menghantui. 

Alhamdulillah seiring waktu gue jadi belajar: gak selamanya yang nanya itu yang salah, yang culun, yang paling b*go. Kalau emang ada satu hal yang kita butuh jawabannya ya nanya aja. Kenapa takut dibilang ini dan itu? 

Sampai saat ini gue pun memutuskan untuk keluar dari menjadi orang yang malu bertanya terhadap apa-apa yang nggak gue tau. Bahkan di beberapa sesi diskusi gue suka bertanya demi mendapat hadiah, eh, demi ngomporin yang lain supaya nggak jadi orang yang pemalu buat nanya. 

Nggak tau salahnya di mana. Di kalangan akhowat yang gue suka main dengan mereka itu masih ada penyakit malu bertanya ini. Kalo ada sesi tanya jawab malah mengheningkan cipta semua. Kan ini gawat. Malu bukan pada tempatnya!

Mungkin, ya… Mungkin… sistem di masyarakat kita ada yang salah. Malu itu emas. Yang blak-blakan itu lumpur. Wkwkkk. Hellooo plis deh!

Beberapa kali juga gue berurusan dengan mereka yang secara penampakan ngerti agama. Tapi ketika gue dengan gaya blak-blakan bertanya sesuatu yang menurut mereka itu nggak pantas ditanyain, risih, gue dicap ini itu lah. Padahal yang gue tanyain nggak melanggar syariat. Heuw payah kan!

Jadi ingat perkataan seorang kenalan, “Orang yang ngerti agama mestinya nggak menghalangi syariat cuma karena menurut dia kurang etikanya di kalangan masyarakat.” Ah setuju bangettt! 

Udah nggak zaman ya, Bapak/Ibu, mengecap orang yang suka bertanya dengan “kurang etika” dan whatever lah. Yang rajin bertanya emang kadang ngeselin, cuma kami nggak mau ada zhon-zhonan di antara kita. Ntar malah dosa! 😛

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s